5 Pemain Asing dengan Masa Bakti Terlama di Bundesliga hingga Saat Ini

David Alaba salah satunya!

Bundesliga merupakan salah satu liga top Eropa yang memiliki kualitas tak kalah bagus dibanding kompetisi lainnya. Hal itu terbukti dari banyaknya pemain berlabel bintang yang berlaga di kasta teratas Liga Jerman ini. Tak hanya pemain asli Jerman, para pemain pendatang atau pemain asing juga menjadi andalan klub-klub Bundesliga.

Sebut saja nama-nama seperti Erling Haaland, Jadon Sancho, hingga Robert Lewandowski sebagai contohnya. Meskipun berstatus sebagai pendatang, tak sedikit pemain asing yang cukup setia bersama satu klub Bundesliga. Siapa saja pemain asing dengan masa bakti terlama yang membela klub Bundesliga hingga saat ini? Berikut ulasannya.

Baca Juga: 7 Tim yang Jadi Lumbung Gol Lewandowski di Bundesliga, Ada Dortmund!

1. Lukasz Piszczek (Borussia Dortmund)

5 Pemain Asing dengan Masa Bakti Terlama di Bundesliga hingga Saat Inibundesliga.com

Pemain asing dengan masa bakti terlama di Bundesliga hingga saat ini adalah Lukasz Piszczek. Pemain berkebangsaan Polandia itu saat ini masih setia berseragam Borussia Dortmund. Piszczek sendiri telah membela Die Borussen selama 10 tahun dan 7 bulan. Pemain yang kini berusia 35 tahun tersebut bergabung dengan Dortmund sejak musim 2010/2011.

Sudah mulai menua, menit bermain Piszczek pun mulai berkurang saat ini. Bersama Dortmund, ia telah mencatatkan 374 pertandingan di semua kompetisi. Bisa berposisi sebagai bek tengah dan kanan, ia menorehkan 19 gol dan 64 assist. Ia masih terikat kontrak dengan Borussia Dortmund hingga Juni 2021 mendatang.

2. David Alaba (Bayern Munchen)

5 Pemain Asing dengan Masa Bakti Terlama di Bundesliga hingga Saat Inibundesliga.com

Pemain kedua dalam daftar ini adalah David Alaba yang setia berseragam Bayern Munchen. Pemain yang berposisi sebagai bek ini menjadi bagian tim senior Bayern sejak musim 2010/2011. Hingga kini, pemain berkebangsaan Austria itu telah berseragam The Bavarians selama 10 tahun dan 7 bulan.

Awalnya, Alaba adalah seorang bek kiri, namun kini ia telah mahir sebagai bek tengah. Pemain yang kini berusia 28 tahun itu tengah dikaitkan dengan beberapa klub menyusul kontraknya yang akan berakhir pada Juni nanti. Hingga saat ini, Alaba membela Munchen dalam 413 pertandingan di semua kompetisi. Beroperasi di lini belakang, ia mencetak 33 gol dan 49 assist.

3. Oscar Wendt (Borussia Monchengladbach)

5 Pemain Asing dengan Masa Bakti Terlama di Bundesliga hingga Saat Inibundesliga.com/imago

Berikutnya ada Oscar Wendt yang berposisi sebagai bek kiri. Pemain berkebangsaan Swedia itu sudah cukup lama menjadi andalan di lini belakang Borussia Monchengladbach. Wendt didatangkan Monchengladbach pada musim 2011/2012. Hingga saat ini, pemain berusia 35 tahun tersebut telah berseragam Gladbach selama 9 tahun dan 6 bulan.

Wendt tentu saja telah mencatatkan penampilan impresif selama berkarier bersama Gladbach. Hingga kini, ia telah tampil dalam 296 pertandingan dengan catatan 19 gol dan 20 assist. Bersama Monchengladbach, ia memiliki kontrak hingga Juni 2021 mendatang.

4. Theodor Gebre Selassie (Werder Bremen)

5 Pemain Asing dengan Masa Bakti Terlama di Bundesliga hingga Saat Iniwerder.de

Pemain asing lainnya yang juga cukup setia membela klub Bundesliga adalah Theodor Gebre Selassie. Pemain berkebangsaan Republik Ceko ini membela Werder Bremen. Selassie menjadikan Bremen sebagai klub liga top Eropa pertama yang ia bela sejak musim 2012/2013. Ia pun telah menjadi andalan Werder Bremen selama 8 tahun dan 7 bulan.

Sudah cukup lama berseragam Bremen, usia Selassie sudah terbilang tak lagi muda, yakni 34 tahun. Bersama tim Bundesliga itu, Selassie telah mencatatkan 281 pertandingan di semua kompetisi. Bek kanan ini menorehkan 22 gol dan 17 assist. Selassie sendiri juga memiliki kontrak hingga Juni 2021 mendatang.

5. Jan Moravek (Augsburg)

5 Pemain Asing dengan Masa Bakti Terlama di Bundesliga hingga Saat Inigol.cz

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Jan Moravek yang tentunya sudah cukup senior. Pemain berkebangsaan Republik Ceko itu menjadi bagian salah satu klub Bundesliga, Augsburg. Klub Jerman tersebut memboyong Moravek pada musim 2012/2013. Meskipun saat ini masih menjadi bagian Augsburg, ia belum mencatatkan menit bermain musim ini.

Moravek sendiri sudah menjadi bagian Augsburg selama 8 tahun dan 7 bulan. Bersama Augsburg, ia telah mencatatkan 110 pertandingan di semua kompetisi dengan catatan 2 gol dan 7 assist. Pemain yang kini berusia 31 tahun tersebut terikat kontrak bersama Augsburg hingga Juni 2022.

 

Itulah lima pemain asing dengan masa bakti terlama di Bundesliga hingga saat ini. Tak sedikit dari mereka yang juga mampu bersaing meskipun sudah tak lagi muda. Siapa yang terbaik dalam daftar ini?

Baca Juga: 5 Pencetak Gol Tertua di Bundesliga Sepanjang Sejarah, Sudah Tahu?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya