Comscore Tracker

6 Pemain Muda Terbaik yang Didatangkan Arsenal Saat Era Arsene Wenger

Fabregas hingga Thierry Henry! 

Arsene Wenger menjadi pelatih yang cukup lama membesut Arsenal, yaitu sejak musim 1996/1997 hingga 2017/2018. Selama lebih dari 20 tahun, pelatih asal Prancis ini sangat berjasa dalam mengantarkan Arsenal meraih berbagai gelar bergengsi. Tak hanya itu, Wenger juga cukup sukses dalam mengorbitkan para pemain muda hingga menjadi bintang. 

Wenger dikenal sebagai pelatih yang cukup jeli dalam perekrutan pemain muda. Tak jarang pemain-pemain muda yang ia rekrut menjadi pemain yang disegani. Berikut daftar pemain muda terbaik yang didatangkan Arsenal saat era Arsene Wenger. 

1. Cesc Fabregas

6 Pemain Muda Terbaik yang Didatangkan Arsenal Saat Era Arsene Wengergoal.com

Pemain pertama ada Cesc Fabregas yang didatangkan Arsene Wenger dari akademi La Masia. Meskipun baru berusia 16 tahun saat direkrut, Fabregas langsung bergabung dengan tim utama The Gunners. Pemain asal Spanyol tersebut menjadi pemain termuda yang debut dalam sejarah Arsenal. Tepatnya saat Fabregas berusia 16 tahun, 5 bulan dan 24 hari.

Dibeli dengan harga 3,2 juta euro, Fabregas menjelma menjadi gelandang berkualitas di bawah asuhan Wenger. Sembilan musim berseragam Arsenal, Fabregas tampil dalam 304 pertandingan di semua kompetisi. Pemain yang kini berusia 33 tahun tersebut sukses mencetak 57 gol dan 92 assist

2. Emmanuel Adebayor

6 Pemain Muda Terbaik yang Didatangkan Arsenal Saat Era Arsene WengerSumber

Pemain berikutnya berasal dari Togo yaitu Emmanuel Adebayor. Adebayor direkrut Arsenal pada musim 2005/2006 dari AS Monaco. Saat itu pemain penyerang ini masih berusia 21 tahun dan ditebus The Gunners dengan harga 10 juta euro. Meskipun masih cukup muda, Adebayor cukup tajam saat membela Arsenal.

Kurang dari empat musim bersama Arsenal, Adebayor tampil dalam 142 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai seorang striker, ia sukses mencetak 62 gol dan 22 assist. Dengan penampilan apiknya tersebut, Arsenal cukup untung saat menjualnya ke Manchester City dengan harga 29 juta euro.

3. Nicolas Anelka

6 Pemain Muda Terbaik yang Didatangkan Arsenal Saat Era Arsene Wengerarsenal.com

Penyerang lainnya yang direkrut Arsenal saat usianya masih muda adalah Nicolas Anelka. Pemain asal Prancis tersebut dibeli The Gunners saat usia 17 tahun. Tepatnya pada musim 1996/1997 dari Paris Saint-Germain. Meskipun belum genap berusia 20 tahun, Anelka tampil luar biasa bersama Arsenal.

Anelka membela Arsenal kurang dari tiga musim. Ia mencatatkan 26 gol dan 11 assist dari 82 penampilan di semua kompetisi. Anelka turut mengantarkan The Gunners meraih trofi Premier League dan Piala FA. Dibeli hanya dengan 760 ribu euro, Anelka dijual Arsenal ke Real Madrid dengan harga 35 juta euro. Hal tersebut membuktikan Arsenal sukses menempa potensi yang dimiliki Anelka.

4. Patrick Vieira 

6 Pemain Muda Terbaik yang Didatangkan Arsenal Saat Era Arsene Wengergoal.com

Patrick Vieira menjadi salah satu legenda yang dimiliki Arsenal. Pemain asal Prancis ini membela Arsenal selama sembilan musim. Tepatnya sejak musim 1996/1997 hingga musim 2004/2005. Arsenal merekrut Vieri dari AC Milan dengan harga 5,35 juta euro. Saat direkrut Arsenal, Vieira juga masih cukup muda yaitu menginjak usia 20 tahun.

Potensi yang dimiliki Vieira digunakan dengan sangat baik oleh Arsene Wenger. Selama berseragam Arsenal, Vieira tampil dalam 392 pertandingan. Sebagai gelandang bertahan, ia mencatatkan 33 gol dan 36 assist. Selain itu, ia juga membantu Arsenal dalam meraih tiga gelar Premier League dan empat gelar Piala FA.

Baca Juga: 10 Pemain Arsenal dengan Pendapatan Tertinggi Musim Ini, Fantastis!

5. Robin Van Persie

6 Pemain Muda Terbaik yang Didatangkan Arsenal Saat Era Arsene Wengergoal.com

Robin van Persie juga salah satu pemain yang direkrut Arsene Wenger saat usianya masih muda. Striker Belanda tersebut bergabung dengan Arsenal pada musim 2014 dari Feyenoord. Diusianya yang baru 21 tahun, Van Persie ditebus The Gunners dengan harga 4,5 juta euro. Sebagai striker muda, ia cukup banyak diberi kesempatan tampil oleh Wenger.

Selama tigabelas musim berseragam Arsenal, ia menjalani 278 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai penyerang, Van Persie cukup tajam dengan torehan 132 gol dan 56 assist. Pada musim 2012, ia dijual Arsenal ke tim Premier League lain yakni Manchester United dengan harga 30,7 juta euro.

6. Thierry Henry

6 Pemain Muda Terbaik yang Didatangkan Arsenal Saat Era Arsene Wengerindependent.co.uk

Thierry Henry layak disebut sebagai pembelian tersukses Arsene Wenger selama menangani Arsenal. Pemain Prancis tersebut direkrut The Gunners saat usianya masih cukup muda. Arsenal mendatangkan Henry dari Juventus pada musim 1999/2000. Mereka mengeluarkan dana hingga 16,1 juta euro untuk dapatkan penyerang yang saat itu berusia 22 tahun.

Membela The Gunners selama delapan musim, Henry mencatatkan 375 pertandingan di semua kompetisi. Berbagai prestasi telah ia raih bersama Arsenal, di antaranya 228 gol, 94 assist, 2 kali Player of the Year, 3 kali juara Piala FA serta 2 kali juara Premier League. Sama seperti pemain lainnya, Henry juga memberikan keuntungan finansial untuk Arsenal setelah dijual ke Barcelona dengan harga 24 juta euro.

Itulah enam pemain terbaik yang direkrut Arsene Wenger ke Arsenal saat usianya masih muda. Tak hanya membantu Arsenal meraih gelar, pemain-pemain tersebut juga memberikan keuntungan finansial saat mereka dijual. Siapa pemain yang menjadi favoritmu? 

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Kariernya Anjlok di Arsenal Akibat Cedera Parah

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya