5 Pemain Bintang Berpengalaman yang Meramaikan Ajang Piala Eropa 2020

Bakal jadi Piala Eropa terakhir untuk mereka?

Piala Eropa 2020 telah berjalan sejak 11 Juni lalu dan kini sudah memasuki pertandingan terakhir di grup masing-masing. Dengan berjalannya waktu, tak terasa gelaran akbar ini menuju partau puncak. Beberapa tim sudah memastikan tempat mereka di babak gugur, sementara tim lainnya masih harus berjuang.

Beberapa pemain telah membuat penonton terkesan dengan keterampilan mereka. Penggemar sepak bola cukup beruntung untuk melihat beberapa bintang veteran beraksi di Piala Eropa 2020. Turnamen ini pun bisa menjadi yang terakhir bagi pemain-pemain ini. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Goran Pandev (Makedonia Utara) 

5 Pemain Bintang Berpengalaman yang Meramaikan Ajang Piala Eropa 2020Goran Pandev (twitter.com/brfootball)

Goran Pandev merupakan nama yang cukup dikenal pada masa jayanya dan telah menikmati karier gemilang sejauh ini. Dikenal saat berseragam Inter Milan, pemain Makedonia Utara itu memenangkan Liga Champions 2010. Ia juga memenangkan gelar Serie A serta Piala Liga.

Pandev dianggap sebagai penyerang Makedonia terhebat sepanjang masa dan berperan penting dalam kualifikasi Piala Eropa 2020. Setelah melakukan debut internasionalnya hampir 20 tahun yang lalu, Pandev memiliki 123 caps untuk Makedonia dengan torehan 38 gol. Pandev mengumumkan gantung sepatu dari timnas setelah Piala Eropa 2020. 

2. Gareth Bale (Wales) 

5 Pemain Bintang Berpengalaman yang Meramaikan Ajang Piala Eropa 2020Gareth Bale (eurosport.com)

Tak disangkal lagi jika Gareth Bale adalah salah satu bintang lapangan hijau. Lahir di Wales, pemain berusia 31 tahun ini memiliki karier yang cemerlang di Inggris dan Spanyol. Setelah membela Tottenham Hotspur selama 6 musim, Bale pindah ke Real Madrid pada 2013. Bersama El Real, ia memenangkan dua gelar LaLiga dan empat gelar Liga Champions.

Di kancah internasional, Bale melakukan debutnya untuk The Dragons pada tahun 2006. Dia telah membuat 95 penampilan untuk Wales dan mengantongi 33 gol. Bale adalah bagian dari perjalanan brilian Wales di Piala Eropa 2016 saat melaju hingga semifinal. Pada gelaran kali ini, ia juga mengantarkan Wales lolos ke babak 16 besar. 

Baca Juga: Saat Penalti Tembak Burung Gareth Bale Termaafkan Sihirnya

3. Giorgio Chiellini (Italia) 

5 Pemain Bintang Berpengalaman yang Meramaikan Ajang Piala Eropa 2020Giorgio Chiellini (football365.com)

Giorgio Chiellini telah memenangkan hampir semua trofi utama di level klub. Saat ini di musim ke-21 dalam sepak bola profesionalnya, Chiellini dikenal dengan umur panjang dan dedikasinya. Pemain asal Italia itu bergabung dengan Juventus pada 2004 setelah membela Roma dan Livorno. Chiellini meraih 9 gelar Serie A serta gelar Serie B bersama Si Nyonya Tua.

Chiellini melakukan debut internasionalnya pada tahun 2004 dan telah mencatatkan 109 caps yang mengesankan bersama Azzurri. Bermain untuk Italia di turnamen Piala Eropa keempatnya, pemain 36 tahun itu masih mendapat tempat di starting line-up setelah penampilannya yang mengesankan selama musim ini. Italia pun menjadi kandidat kuat juara Piala Eropa 2020.

4. Pepe (Portugal) 

5 Pemain Bintang Berpengalaman yang Meramaikan Ajang Piala Eropa 2020Pepe (eurosport.com)

Pepe adalah pemain yang cukup terkenal bagi penggemar sepak bola di seluruh dunia. Pepe telah bermain untuk lima klub berbeda, terutama Real Madrid. Bek tersebut memenangkan 3 gelar LaLiga dan 3 gelar Liga Champions bersama Los Blancos selama sepuluh tahun bersama klub.

Pemain berusia 38 tahun itu melakukan debut internasionalnya untuk Portugal pada 2007 dan sejak itu ia telah mencatatkan 117 caps bersama Portugal. Di turnamen Eropa keempatnya berturut-turut, Pepe dinobatkan sebagai man of the match di final 2016. Saat itu Portugal mengalahkan Prancis untuk menjadi juara. Pepe memiliki caps terbanyak keempat dalam sejarah Portugal. 

5. Cristiano Ronaldo (Portugal) 

5 Pemain Bintang Berpengalaman yang Meramaikan Ajang Piala Eropa 2020Cristiano Ronaldo (twitter.com/goal)

Tak dimungkiri lagi bahwa Cristiano Ronaldo adalah salah satu pesepak bola terbaik yang pernah ada. Prestasi di level klub sangat mencengangkan dengan memenangkan 32 trofi utama di tiga liga berbeda. Ini termasuk beberapa gelar liga di Inggris, Spanyol, dan Italia serta rekor lima gelar Liga Champions.

Ronaldo tampaknya tidak menunjukkan tanda-tanda melambat di Piala Eropa 2020. Torehkan tiga gol dalam dua pertandingan, Ronaldo menjadi kapten Portugal di turnamen Eropa kelimanya. Tidak ada pemain lain yang tampil di Piala Eropa lebih dari empat kali. Dia memenangkan Piala Eropa 2016 bersama Portugal. Setelah berusia 36 tahun, banyak kritikus percaya Ronaldo akan segera pensiun.

 

Para pemain dalam daftar ini sudah tak perlu diragukan lagi kualitasnya. Mereka pernah merasakan puncak kariernya bersama klub dan menjadi andalan juga di timnas.

Baca Juga: Jadwal 4 Partai Puncak Fase Grup Piala Eropa 2020: Portugal Vs Prancis

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya