5 Pelatih yang Paling Sering Dikalahkan Sir Alex Ferguson, Ada Wenger!

Korban kecerdasan Fergie 

Sir Alex Ferguson adalah salah satu pelatih terbaik yang pernah ada. Kemampuannya meracik strategi membawa Manchester United menjadi klub yang sangat perkasa. Raihan 13 gelar Premier League menjadi bukti nyata. Belum lagi trofi kompetisi antarklub Eropa maupun dunia.

Ferguson menghabiskan hampir seluruh kariernya bersama Setan merah, yakni sejak tahun 1986 hingga akhirnya kariernya tahun 2013. Selama kariernya, Ferguson tentu saja telah menghadapi banyak sekali pelatih. Lantas siapa pelatih yang paling sering dikalahkan Sir Alex Ferguson? Berikut ulasannya.

1. Harry Redknapp

5 Pelatih yang Paling Sering Dikalahkan Sir Alex Ferguson, Ada Wenger!Sir Alex Ferguson dan Harry Redknapp (goal.com)

Harry Redknapp menjadi pelatih yang paling sering dikalahkan Sir Alex Ferguson. Pelatih berkebangsaan Inggris ini memang pernah menangani beberapa klub Premier League. Di antaranya ada Bournemouth, West Ham, Southampton dan beberapa klub lainnya.

Pelatih yang juga sudah pensiun ini pernah menghadapi Ferguson dalam 42 pertandingan di semua kompetisi. Dari pertandingan tersebut, Redknapp harus mengakui keunggulan Fergie dalam 29 pertandingan. Bahkan, ia hanya mampu mengalahkan Ferguson dalam 5 pertandingan saja. Terakhir kali mereka saling berhadapan yaitu pada 23 Februari 2013 saat QPR kalah 0-2 dari United.

2. Arsene Wenger

5 Pelatih yang Paling Sering Dikalahkan Sir Alex Ferguson, Ada Wenger!Sir Alex Ferguson dan Arsene Wenger (bleacherreport.com)

Masuknya Arsene Wenger dalam daftar ini sebenarnya cukup mengejutkan. Seperti yang kita tahu, pelatih yang identik dengan Arsenal ini merupakan salah satu pelatih top. Wenger menjadi pelatih yang paling sering dihadapi Sir Alex Ferguson. Keduanya pernah saling beradu taktik dalam 49 pertandingan.

Pertemuan terakhir mereka terjadi pada 23 April 2013, di mana saat itu Arsenal asuhan Wenger menahan imbang Manchester United asuhan Fergie. Secara total, Ferguson telah mengungguli pelatih asal Prancis itu dalam 23 pertandingan. Sementara 16 pertandingan lainnya Fergie harus kalah serta sisanya berakhir imbang.

Baca Juga: Preview Inggris vs Skotlandia: Pembuktian Ramalan Sir Alex Ferguson

3. Gordon Strachan

5 Pelatih yang Paling Sering Dikalahkan Sir Alex Ferguson, Ada Wenger!Sir Alex Ferguson dan Gordon Strachan (mirror.co.uk)

Gordon Strachan adalah pelatih  yang pernah menjadi anak asuh Sir Alex Ferguson di Manchester United. Setelah pensiun sebagai pemain pada tahun 1997, ia merintis karier sebagai pelatih. Beberapa klub yang pernah ia tangani ada Coventry, Southampton, Celtic dan Middlesbrough.

Sepanjang karier kepelatihannya, Gordon pun pernah menghadapi sang guru dalam 20 pertandingan. Sayangnya, pria asal Skotlandia itu harus mengakui keunggulan Fergie dalam 16 pertandingan. Terakhir kali Gordon menghadapi Fergie yaitu pada ajang Liga Champions musim 2008/09 saat Celtic menahan imbang Manchester United.

4. David Moyes 

5 Pelatih yang Paling Sering Dikalahkan Sir Alex Ferguson, Ada Wenger!Sir Alex Ferguson dan David Moyes (eurosport.com)

Pelatih keempat ini juga rekan senegara Sir Alex Ferguson, yakni David Moyes. Bahkan pelatih Skotlandia yang satu ini menjadi pilihan Fergie untuk meneruskan tugasnya sebagai pelatih Manchester United. Sayangnya, Moyes gagal melanjutkan kekayaan Setan merah seperti era Ferguson.

Sebelumnya, Moyes pernah menangani beberapa klub Inggris seperti Preston dan Everton. Ia pernah menghadapi Ferguson dalam 24 pertandingan. Moyes pun harus kalah dari Fergie dalam 15 pertandingan. Pertemuan terakhir mereka terjadi pada Februari 2013 saat Everton dikalahkan United dengan skor 2-0.

5. Martin O'Neill

5 Pelatih yang Paling Sering Dikalahkan Sir Alex Ferguson, Ada Wenger!Martin O'Neill dan Sir Alex Ferguson (zimbio.com)

Pelatih kelima yang sering dikalahkan Sir Alex Ferguson adalah Martin O'Neill. Beberapa klub yang pernah ditangani pelatih asal Irlandia Utara ini ada Norwich, Leicester, Celtic ,Sunderland dan lainnya. Pelatih yang kini sedang menganggur itu pernah menghadapi Ferguson dalam 22 pertandingan.

Dari pertandingan tersebut, O'Neill harus mengakui keunggulan Fergie dalam 15 pertandingan. Ia hanya mampu mengungguli Ferguson dalam 2 pertandingan sementara sisanya berakhir imbang. Terakhir kali ia menghadapi Fergie yaitu pada Maret 2013 saat Sunderland kalah 0-1 dari Manchester United.

Memang tidak mudah mengalahkan Sir Alex Ferguson khususnya saat menangani Manchester United. Bahkan sekelas Arsene Wenger saja kerap dikalahkan oleh Fergie. Momen apa yang kamu ingat dari sosok Fergie?

Baca Juga: 2 Pemain yang Sukses Bikin Ferguson Menyesal Seumur Hidup

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya