6 Pemain Amerika Serikat yang Kini Bermain di Premier League

Tak hanya Christian Pulisic, lho!

Amerika Serikat mungkin bukan negara yang terlalu fanatik dengan sepak bola. Mereka lebih menggemari sepak bola versi Amerika Serikat yang biasa disebut Football America. Namun dalam beberapa musim terakhir, sepak bola Negeri Paman Sam mulai berkembang.

Beberapa pemainnya juga cukup dikenal karena bermain di Liga top Eropa termasuk Premier League. Hal ini sebenarnya bukan hal baru, karena pada musim-musim sebelumnya juga ada beberapa pemain Amerika Serikat yang berlaga di Premier League.

Nama-nama seperti Brad Friedel, Tim Howard hingga London Donovan mungkin sudah cukup dikenal. Pada musim ini, ada Christian Pulisic yang cukup tersohor bersama Chelsea. Ternyata tak hanya Pulisic, total ada enam pemain Amerika Serikat yang kini bermain di Premier League. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Zack Steffen (Manchester City)

6 Pemain Amerika Serikat yang Kini Bermain di Premier Leaguemlssoccer.com/MIKE EGERTON

Salah satu pemain Amerika Serikat yang kini Bermain di Premier League adalah Zack Steffen. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang tersebut, menjadi bagian Manchester City. Ia sebenarnya sudah dikontrak The Cityzens sejak musim 2019/2020 lalu. Namun, di musim pertamanya, ia langsung dipinjamkan ke klub Jerman, Fortuna Dusseldorf.

Baru pada musim ini, ia menjadi bagian tim utama City. Pemain yang berusia 25 tahun itu sudah dimainkan City dalam beberapa pertandingan. Khususnya di Premier League, ia baru memainkan 1 laga. Namun secara keseluruhan, Steffen telah membela The Cityzens dalam 8 pertandingan. Ia tampil cukup baik dengan torehan 4 clean sheet dan juga baru kebobolan 4 gol.

2. Tim Ream (Fulham)

6 Pemain Amerika Serikat yang Kini Bermain di Premier Leaguegoal.com

Dari posisi bek tengah ada Tim Ream yang saat ini membela Fulham. Pemain Amerika Serikat yang satu ini sudah terbilang cukup berpengalaman dalam sepak bola Inggris. Pemain yang kini berusia 33 tahun itu sudah membela klub Inggris sejak Januari 2012. Saat itu, ia membela Bolton dan kemudian hengkang ke Fulham sejak musim 2015/2016.

Meskipun sudah lama membela klub Inggris, Ream baru tiga musim merasakan persaingan Premier League termasuk musim ini. Selama bermain di Premier League, ia ia telah mencatatkan 44 pertandingan dengan torehan 1 assist dan 5 assist. Sementara bersama Fulham, Ream sudah tampil dalam 207 pertandingan di semua kompetisi.

3. Antonee Robinson (Fulham)

6 Pemain Amerika Serikat yang Kini Bermain di Premier Leagueliverpoolecho.co.uk/Getty Images

Selain Tim Ream, saat ini Fulham juga diperkuat pemain asal Amerika Serikat lainnya, yakni Antonee Robinson. Pemain berusia 23 tahun itu juga beroperasi di lini belakang, tepatnya sebagai bek kiri. Meskipun berkebangsaan Amerika Serikat, ia selalu menjalani karier sepak bola di Inggris. Lulusan akademi Everton itu, menjadi pemain anyar yang diboyong Fulham pada awal musim ini.

Selain The Cottagers, klub Inggris lainnya yang pernah ia bela ada Bolton dan juga Wigan Athletic. Meskipun baru pertama kali bermain di Premier League, Robinson langsung menjadi andalan Fulham musim ini dengan catatan 14 pertandingan. Secara keseluruhan, ia membela Fulham dalam 18 pertandingan di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemain Top Amerika Serikat yang Bermain di Kompetisi Eropa

4. DeAndre Yedlin (Newcastle United)

6 Pemain Amerika Serikat yang Kini Bermain di Premier Leaguetransfermarkt.com

DeAndre Yedlin menjadi pemain Amerika Serikat yang cukup berpengalaman di ajang Premier League. Sejak hengkang dari klub Amerika Serikat, Sounders FC, ia selalu main di Premier League. Tottenham Hotspur menjadi klub pertamanya sejak musim 2014/2015, kemudian ia hengkang ke Sunderland dan Newcastle United.

Bergabung dengan Newcastle sejak musim 2016/2017, Yedlin sudah mencatatkan 125 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai bek kanan, ia menorehkan 3 gol dan 11 assist. Di ajang Premier League sendiri, pemain berusia 27 tahun itu telah tampil dalam 109 pertandingan dengan torehan 2 gol dan 5 assist.

5. Owen Otasowie (Wolves)

6 Pemain Amerika Serikat yang Kini Bermain di Premier Leaguewolves.co.uk

Sementara dari lini tengah, ada Owen Otasowie yang saat ini membela Wolves. Pemain Amerika Serikat yang satu ini, sebenarnya belum dikontrak profesional oleh Wolves. Ia menimba ilmu di akademi Wolves dan saat ini membela tim u-23. Meskipun demikian, pemain yang kini berusia 20 tahun itu sudah merasakan persaingan Premier League.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang bertahan ini telah mencatatkan 4 pertandingan Premier League musim ini. Hal tersebut tentu saja menjadi awal yang sangat baik bagi pemain muda Amerika Serikat muda tersebut. Bukan tidak mungkin, ia akan menjadi andalan klub-klub Premier League di masa mendatang.

6. Christian Pulisic (Chelsea)

6 Pemain Amerika Serikat yang Kini Bermain di Premier Leagueinstagram.com/cmpulisic

Pemain terakhir dalam daftar ini tentu saja sudah sangat familier, yakni Christian Pulisic. Bisa dibilang, Pulisic menjadi pemain Amerika Serikat terbaik dan paling populer saat ini. Pemain yang kini berusia 22 tahun tersebut menimba ilmu di akademi Borussia Dortmund. Penampilan apiknya bersama tim utama Die Borussen membuat Chelsea tertarik memboyongnya.

Pulisic sebenarnya sudah dikontrak Chelsea sejak Januari 2019, namun ia baru membela The Blues sejak musim 2019/2020. Hingga saat ini, penyerang sayap itu telah bermain di Premier League 38 pertandingan dengan catatan 10 gol daj 6 assist. Sementara bersama Chelsea di semua kompetisi, ia menorehkan 13 gol dan 10 assist dari 52 pertandingan.

Itulah enam pemain Amerika Serikat yang pada musim ini sudah mencatatkan penampilan di Premier League. Pemain-pemain tersebut menunjukkan eksistensi pemain Amerika Serikat yang mungkin jarang diketahui. Siapa pemain Amerika Serikat terbaik yang pernah berkarier di Premier League?

Baca Juga: 10 Pemain Amerika Serikat dengan Banderol Termahal, Siapa Teratas?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya