Comscore Tracker

7 Pemain Manchester United dengan Gol Terbanyak di Era Alex Ferguson

Wayne Rooney hingga CR7!

Manchester United sangat dekat dengan sosok Sir Alex Ferguson. Bagaimana tidak, pelatih berkebangsaan Skotlandia itu menjadi sosok yang membawa United berjaya. Sulit bagi Setan merah untuk mencari pengganti Alex Ferguson setelah pensiun pada tahun 2013 lalu. Buktinya, hingga kini MU belum mampu meraih trofi Premier League setelah terakhir pada musim 2012/2013 atau terakhir kali dilatih Fergie.

Tak hanya jago meramu strategi, Fergie juga bisa memaksimalkan potensi yang dimiliki sang pemain khususnya dalam mencetak gol. Cukup banyak pemain subur yang pernah dilatihnya, bahkan tak sedikit yang menjadi top skor sepanjang masa bagi MU. Lantas siapa saja pemain Manchester United dengan gol terbanyak di era Alex Ferguson? Berikut ulasannya.

1. Wayne Rooney (197 Gol)

7 Pemain Manchester United dengan Gol Terbanyak di Era Alex Fergusonpremierleague.com

Wayne Rooney menjadi Manchester United dengan gol terbanyak di era Sir Alex Ferguson. Striker berkebangsaan Inggris ini baru saja memutuskan gantung sepatu. Rooney sendiri membela Setan merah selama 13 musim. Menjadi salah satu pembelian tersukses, ia dilatih Alex Ferguson selama 9 musim.

Selama ditangani Fergie, Rooney sukses mencetak 197 gol setelahddimainkan Fergie dalam 402 pertandingan di sembilan kompetisi berbeda. Jumlah tersebut mengungguli punggawa United lainnya. Bahkan hingga saat ini, sosok 35 tahun itu masih berstatus sebagai pencetak gol terbanyak sepanjang sejarah MU.

2. Ryan Giggs (162 Gol)

7 Pemain Manchester United dengan Gol Terbanyak di Era Alex Fergusonmanutd.com/Dean Mouhtaropoulo/Getty Images

Ryan Giggs merupakan salah satu legenda yang dimiliki Manchester United. Pemain gelandang ini menjadi pemain akademi yang di orbitkan oleh Alex Ferguson. Ia pun hanya membela Setan merah sepanjang kariernya. Tepatnya sejak musim 1991/1992 hingga satu musim setelah Fergie pensiun yakni 2013/2014.

Meskipun berposisi sebagai gelandang, Fergie mampu membuat Giggs tampil cukup produktif. Pemain berkebangsaan Wales ini dimainkan Fergie dalam 908 pertandingan di 13 kompetisi berbeda selama 23 musim. Ia berhasil mencatatkan 162 gol dari penampilannya tersebut.

3. Paul Scholes (152 Gol)

7 Pemain Manchester United dengan Gol Terbanyak di Era Alex Fergusonmanutd.com

Gelandang Manchester United lainnya yang tak kalah subur saat dilatih Alex Ferguson adalah Paul Scholes. Sama seperti Giggs, Scholes juga menjadipemain aakademi yang di orbitkan Fergie. Scholes hanya membela United sepanjang karier sepak bolanya bahkan selalu dilatih Fergie.

Mengawali karier profesionalnya pada musim 1994/1995, pemain asal Inggris ini memutuskan gantung sepatu pada tahun 2013. Selama 19 musim ditangani Fergie, Scholes sukses mencetak 107 gol. Jumlah tersebut ia torehkan dari 710 penampilan di sebelah kompetisi berbeda. 

4. Ruud van Nistelrooy (150 Gol)

7 Pemain Manchester United dengan Gol Terbanyak di Era Alex Fergusonmanutd.com

Ruud van Nistelrooy merupakan striker yang didatangkan Alex Ferguson ke Manchester United. Pemain berkebangsaan Belanda itu berseragam United pada musim 2001/2002 hingga musim 2005/2006. Meskipun tidak terlalu lama ditangani Fergie, ia menjelma menjadi striker tajam.

Selama lima musim merasakan tangan dingin Fergie, Nistelrooy menorehkan 150 gol. Padahal ia hanya dimainkan Fergie dalam 219 pertandingan di enam kompetisi berbeda. Ia telah gantung sepatu dari sepak bola pada tahun 2012.

Baca Juga: 5 Pemain Belanda Terbaik Man United di Bawah Asuhan Sir Alex Ferguson

5. Ole Gunnar Solskjaer (127 Gol)

7 Pemain Manchester United dengan Gol Terbanyak di Era Alex Fergusonmanutd.com

Ole Gunnar Solskjaer merupakan sosok pelatih yang menangani Manchester United saat ini. Saat menjadi pemain, pria asal Norwegia ini juga pernah berseragam ditangani Sir Alex Ferguson. Tepatnya pada musim 1995/1996 hingga akhir kariernya pada musim 2006/2007. Sebagai seorang gelandang, Solskjaer tampil cukup produktif.

Pemain berkebangsaan Norwegia itu dimainkan Fergie dalam 365 pertandingan di sembilan kompetisi berbeda. Selama sepuluh musim tersebut, Solskjaer mencatatkan 127 gol. Ia tentu diharapkan bisa mengikuti jejak sang guru dengan sukses bersama MU.

6. Andy Cole (121 Gol)

7 Pemain Manchester United dengan Gol Terbanyak di Era Alex Fergusonmanutd.com

Sebelum mengandalkan Ruud van Nistelrooy, Sir Alex Ferguson lebih dulu menjadikan Andy Cole sebagai andalan di lini depan Manchester United. Tak kalah dengan pemain lainnya, striker yang satu ini juga menjadi pemain yang cukup tajam.

Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2008 tersebut, menjadi bagian skuat Fergie sejak tahun 1995 hingga 2002. Pemain berkebangsaan Inggris ini mencetak 121 gol selama ditangani Fergie. Jumlah tersebut ia torehkan dari 274 penampilan di sembilan kompetisi berbeda.

7. Cristiano Ronaldo (118 Gol)

7 Pemain Manchester United dengan Gol Terbanyak di Era Alex Fergusonpremierleague.com

Megabintang Cristiano Ronaldo juga menjadi salah satu pemain dengan gol terbanyak saat ditangani Alex Ferguson. Manchester United dan Fergie tentu saja sangat berjasa dalam karier Ronaldo karena berhasil melambangkan namanya. Pemain asal Portugal ini berseragam United pada musim 2003/2004 hingga 2008/2009.

CR7 dimainkan Fergie dalam 292 pertandingan di enam kompetisi berbeda selama enam musim tersebut. Pemain yang kini berusia 35 tahun itu sukses menceploskan 118 gol bersama United. Saat ini Ronaldo membela Juventus dan masih terbuka peluang kembali membela United.

Itulah tujuh pemain Manchester United dengan gol terbanyak di era Sir Alex Ferguson. Cukup banyak pemain yang bersinar selama dilatih Fergie. Menurut kamu, siapa pemain terbaik yang ditangani pelatih Skotlandia tersebut?

Baca Juga: 5 Pembelian Terbaik Manchester United Pasca Era Sir Alex Ferguson

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya