6 Pemain Abroad yang Memperkuat Indonesia di Piala AFF 2022, Andalan!

Akankah antarkan Indonesia juara?

Indonesia terus berupaya meningkatkan kualitas sepak bola, khususnya di level tim nasional. Di sisi pemain, sudah banyak yang sadar pentingnya mencari pengalaman di luar negeri.

Para pemain abroad tersebut pun akhirnya menjadi tumpuan di tim nasional. Pada Piala AFF 2022, Indonesia juga diperkuat oleh para pemain yang sedang merantau di luar negeri.

Setidaknya ada enam pemain abroad yang kini jadi tumpuan Garuda. Para pemain tersebut pun diharapkan bisa mendongkrak kualitas permainan Garuda hingga akhirnya menjadi juara. Lantas, siapa saja pemain abroad yang perkuat Indonesia di Piala AFF 2022?

1. Jordi Amat mencoba merasakan Liga Malaysia bersama Johor Darul Takzim

6 Pemain Abroad yang Memperkuat Indonesia di Piala AFF 2022, Andalan!Jordi Amat (instagram.com/jordiamat5)

Salah satu pemain abroad yang memperkuat Indonesia di Piala AFF 2022 adalah Jordi Amat. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini baru saja dinaturalisasi menjadi warga negara Indonesia.

Pengalamannya bermain di Eropa diharapkan bisa jadi kontribusi lebih di skuad Garuda. Beberapa klub Eropa yang pernah dibela Jordi di antaranya adalah Espanyol, Swansea City, dan Rayo Vallecano. Sayangnya, Jordi justru memilih bermain di Liga Malaysia bersama Johor Darul Takzim.

Meski begitu, hal itu dilakukannya demi lebih dekat dengan Indonesia. Pemain 30 tahun ini pun baru merasakan debut bersama Garuda pada laga perdana Piala AFF 2022 melawan Kamboja.

2. Pratama Arhan merantau ke Liga Jepang bersama Tokyo Verdy

6 Pemain Abroad yang Memperkuat Indonesia di Piala AFF 2022, Andalan!Pratama Arhan (instagram.com/pratamaarhan8)

Berikutnya ada Pratama Arhan yang belum lama ini merantau ke luar negeri. Pemain 21 tahun tersebut saat ini menjadi bagian klub Liga 2 Jepang, Tokyo Verdy.

Sayangnya, Arhan belum banyak mendapat kesempatan bersama Tokyo Verdy sejak bergabung pada Maret 2022. Meski begitu, kualitas bek kiri ini tetap terjaga saat membela panji Garuda.

Ia bahkan sudah memberikan assist saat Indonesia menaklukkan Kamboja di laga perdana Piala AFF 2022. Sejak debut pada Mei 2021, pemain kelahiran Blora ini sudah mencatatkan 22 caps bersama Timnas Indonesia.

3. Asnawi Mangkualam jadi andalan Ansan Greeners di Liga 2 Korea Selatan

6 Pemain Abroad yang Memperkuat Indonesia di Piala AFF 2022, Andalan!Asnawi Mangkualam (instagram.com/asnawi_bhr)

Tak hanya di sisi kiri pertahanan, sisi kanan pertahanan Indonesia juga diperkuat oleh pemain abroad. Pemain yang dimaksud adalah Asnawi Mangkualam. Saat ini pemain 23 tahun tersebut membela klub Liga 2 Korea Selatan, Ansan Greeners.

Berbeda dengan Arhan, Asnawi justru jadi tumpuan klubnya tersebut. Pemain kelahiran Makassar tersebut sudah mencicipi kompetisi Korea Selatan sejak Februari 2021.

Kini, ia berharap bisa membela klub yang berada di divisi teratas. Bersama Timnas Indonesia, Asnawi juga jadi andalan dengan koleksi 21 caps.

Baca Juga: Asnawi Mangkualam Bahar Makin Cemerlang di Korea Selatan

4. Saddil Ramdani jadi pesaing Jordi Amat dengan membela klub Malaysia lain, yaitu Sabah FC

6 Pemain Abroad yang Memperkuat Indonesia di Piala AFF 2022, Andalan!Saddil Ramdani (pssi.org)

Tak hanya lini pertahanan, lini depan Indonesia juga dihuni oleh para pemain yang sedang merantau ke luar negeri. Salah satunya adalah Saddil Ramdani yang berposisi sebagai penyerang sayap.

Pemain 23 tahun itu sudah cukup berpengalaman bermain di Liga Malaysia. Saat ini ia membela Sabah FC setelah sebelumnya pernah berjubah Sri Pahang FC. Saddil pun banyak mendapat menit bermain bersama kedua klub tersebut.

Di usianya yang masih cukup muda, Saddil juga sudah berpengalaman di level internasional. Ia sudah membela Timnas Indonesia sejak Maret 2017. Hingga kini, ia sudah mencatatkan 15 caps bersama Garuda.

5. Witan Sulaiman menjajal Liga Slovakia bersama AS Trencin

6 Pemain Abroad yang Memperkuat Indonesia di Piala AFF 2022, Andalan!Witan Sulaiman (instagram.com/witansulaiman_)

Witan Sulaiman menjadi pemain muda Indonesia yang berani menjajal sepak bola Eropa. Pemain 21 tahun tersebut sudah membela beberapa klub Eropa. Saat ini ia membela klub divisi teratas Liga Slovakia, AS Trencin.

Sebelumnya, Witan pernah membela dua klub Slovakia lain, yakni FK Radnik dan FK Senica serta satu klub Polandia, Lechia Gdansk. Bersama klubnya saat ini, Witan juga banyak mendapat jam terbang.

Hal itu sangat berharga baginya saat kembali membela Timnas Indonesia. Pemain kelahiran Palu ini sudah mencatatkan 20 caps dengan torehan 6 gol.

6. Egy Maulana Vikri juga sempat mencicipi Liga Slovakia bersama FC Zlate Moravce

6 Pemain Abroad yang Memperkuat Indonesia di Piala AFF 2022, Andalan!Egy Maulana Vikri (instagram.com/egymaulanavikri)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Egy Maulana Vikri. Ia memang sudah dikenal memiliki bakat luar biasa hingga dijuluki Lionel Messi Indonesia. Sama seperti Witan, Egy juga sudah mencoba beberapa klub luar negeri, khususnya Eropa.

Pemain 22 tahun ini cukup lama berseragam Lechia Gdansk sebelum hijrah ke FK Senica. Saat ini, Egy masih berstatus sebagai pemain Liga Slovakia bersama FC Zlate Moravce. Namun, pada Januari 2023 nanti, ia akan berstatus bebas transfer.

Pengalamannya bermain di luar negeri juga berguna saat membela Timnas Indonesia. Hingga saat ini, Egy telah mengoleksi 13 caps dengan torehan 3 gol.

 

Para pemain tersebut tentu diharapkan mampu berkontribusi lebih untuk skuad Garuda di Piala AFF 2022. Mereka juga bisa jadi contoh bagi pemain Indonesia lain yang belum berani mencoba bermain di luar negeri.

Baca Juga: Egy Maulana Vikri Buka Suara Usai Gagal Cetak Gol Kedua Buat Timnas

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya