Comscore Tracker

5 Pemain Non-Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Premier League

Tak kalah dengan pemain lokal!

Premier League menjadi salah satu kompetisi sepak bola paling bergengsi di Eropa bahkan dunia. Persaingan ketat hingga pemain-pemainnya yang berkualitas membuat kasta teratas liga Inggris ini memang tak boleh dilewatkan. Sejak dimulai era baru pada musim 1992/1993, cukup banyak pemain yang telah mencatatkan penampilan menawan di Premier League.

Salah satunya yaitu sukses mencatatkan penampilan terbanyak dalam sejarah Premier League. Beberapa dari pemain tersebut merupakan pemain asing, atau non-Inggris yang menjadi andalan klub Premier League cukup lama hingga layak disebut legenda. Lalu siapa saja pemain asing dengan penampilan terbanyak di Premier League? Berikut ulasannya.

1. Ryan Giggs (Wales) - 632 penampilan 

5 Pemain Non-Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguetwitter.com/premierleague

Ryan Giggs menjadi pemain asing dengan penampilan terbanyak di Premier League. Giggs merupakan legenda Manchester United yang berasal dari Wales. Menjalani debut pada musim 1992/1993, Giggs telah tampil dalam 632 laga di Premier League.

Jumlah tersebut ia mainkan bersama satu klub saja yaitu Manchester United. Giggs terbilang cukup sukses selama bermain di Premier League, ia berhasil menjadi juara sebanyak 13 kali. Sementara untuk catatan pribadi sebagai seorang gelandang, Giggs mencatatkan 109 gol dan 162 assist. Ryan Giggs mengakhiri karier sebagai pemain pada tahun 2014.

2. Gary Speed (Wales) - 535 penampilan

5 Pemain Non-Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leagueevertonfc.com

Pemain asing berikutnya yang memiliki jumlah penampilan cukup banyak di Premier League adalah Gary Speed. Pemain yang juga berasal dari Wales ini telah meninggal dunia pada tahun 2011 saat berusia 42 tahun. Sepanjang kariernya di Premier League, Speed membela empat tim berbeda dengan catatan 535 penampilan.

Keempat tim Premier League yang pernah ia bela yaitu Leeds United, Everton, Newcastle United dan Bolton Wonderes. Berposisi sebagai gelandang, Speed mencatatkan 80 gol dan 44 assist. Speed sendiri telah mengakhiri kariernya pada tahun 2010.

3. Mark Schwarzer (Australia) - 514 penampilan

5 Pemain Non-Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguetwitter.com/ChelseaFC

Tak hanya pemain Eropa, pemain asing dengan penampilan terbanyak di Premier League juga ada yang berasal dari Asia. Pemain tersebut yaitu Mark Schwarzer yang berasal dari Australia. Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini tampil cukup lama di kasta teratas liga Inggris. Tepatnya sejak musim 1996/1997 hingga mengakhiri kariernya pada 2014/2015, saat usianya menginjak 42 tahun.

Selama berkarier di Premier League, Schwarzer membela cukup banyak klub, di antaranya ada Bradford, Middlesbrough, Fulham, Leicester City hingga Chelsea. Bersama klub-klub tersebut, ia tampil dalam 514 pertandingan Premier League dengan catatan 151 clean sheet. Ia juga sukses meraih trofi Premier League saat berseragam Leicester City.

Baca Juga: 8 Pemain Asing yang Raih Trofi LaLiga Bersama 2 Tim Berbeda, Gemilang!

4. Sylvain Distin (Prancis) - 469 penampilan

5 Pemain Non-Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguetransfermarkt.com

Pemain berikutnya juga menjadi sosok penting di lini belakang, yakni Sylvain Distin yang berposisi sebagai bek tengah. Pemain berkebangsaan Prancis ini juga cukup lama berkarier di kasta teratas liga Inggris. Distin mengawali karier di Premier League bersama Newcastle United pada musim 2001/2002.

Setelah membela  beberapa klub, ia akhirnya gantung sepatu pada akhir 2015/2016 bersama Bournemouth. Klub Premier League lain yang pernah ia bela ada Manchester City, Portsmouth dan Everton. Distin mencatatkan 469 penampilan di Premier League dengan torehan 7 gol, 6 assist dan 121 clean sheet. Sayangnya ia tak mampu menjuarai Premier League hingga akhir kariernya.

5. Aaron Hughes (Irlandia Utara) - 455 penampilan

5 Pemain Non-Inggris dengan Penampilan Terbanyak di Premier Leaguenufc.co.uk

Pemain kelima yang catatkan penampilan cukup banyak di Premier League ada Aaron Hughes. Pemain berposisi sebagai bek ini berasal dari Irlandia Utara. Hughes tampil di Premier League selama 17 musim, tepatnya sejak 1997/1998 hingga 2013/2014.

Dalam kurun waktu tersebut, ia mencatatkan 455 penampilan di Premier League. Berposisi sebagai bek sayap, Hughes mencatatkan 5 gol, 14 assist dan 121 clean sheet. Newcastle United, Aston Villa hingga Fulham menjadi klub yang pernah ia bela. Sama seperti Distin, ia juga tak mampu menjuarai Premier League. 

Meskipun berstatus pemain asing, pemain-pemain tersebut tak kalah dengan pemain lokal Inggris. Siapa pemain asing favoritmu yang pernah berkarier di Premier League?

Baca Juga: 8 Pemain Asing dengan Gol Terbanyak di Bundesliga, Lewandowski Teratas

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya