5 Pelatih asal Jerman yang Pernah Menangani Klub Premier League

Thomas Tuchel terbaru! 

Jerman menjadi negara yang sudah tersohor dalam dunia sepak bola. Tak hanya melahirkan pemain-pemain berkualitas, Jerman juga memiliki banyak pelatih dengan penuh prestasi. Tak sedikit pelatih asal Jerman yang dipercaya menangani klub-klub elite hingga sukses meraih berbagai trofi.

Salah satu buktinya ketika dalam dua musim terakhir, juara Liga Champions adalah tim yang ditangani pelatih asal Jerman. Liverpool dilatih oleh Jurgen Klopp dan Bayern Munchen dilatih oleh Hansi Flick. Klopp juga tak hanya sukses di Liga Champions, pada musim lalu ia mengantarkan Liverpool juara Premier League.

Sebagai kompetisi bergengsi, Premier League tak lepas dari pelatih asal Jerman. Thomas Tuchel menjadi pelatih terbaru asal Jerman yang menangani klub Premier League, yakni Chelsea. Lantas siapa saja pelatih asal Jerman yang pernah menangani klub Premier League? Berikut ulasannya.

1. Felix Magath (Fulham)

5 Pelatih asal Jerman yang Pernah Menangani Klub Premier Leaguebleacherreport.com/Getty Images

Pelatih asal Jerman pertama yang menangani klub Premier League adalah Felix Magath. Ia menjadi pelatih asal Jerman pertama yang berkarier di kasta teratas Liga Inggris tersebut. Pelatih yang kini berusia 67 tahun tersebut dipercaya untuk menangani Fulham sejak Februari 2014. Ia sebenarnya diharapkan bisa menyelamatkan The Cottagers dari jurang degradasi.

Namun sayangnya, harapan itu gagal dipenuhi oleh Magath. Ia sebenarnya masih dipercaya pada musim selanjutnya, namun ia akhirnya dipecat Fulham pada September 2014. Hal itu tak lepas dari hasil buruk yang diderita Fulham di laga Championship. Selama membesut klub London itu, Magath mencatatkan 20 pertandingan dengan 12 di antaranya di Premier League. Ia hanya mampu meraih 4 kemenangan 4 hasil imbang dan 12 kali kekalahan.

2. Jurgen Klopp (Liverpool)

5 Pelatih asal Jerman yang Pernah Menangani Klub Premier Leaguepremierleague.com/John Powell/Getty Images

Setelah karier Magath tak berjalan mulus bersama klub Premier League, Liverpool menjadi klub selanjutnya yang mengguncang jasa pelatih asal Jerman. Jurgen Klopp dipercaya menangani The Reds sejak Oktober 2015. Ia menjadi pelatih asal Jerman tersukses yang menangani klub Premier League sejauh ini. Kariernya bersama Liverpool terus meningkat hingga meraih trofi Premier League pada musim lalu.

Selain itu, ia juga mengantarkan The Reds juara Liga Champions pada musim selanjutnya. Klopp butuh waktu empat musim untuk membawa Liverpool berjaya. Hingga saat ini, pelatih 53 tahun itu mencatatkan 201 laga di Premier League. Sementara secara keseluruhan, ia menangani The Reds dalam 293 laga dengan catatan 176 kemenangan, 65 hasil imbang dan 52 kekalahan.

3. Jan Siewert (Huddersfield)

5 Pelatih asal Jerman yang Pernah Menangani Klub Premier Leaguehtafc.com

Jan Stewart menjadi pelatih asal Jerman berikutnya yang merasakan persaingan di Premier League. Pada Januari 2019 lalu, ia ditunjuk untuk memperbaiki performa Huddersfield. Namun di sisa musim 2018/2019 itu, ia tak mampu membawa timnya keluar dari zona degradasi. Huddersfield pun kembali terdegradasi ke Divisi Championship pada musim berikutnya.

Stewart sempat dipercaya untuk menukangi Huddersfield di Championship. Namun baru empat pertandingan, dirinya harus didepak dari kursi pelatih karena rentetan hasil buruk yang diraih. Ia memang belum memiliki pengalaman yang cukup sebagai pelatih. Bersama Huddersfield, dirinya memainkan 15 pertandingan di Premier League. Secara total, ia memimpin klub Inggris itu dalam 19 pertandingan dengan catatan 1 menang, 3 imbang dan 15 kekalahan.

Baca Juga: 10 Pelatih Sepak Bola dengan Bayaran Termahal di Dunia, Siapa Teratas?

4. Daniel Farke (Norwich City)

5 Pelatih asal Jerman yang Pernah Menangani Klub Premier Leaguecanaries.co.uk

Pada musim 2019/2020, Premier League juga dihiasi pelatih asal Jerman selain Jurgen Klopp. Pelatih yang dimaksud yaitu Daniel Farke, ia dipercaya menukangi Norwich City di ajang Premier League. Farke merupakan sosok yang sudah lama menjadi pelatih Norwich yakni sejak musim 2017/2018. Salah satu prestasi terbaiknya yaitu membawa Norwich promosi ke Premier League.

Meskipun akhirnya Norwich kembali bermain di Divisi Championship pada musim ini, Farke tetap dipercaya menjadi pelatih hingga kini. Pada kiprahnya di Premier League, Farke tak mampu berbuat banyak karena Norwich menjadi juru kunci dengan 21 poin. Selama menangani The Canaries dalam 174 pertandingan dengan catatan 73 kemenangan, 40 hasil imbang dan 61 kekalahan.

5. Thomas Tuchel (Chelsea)

5 Pelatih asal Jerman yang Pernah Menangani Klub Premier Leaguethesun.co.uk/Getty Images

Pelatih asal Jerman kelima dalam daftar ini adalah Thomas Tuchel yang baru saja ditunjuk menjadi pelatih Chelsea. Pelatih berusia 47 tahun itu, dituntut untuk membawa The Blues ke papan atas Premier League. Sebelumnya, Chelsea ditangani Frank Lampard yang belum mampu berprestasi. Tuchel sendiri memang sedang menganggur setelah didepak dari kursi kepelatihan Paris Saint-Germain beberapa waktu lalu.

Sebelum menangani PSG, ia cukup berpengalaman dengan melatih dua klub Bundesliga, yakni Borussia Dortmund dan Msinz 05. Total 7 trofi sudah ia raih sepanjang kariernya. Dengan catatan itu dan pemain berkualitas yang dimiliki Chelsea, bukan hal mustahil bagi Tuchel untuk berprestasi di Premier League.

Hingga saat ini baru ada lima pelatih asal Jerman yang berlaga di Premier League termasuk Thomas Tuchel. Akankah Tuchel mengikuti jejak Jurgen Klopp?

Baca Juga: 5 Pelatih Tersukses dalam Sejarah LaLiga, Pep Guardiola Salah Satunya!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya