5 Pemain Italia Paling Sering Mentas di Liga Champions, para Legenda!

Beberapa melengkapi penampilan dengan trofi juara

Italia menjadi salah satu negara di Eropa yang kerap memunculkan pesepak bola andal. Dari masa ke masa, tak sedikit pemain Italia yang mampu bersinar bersama klub top Eropa.

Para pemain asal Italia itu mampu meraih kesuksesan di level klub. Bahkan, beberapa dari mereka meraih kesuksesan di ajang UEFA Champions League.

Hingga saat ini, ada sederet nama pemain Italia yang menorehkan tinta emas di ajang antarklub Eropa tersebut. Mereka juga mencatatkan banyak pertandingan di Liga Champions.

1. Paolo Maldini

5 Pemain Italia Paling Sering Mentas di Liga Champions, para Legenda!Paolo Maldini (uefa.com)

Paolo Maldini merupakan salah satu pemain yang setia berseragam AC Milan. Selama berlaga di Liga Champions, dia pun hanya membela klub berjuluk Rossoneri tersebut. Scholes mencatatkan 135 penampilan di Liga Champions.

Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2009 lalu tersebut juga meraih kesuksesan di Liga Champions. Bersama AC Milan, dia pernah merengkuh lima trofi Liga Champions. Bek kiri ini juga berkontribusi dengan torehan 3 gol dan memberikan 7 assist.

2. Gianluigi Buffon

5 Pemain Italia Paling Sering Mentas di Liga Champions, para Legenda!Gianluigi Buffon (uefa.com)

Pemain kedua dalam daftar ini adalah Gianluigi Buffon yang masih aktif bermain. Pemain Italia satu ini memang begitu lekat dengan Juventus. Namun, ternyata, dia menimba ilmu di Parma dan pernah juga membela Paris Saint-Germain.

Sayangnya, Buffon kurang beruntung di Liga Champions. Mencatatkan banyak pertandingan, dia masih belum mampu merengkuh trofi ajang antarklub Eropa ini. Pemain yang kini berusia 45 tahun ini telah mencatatkan 124 pertandingan di Liga Champions bersama ketiga klub yang dia bela.

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Dijual Juventus Era Andrea Agnelli

3. Andrea Pirlo

5 Pemain Italia Paling Sering Mentas di Liga Champions, para Legenda!Andrea Pirlo (uefa.com)

Andrea Pirlo adalah pemain yang pernah membela beberapa klub elite Italia. Mengawali karier bersama Brescia, dia sempat bergabung bersama Inter Milan.

Setelah itu, dia membela dua raksasa Italia lainnya, yakni AC Milan dan Juventus. Membela beberapa klub elite Italia pun membuat namanya kerap mentas di Liga Champions.

Pemain yang berposisi sebagai gelandang ini telah tampil di Liga Champions sebanyak 108 pertandingan. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2018 tersebut mengoleksi 8 gol dan 15 assist. Tak hanya itu, Pirlo juga sukses merengkuh trofi Liga Champions sebanyak dua kali.

4. Alessandro Nesta

5 Pemain Italia Paling Sering Mentas di Liga Champions, para Legenda!Alessandro Nesta (uefa.com)

Pemain asal Italia lainnya dengan pertandingan terbanyak di Liga Champions adalah Alessandro Nesta. Pemain yang telah gantung sepatu pada tahun 2015 itu membela dua klub berbeda selama berlaga di Liga Champions. Selain sukses juara bersama AC Milan, dia juga pernah main di Liga Champions bersama Lazio

Selama bermain di Liga Champions, Nesta mencatatkan 99 pertandingan. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini berhasil menjuarai Liga Champions sebanyak dua kali bersama AC Milan.

5. Alessandro Costacurta

5 Pemain Italia Paling Sering Mentas di Liga Champions, para Legenda!Alessandro Costacurta (twitter.com/acmilan)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Alessandro Costacurta yang juga setia bersama AC Milan. Costacurta yang hampir menghabiskan kariernya kariernya bersama Rossoneri telah gantung sepatu pada 2007. Costacurta merupakan pemain yang berposisi sebagai bek tengah.

Selama bermain di Liga Champions, pemain Italia ini telah mencatatkan 90 pertandingan yang semuanya bersama AC Milan. Bersama Rossoneri, dia sukses mengoleksi lima gelar Liga Champions sepanjang kariernya.

 

Para pemain Italia ini dikenal memiliki kualitas mumpuni hingga layak disebut sebagai legenda. Tak heran jika mereka mampu bersaing di Liga Champions dengan catatan penampilan cukup banyak.

Sumber

https://www.transfermarkt.com/uefa-champions-league/rekordspieler/pokalwettbewerb/CL/saison_id_von/1955/saison_id_bis/2022/tabellenart/alle/land_id/75/plus/1

https://www.transfermarkt.com/paolo-maldini/profil/spieler/5803

https://www.transfermarkt.com/gianluigi-buffon/profil/spieler/5023

https://www.transfermarkt.com/andrea-pirlo/profil/spieler/5817

https://www.transfermarkt.com/alessandro-nesta/profil/spieler/4171

https://www.transfermarkt.com/alessandro-costacurta/profil/spieler/10055

Baca Juga: 5 Pemain Paling Diandalkan Jose Mourinho di Liga Champions, Ada CR7

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya