8 Pemain Paling Mematikan yang Pernah Membela Liverpool, Para Legenda!

Ian Rush hingga Mo salah!

Liverpool menjadi salah satu klub asal Inggris yang cukup konsisten bersaing di papan atas. Mereka juga berstatus sebagai klub Inggris tersukses di Liga Champions. Kecemerlangan The Reds tersebut tentu saja tak lepas dari peran para pemainnya. Sebagai klub elite, Liverpool kerap diperkuat pemain-pemain berkualitas.

Seperti saat ini ada Mohamed Salah maupun Sadio Mane yang menjadi mesin gol. Namun ternyata, kedua pemain tersebut bukanlah yang pertama. Sudah banyak pemain mematikan yang pernah membela The Kops. Pemain-pemain itu pun masih tercatat dalam sejarah Liverpool hingga saat ini. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Ian Rush (324 Gol)

8 Pemain Paling Mematikan yang Pernah Membela Liverpool, Para Legenda!liverpoolfc.com

Pemain paling mematikan yang pernah berseragam Liverpool adalah Ian Rush. Pemain berkebangsaan Wales ini menjadi andalan Liverpool pada era 80an. Kurang lebih Rush menjadi bagian The Kops selama 15 musim. Selama berseragam Si Merah, Rush sukses mengoleksi 324 gol dari 630 pertandingan di semua kompetisi.

2.  Steven Gerrard (186 Gol)

8 Pemain Paling Mematikan yang Pernah Membela Liverpool, Para Legenda!liverpoolfc.com

Pemain berikutnya merupakan seorang legenda Liverpool, siapa lagi kalau bukan Steven Gerrard. Meskipun berposisi sebagai gelandang, pemain asal Inggris ini cukup produktif. Gerrard membela The Reds pada musim 1996/1997 hingga 2014/2015. Sebagai produk asli akademi, Gerrard membela Liverpool dalam 710 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut, pemain yang sempat menjadi kapten ini mencatatkan 186 gol.

3.  Robbie Fowler (183 Gol)

8 Pemain Paling Mematikan yang Pernah Membela Liverpool, Para Legenda!skysports.com

Berikutnya Robbie Fowler yang tak kalah mematikan ketika membela Liverpool. Striker asal Inggris ini merupakan pemain lulusan akademi Liverpool yang mengawali karier profesional pada tahun 1993. Secara total, ia membela The Reds selama sembilan musim. Selama berseragam Liverpool, Fowler menyumbangkan 183 gol dari 369 penampilan di semua kompetisi.

4. Roger Hunt (168 Gol)

8 Pemain Paling Mematikan yang Pernah Membela Liverpool, Para Legenda!twitter.com/lfc

Jauh sebelum pemain-pemain tersebut, Roger Hunt lebih dulu menjadi pemain Liverpool paling mematikan. Di mana pemain berkebangsaan Inggris ini membela The Reds sejak tahun 1958 hingga musim 1969. Cukup lama membela Liverpool membuatnya juga mencatatkan gol yang tak sedikit. Hunt sukses menggelontorkan 168 gol dari 301 pertandingan di semua kompetisi bersama Liverpool.

5.  Michael Owen (158 Gol)

8 Pemain Paling Mematikan yang Pernah Membela Liverpool, Para Legenda!goal.com

Pemain berikutnya juga merupakan pemain yang lulus dari akademi Liverpool. Michael Owen mengawali karier profesionalnya pada tahun 1997. Striker asal Inggris ini bertahan di Liverpool hingga musim 2003/2004. Bersama The Reds, Owen mencatatkan 158 gol dari 297 penampilan di semua kompetisi.

Baca Juga: 7 Klub Top Eropa yang Paling Sering Degradasi, Ada MU dan Liverpool! 

6. Sir Kenny Dalglish (151 Gol)

8 Pemain Paling Mematikan yang Pernah Membela Liverpool, Para Legenda!skysports.com

Legenda Liverpool lainnya yakni Sir Kenny Dalglish juga catatkan gol yang cukup banyak bersama Liverpool. Pemain berkebangsaan Skotlandia ini membela The Reds sejak tahun 1977 hingga gantung sepatu tahun 1990. Sebagai seorang striker, Dalglish sukses mengoleksi 151 gol dari 479 pertandingan di semua kompetisi bersama Liverpool.

7. John Barnes (107 Gol)

8 Pemain Paling Mematikan yang Pernah Membela Liverpool, Para Legenda!goal.com

Tak hanya Steven Gerrard, gelandang lainnya yang juga memiliki catatan gol cukup banyak saat membela Liverpool ada John Barnes. Gelandang asal Inggris ini menjadi andalan The Reds sejak musim 1987/1988 hingga 1997/1998. Masa-masa itu merupakan puncak kejayaan dari Barnes. Selama membela The Kops, Barnes sukses mencetak 107 gol dar 403 pertandingan di semua kompetisi.

8. Mohamed Salah (106 Gol)

8 Pemain Paling Mematikan yang Pernah Membela Liverpool, Para Legenda!premierleague.com

Mohamed Salah menjadi penyerang andalan Liverpool saat ini. Pemain asal Mesir ini bergabung dengan The Reds pada musim 2017/2018. Salah menjadi salah satu pemain yang mengantarkan Liverpool berjaya dalam beberapa musim ini. Hingga saat ini, Salah mencatatkan 106 gol dari 170 penampilan di semua kompetisi. Jika ia terus konsisten, bukan tak mungkin Salah mampu memecahkan rekor gol terbanyak The Reds.

Selain nama-nama tersebut, tentu saja masih banyak pemain lain yang tak kalah mematikan ketika membela Liverpool. Siapa pemain yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Rekrutan Terbaik Jurgen Klopp yang Sukses Membawa Liverpool Berjaya

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya