Pemain Kroasia dengan Menit Bermain Terbanyak di Piala Dunia 2022

Deretan pemain kunci hingga menjadi peringkat ketiga

Kroasia menunjukkan jika pencapaian pada Piala Dunia 2018 bukanlah sebuah kebetulan belaka. Kala itu, tim berjuluk Vatreni melaju hingga final sebelum ditaklukkan Prancis. Pada Piala Dunia 2022 Qatar, Kroasia masih tetap konsisten bersaing hingga fase akhir.

Luka Modric dan kolega mengakhiri ajang ini dengan menempati posisi ketiga. Sepanjang turnamen, ada beberapa pemain Kroasia yang menunjukkan performa apik. Tak heran jika beberapa pemain itu menjadi andalan Zlatko Dalic, pelatih Kroasia.

Mereka menjadi pemain kunci yang hampir dimainkan setiap laga. Siapa saja pemain Kroasia dengan menit bermain terbanyak di Piala Dunia 2022?

1. Dominik Livakovic

Pemain Kroasia dengan Menit Bermain Terbanyak di Piala Dunia 2022Dominik Livakovic (twitter.com/HNS_CFF)

Pemain Kroasia dengan menit bermain terbanyak di Piala Dunia 2022 adalah Dominik Livakovic. Di posisi penjaga gawang, Timnas Kroasia membawa tiga kiper. Namun, kiper yang paling jadi andalan adalah Livakovic. Kiper Dinamo Zagreb ini dipercaya tampil dalam tujuh pertandingan.

Secara total, kiper 27 tahun ini mencatatkan 390 menit bermain di Piala Dunia 2022. Livakovic menjadi salah satu pemain kunci Kroasia hingga melaju menjadi peringkat ketiga. Dari penampilannya tersebut, ia menorehkan 2 clean sheet dan kebobolan 7 gol.

2. Josko Gvardiol

Pemain Kroasia dengan Menit Bermain Terbanyak di Piala Dunia 2022Josko Gvardiol (twitter.com/HNS_CFF)

Josko Gvardiol menjadi pemain kedua Timnas Kroasia dengan menit bermain terbanyak di Piala Dunia 2022 Qatar. Selama bermain di ajang ini, pemain 20 tahun itu juga mencatatkan 690 menit.

Ia memainkan tujuh pertandingan secara penuh. Dari penampilannya tersebut, ia mencetak satu gol saat laga perebutan tempat ketiga.

Pemain RB Leipzig ini memang menjadi andalan di lini belakang Kroasia saat ini. Ia sudah menjalani debut bersama Timnas Kroasia sejak Juni 2021. Hingga laga melawan Maroko, ia telah mencatatkan 19 caps bersama Vatreni.

Baca Juga: Mengenang Kiprah Kroasia saat Jadi Peringkat Ketiga Piala Dunia 1998

3. Ivan Perisic

Pemain Kroasia dengan Menit Bermain Terbanyak di Piala Dunia 2022Ivan Perisic (twitter.com/FIFAWorldCup)

Berikutnya, ada Ivan Perisic yang mengisi pos gelandang kiri. Di Piala Dunia 2022 Qatar, gelandang Tottenham Hotspur ini juga tampil menjanjikan.

Pemain 33 tahun ini berkontribusi 1 gol dan 3 assist untuk Kroasia. Di ajang ini, Perisic pribadi telah memainkan laga dengan total 671 menit bermain.

Ia juga main dalam tujuh pertandingan yang dilakoni Vatreni. Debut sejak Maret 2011, Perisic pun telah mencatatkan 123 caps bersama Timnas Kroasia dengan torehan 33 gol.

4. Luka Modric

Pemain Kroasia dengan Menit Bermain Terbanyak di Piala Dunia 2022Luka Modric (twitter.com/HNS_CFF)

Luka Modric menjadi salah satu gelandang tengah senior yang dibawa Kroasia ke Piala Dunia 2022 Qatar. Saat ini, Modric sudah menginjak usia 35 tahun.

Meski sudah tak muda lagi, pemain Real Madrid ini justru masih mendapat porsi bermain yang cukup banyak. Dipercaya sebagai kapten tim, ia main di Piala Dunia 2022 dalam 656 menit.

Sama seperti pemain lain, Modric mencatatkannya dalam tujuh pertandingan. Bersama Timnas Kroasia, mantan pemain Tottenham Hotspur ini telah mengoleksi 162 caps. Piala Dunia tahun ini kemungkinan besar jadi kesempatan terakhir Luka Modric.

5. Mateo Kovacic

Pemain Kroasia dengan Menit Bermain Terbanyak di Piala Dunia 2022Mateo Kovacic (twitter.com/FrankKhalidUK)

Mateo Kovacic adalah pemain Timnas Kroasia dengan menit bermain terbanyak di Piala Dunia 2022 Qatar berikutnya. Sama seperti beberapa pemain sebelumnya, Kovacic juga jadi andalan di lini tengah Vatreni.

Ia menjadi duet Modric di lini tengah Kroasia pada gelaran tahun ini. Secara total, pemain 28 tahun ini bermain dalam 639 menit.

Ia dipercaya tampil dalam tujuh laga bersama Kroasia. Namun, ia juga harus diganti pada lima laga di antaranya. Menjalani debut pada Maret 2013, hingga kini ia sudah mencatatkan 91 caps bersama Vatreni.

Sederet pemain tersebut jelas jadi kunci keberhasilan Kroasia hingga menjadi peringkat ketiga Piala Dunia 2022. Menurut kamu, siapa pemain Kroasia terbaik pada edisi kali ini?

Baca Juga: 7 Pencetak Gol Timnas Kroasia di Piala Dunia 2022, Kontributif! 

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya