5 Pemain Brasil Paling Sering Main di Liga Champions, Legenda!

Roberto Carlos hingga Marcelo #ANGPOIN

Brasil menjadi tempat lahirnya bintang sepak bola. Ada banyak sekali pesepak bola asal Negeri Samba yang mendunia.

Sejumlah pemain Brasil juga mampu tampil mentereng di Eropa. Beberapa dari mereka berkali-kali main di UEFA Champions League (UCL). Inilah pemain Brasil dengan penampilan terbanyak di Liga Champions Eropa?

1. Roberto Carlos

5 Pemain Brasil Paling Sering Main di Liga Champions, Legenda!Roberto Carlos (uefa.com)

Roberto Carlos adalah pemain Brasil paling sering main di Liga Champions. Ia cukup identik dengan raksasa Spanyol, Real Madrid. Namun, Carlos juga sempat membela klub Eropa lain, di antaranya Fenerbahce dan Anzhi Makhachkala.

Di Liga Champions, Roberto Carlos telah mencatatkan 128 pertandingan sepanjang kariernya. Pemain berposisi bek kiri tersebut sukses meraih tiga trofi Liga Champions bersama Real Madrid. Untuk catatan pribadi, pemain yang gantung sepatu pada 2016 ini menorehkan 16 gol dan 25 assist.

2. Dani Alves

5 Pemain Brasil Paling Sering Main di Liga Champions, Legenda!Dani Alves (fcbarcelona.com)

Dani Alves menjadi pemain Brasil berikutnya dengan catatan penampilan cukup banyak di Liga Champions. Pria berusia 39 tahun ini juga cukup lama membela klub Spanyol.

Sebelum berseragam Barcelona, ia mengawali karier di Eropa bersama Sevilla. Klub Eropa lain yang sempat dibela Dani Alves adalah Juventus dan Paris Saint-Germain.

Pemain yang berposisi sebagai bek kanan itu telah mencatatkan 114 penampilan di Liga Champions bersama keempat klub tersebut. Meski berposisi sebagai bek, ia menorehkan 12 gol dan 26 assist. Dani Alves pribadi telah meraih tiga trofi Liga Champions bersama Barcelona.

Baca Juga: Dani Alves di Bui Gara-gara Kasus Perkosaan, Satu Sel Sama Coutinho

3. Fernandinho

5 Pemain Brasil Paling Sering Main di Liga Champions, Legenda!Fernandinho (uefa.com)

Pemain ketiga dalam daftar ini adalah Fernandinho. Sebelum lama menjadi andalan Manchester City, pemain Brasil ini lebih dahulu membela Shakhtar Donetsk, yang juga bermain di Liga Champions.

Bersama kedua klub tersebut, ia tampil dalam 105 pertandingan Liga Champions. Sayangnya, ia menjadi satu-satunya pemain dalam daftar ini yang belum mampu meraih trofi Liga Champions. Untuk catatan pribadi, pemain Brasil yang berposisi sebagai gelandang ini menorehkan 7 gol dan 8 assist.

4. Thiago Silva

5 Pemain Brasil Paling Sering Main di Liga Champions, Legenda!Thiago Silva (premierleague.com)

Pemain keempat dalam daftar ini adalah Thiago Silva, yang saat ini masih aktif bermain membela klub Eropa. Pemain Brasil ini tengah membela klub Inggris, Chelsea.

Sebelum berseragam Chelsea, ia sempat menjadi andalan klub top Eropa lain, seperti AC Milan dan Paris Saint-Germain. Silva pribadi telah merengkuh trofi Liga Champions sebanyak satu kali bersama Chelsea.

Pemain 38 tahun ini telah mencatatkan 103 pertandingan di Liga Champions. Kini, Thiago Silva sedang berjuang bersama Chelsea pada babak 16 besar Liga Champions.

5. Marcelo

5 Pemain Brasil Paling Sering Main di Liga Champions, Legenda!Marcelo (uefa.com)

Marcelo juga menjadi salah satu pemain Brasil tersukses dalam sejarah Liga Champions. Pemain yang kini berusia 34 tahun ini telah sukses menjuarai Liga Champions sebanyak lima kali. Keberhasilan tersebut diraih Marcelo bersama satu tim, yakni Real Madrid.

Bek kiri ini mengantarkan Los Blancos juara Liga Champions pada 2014, 2016, 2017, 2018, dan 2022. Di ajang ini, Marcelo telah mencatatkan 102 penampilan dengan mencetak 9 gol dan 24 assist.

Para pemain tersebut layak disebut sebagai legenda. Mereka sukses berkarier di Eropa hingga mampu bersaing di Liga Champions.

Baca Juga: 8 Pemenang Ballon d'Or yang Pernah Main Bareng Roberto Carlos

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya