5 Pemain Paling Diandalkan Carlo Ancelotti di Liga Champions

Semuanya menjadi andalan di AC Milan 

Carlo Ancelotti menjadi salah satu pelatih yang bergelimang prestasi. Juru taktik asal Italia tersebut sudah pernah menangani banyak klub elite Eropa. Di antaranya ada Juventus, AC Milan, Chelsea, Bayern Munich, dan Real Madrid.

Di ajang Liga Champions Eropa, prestasi Ancelotti juga cukup menakjubkan. Hingga saat ini, pria berusia 63 tahun itu telah merengkuh empat trofi Liga Champions.

Dalam meraih kesuksesan tersebut, Don Carlo mengandalkan banyak pemain. Lantas, siapa saja pemain paling diandalkan Carlo Ancelotti di Liga Champions?

1. Andrea Pirlo

5 Pemain Paling Diandalkan Carlo Ancelotti di Liga ChampionsAndrea Pirlo (uefa.com)

Andrea Pirlo menjadi pemain paling diandalkan Carlo Ancelotti di Liga Champions. Gelandang asal Italia ini menjadi andalan Ancelotti di AC Milan setelah bergabung pada 2001.

Selama ditangani Ancelotti, Pirlo dimainkan dalam 65 pertandingan Liga Champions. Dari penampilannya tersebut, ia sukses mencetak 6 gol dan 10 assist.

Ia pun menjadi bagian AC Milan dalam merengkuh dua trofi Liga Champions bersama Ancelotti. Itu terjadi pada 2002/2003 dan 2006/2007.

2. Clarence Seedorf

5 Pemain Paling Diandalkan Carlo Ancelotti di Liga ChampionsClarence Seedorf (uefa.com)

Clarence Seedorf menjadi salah satu pemain andalan Carlo Ancelotti di Liga Champions. Sama seperti Pirlo, gelandang asal Belanda ini juga andalan Ancelotti saat menangani AC Milan. Selama 7 musim dilatih Don Carlo, Seedorf tampil dalam 65 pertandingan di Liga Champions.

Sebagai pemain gelandang tengah, Seedorf cukup produktif dengan raihan 7 gol dan 14 assist. Ia juga menjadi bagian AC Milan dalam meraih dua trofi Liga Champions.

Baca Juga: 10 Potret Sandro Tonali, Andalan AC Milan yang Dijuluki The Next Pirlo

3. Dida

5 Pemain Paling Diandalkan Carlo Ancelotti di Liga ChampionsDida (uefa.com)

Dida menjadi pemain yang diandalkan Carlo Ancelotti di bawah mistar gawang. Sejak direkrut, kiper asal Brasil ini pun langsung menjadi pemain utama di bawah asuhan Ancelotti. Dida dimainkan Ancelotti dalam 61 pertandingan di Liga Champions.

Sama seperti pemain lainnya, pria bernama lengkap Nelson de Jesus Silva ini juga turut mengantarkan AC Milan meraih dua trofi Liga Champions. Setelah meninggalkan Milan, karier Dida menurun hingga gantung sepatu pada 2016.

4. Paolo Maldini

5 Pemain Paling Diandalkan Carlo Ancelotti di Liga ChampionsPaolo Maldini (uefa.com)

Pemain berikutnya juga beroperasi di lini belakang. Ia adalah Paolo Maldini. Sang bek sendiri merupakan produk akademi AC Milan. Ia menjadi bagian penting Rossoneri di bawah asuhan Don Carlo.

Di ajang Liga Champions, Maldini dimainkan Ancelotti dalam 61 pertandingan. Sebagai bek kiri, ia memiliki peran penting dalam bertahan maupun menyerang. Maldini tentu saja turut menjadi bagian Ancelotti dalam meraih dua trofi Liga Champions bersama AC Milan.

5. Gennaro Gattuso

5 Pemain Paling Diandalkan Carlo Ancelotti di Liga ChampionsGennaro Gattuso (uefa.com)

Sama seperti keempat pemain sebelumnya, Gennaro Gattuso juga menjadi andalan Carlo Ancelotti di AC Milan. Kurang lebih 8 musim di bawah asuhan sang pelatih, Gattuso tampil dalam 60 laga di Liga Champions.

Gattuso menjadi bagian kesuksesan Ancelotti meraih dua trofi Liga Champions bersama AC Milan. Pemain asal Italia ini telah gantung sepatu pada 2013 setelah sempat membela FC Sion.

Semua pemain dalam daftar ini menjadi andalan Carlo Ancelotti saat menukangi AC Milan. Don Carlo memang cukup sukses bersama Rossoneri termasuk di ajang Liga Champions.

Baca Juga: 5 Pemain AC Milan yang Paling Sering Tampil Bareng Paolo Maldini

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya