Comscore Tracker

6 Pemain Jerman dengan Caps Terbanyak saat Ditangani Joachim Low

Joachim Low resmi berpisah dengan Timnas Jerman 

Timnas Jerman tersingkir dari gelaran Piala Eropa 2020 setelah dikandaskan Inggris 2 gol tanpa balas. Pertandingan itu tak hanya menjadi laga terakhir Jerman di Piala Eropa 2020 tapi juga laga terakhir Joachim Low menangani Der Panser. Seperti yang kita tahu, pelatih 61 tahun itu telah mengumumkan akan mengundurkan diri dari kursi kepelatihan Jerman setelah Piala Eropa 2020.

Tugas yang sudah ia emban sejak 2006 itu akan diganti Hansi Flick yang sebelumnya menangani Bayern Munchen. Ada beberapa pemain yang mencatatkan banyak caps selama ditangani Low. Pemain-pemain ini pun menjadi kunci saat Low mengantarkan Jerman juara dunia 2014 lalu.

1. Thomas Muller

6 Pemain Jerman dengan Caps Terbanyak saat Ditangani Joachim LowThomas Muller (bundesliga.com)

Thomas Muller menjadi salah satu pemain yang hampir selalu dipanggil Joachim Low ke Timnas Jerman. Pemain yang kini membela Bayern Munchen tersebut memang memiliki kualitas mumpuni. Bahkan ia sudah dimainkan Low di Timnas Jerman saat usianya masih cukup muda.

Muller sendiri debut bersama Timnas Jerman pada 3 Maret 2010. Saat ini usianya sudah menginjak 31 tahun dan sudah dimainkan Low dalam 107 pertandingan. Beroperasi di lini depan, Muller menorehkan 39 gol daj 37 assist dari penampilannya tersebut.

2. Toni Kroos

6 Pemain Jerman dengan Caps Terbanyak saat Ditangani Joachim LowToni Kroos (marca.com)

Pemain berikutnya yang diandalkan Joachim Low selama menangani Timnas Jerman adalah Toni Kroos. Kesuksesan Kroos bersama Real Madrid membuatnya menjadi pilihan utama Low di lini tengah Der Panser. Pemain yang kini berusia 31 tahun itu dipercaya tampil pertama kali bersama Timnas Jerman pada 3 Maret 2010.

Meskipun sudah cukup senior, kualitas Kroos masih terjaga hingga kini. Low sendiri telah memainkan gelandang yang satu ini dalam 106 pertandingan di sepuluh kompetisi berbeda. Memiliki kualitas mumpuni, ia menorehkan 17 gol dan 19 assist dari penampilannya tersebut.

3. Manuel Neuer

6 Pemain Jerman dengan Caps Terbanyak saat Ditangani Joachim LowManuel Neuer (fcbayern.com)

Di bawah mistar gawang, Joachim Low mempercayakan posisi kiper kepada Manuel Neuer. Bahkan pemain yang kini membela Bayern Munchen tersebut dipercaya sebagai kapten tim. Neuer menjadi pemain yang terbilang senior dan menjalani debut pada 2 Juni 2010.

Neuer memang pernah menjadi salah satu kiper terbaik pada masanya. Meskipun saat ini sudah berusia 34 tahun, kualitas Neuer tak boleh diremehkan. Hingga saat ini, ia sudah dimainkan Low dalam 104 pertandingan di sepuluh kompetisi berbeda.

Baca Juga: 6 Kandidat Pengganti Joachim Low di Timnas Jerman, Siapa Saja Mereka?

4. Lukas Podolski

6 Pemain Jerman dengan Caps Terbanyak saat Ditangani Joachim LowLukas Podolski (goal.com)

Pemain berikutnya ini juga sudah cukup senior, yakni Lukas Podolski. Namun berbeda dengan pemain-pemain sebelumnya, ia sudah tak lagi membela Timnas Jerman karena sudah memutuskan pensiun dari timnas pada tahun 2016 lalu.

Pemain 35 tahun ini sebenarnya masih aktif bermain dengan membela klub Turki, Antalyaspor. Podolski sendiri sempat menjadi tumpuan di lini depan Der Panser. Ia menjalani debut bersama Timnas Jerman pada 6 Juni 2004. Low memainkannya dalam 97 pertandingan dengan torehan 34 gol dan 26 assist.

5. Mesut Ozil

6 Pemain Jerman dengan Caps Terbanyak saat Ditangani Joachim LowMesut Ozil (bleacherreport.com/Alexander Hassenstein)

Pemain kelima dalam daftar ini adalah Mesut Ozil yang saat ini juga jarang dipanggil Timnas Jerman. Kariernya yang bermasalah dengan Arsenal membuatnya kehilangan tempat di Timnas Jerman. Setelah hengkang dari The Gunners, saat ini Ozil membela klub Turki, Fenerbahce.

Pemain yang kini berusia 32 tahun tersebut pernah bersinar bersama Real Madrid dan awal karier di Arsenal. Ia menjalani debut bersama Timnas Jerman pada 11 Februari 2009. Di bawah asuhan Joachim Low, Ozil membela timnas dalam 92 pertandingan dengan torehan 23 gol dan 40 assist.

6. Philipp Lahm

6 Pemain Jerman dengan Caps Terbanyak saat Ditangani Joachim LowPhilipp Lahm (fifa.com)

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Philipp Lahm yang dipercaya Joachim Low sebagai kapten tim sebelum gantung sepatu. Lahm merupakan salah satu bek kanan terbaik saat aktif bermain. Dia sudah menjalani pertandingan internasional bersama Jerman pada 18 Februari 2004 saat ditangani Rudi Voller.

Di tangan Low, Lahm juga menjadi pilar utama. Di mana pemain yang gantung sepatu pada tahun 2017 itu dimainkan dalam 88 pertandingan. Lahm menjadi bagian Jerman saat menjuarai Piala Dunia 2014 lalu. Beroperasi di lini belakang, ia mencatatkan 3 gol dan 16 assist. 

 

Perpisahan Joachim Low dan Timnas Jerman memang tidak berakhir manis. Namun torehan satu trofi Piala Dunia 2014 sudah membuktikan jika Low merupakan pelatih yang berkualitas. Beban tentu saja ada dipundak Hansi Flick yang dituntut bisa lebih baik dari Low.

Baca Juga: Persembahan Terakhir Joachim Low untuk Timnas Jerman

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya