5 Pemain Prancis dengan Penampilan Terbanyak di Premier League, Sukses

Deretan pemain Legandaris!

Prancis merupakan negara di benua Eropa yang melahirkan bintang-bintang pesepak bola. Berkat kualitas yang dimiliki, tak sedikit pemain Prancis yang menjadi andalan klub Premier League. Sebagai kompetisi bergengsi di Eropa, Premier League memang menawarkan daya tarik tersendiri termasuk bagi pemain Prancis.

Di musim 2020/2021 ini saja, Prancis menjadi negara pemasok pemain asing terbanyak di Premier League. Total ada 33 pemain Prancis yang berlaga di Premier League musim ini. Dalam sejarah, ada beberapa pemain Prancis yang catatkan penampilan cukup banyak di Premier League. Lantas siapa saja pemain Prancis dengan penampilan terbanyak di Premier League? Check it out!

1. Sylvain Distin - 469 penampilan

5 Pemain Prancis dengan Penampilan Terbanyak di Premier League, Suksestransfermarkt.com

Pemain Prancis dengan penampilan terbanyak di Premier League adalah Sylvain Distin. Pemain berposisi sebagai bek tengah ini cukup lama berkarier di kasta teratas liga Inggris. Distin mengawali karier di Premier League bersama Newcastle United pada musim 2001/2002.

Setelah membela beberapa klub, ia akhirnya gantung sepatu pada akhir 2015/2016 bersama Bournemouth. Klub Premier League lain yang pernah ia bela ada Manchester City, Portsmouth dan Everton. Distin mencatatkan 469 penampilan di Premier League dengan torehan 7 gol, 6 assist dan 121 clean sheet. Sayangnya ia tak mampu menjuarai Premier League hingga akhir kariernya.

2. Nicolas Anelka - 364 penampilan

5 Pemain Prancis dengan Penampilan Terbanyak di Premier League, Suksestelegraph.co.uk

Nicolas Anelka menjadi pemain Prancis yang malang melintang di Premier League. Mengawali karier di Premier League sejak 1996/1997, Anelka telah membela enam tim berbeda. Keenam tim tersebut yaitu Arsenal, Liverpool, Manchester City, Bolton Wonderes, Chelsea dan West Bromwich.

Selama 16 musim berkarier di Premier League, Anelka telah tampil dalam 364 laga dengan mencetak 125 gol serta 48 assist. Ia pernah menjadi juara Premier League sebanyak dua kali saat membela Arsenal dan Chelsea. Prestasi lainnya adalah Golden Boot dan Player of the Month. 

3. Steed Malbranque - 336 penampilan

5 Pemain Prancis dengan Penampilan Terbanyak di Premier League, Suksestwitter.com/FulhamFC

Pemain Prancis ketiga yang catatkan penampilan cukup banyak di Premier League ada Steed Malbranque. Pemain berposisi sebagai gelandang ini membela tiga klub selama di Premier League. Malbranque tampil di Premier League selama 10 musim, tepatnya sejak 2001/2002 hingga 2010/2011.

Dalam kurun waktu tersebut, ia mencatatkan 336 penampilan di Premier League. Berposisi sebagai gelandang, Hughes mencatatkan 39 gol dan 55 assist. Fulham, Tottenham Hotspur dan Sunderland menjadi klub yang pernah ia bela. Sama seperti Distin, ia juga tak mampu menjuarai Premier League. 

Baca Juga: 8 Pemain Prancis dengan Pertandingan Terbanyak Bersama Tim Nasional 

4. Gael Clichy - 325 penampilan

5 Pemain Prancis dengan Penampilan Terbanyak di Premier League, Suksesmanchestereveningnews.co.uk

Clichy menjadi salah satu pemain Prancis yang telah menjuarai Premier League sebanyak tiga kali. Pemain berposisi sebagai bek ini meraih trofi Premier League bersama Manchester City dan Arsenal. Sebelum bergabung dengan City pada musim 2011/2012, Clichy membela Arsenal sejak musim 2003/2004. Clichy pertama kali menjuarai Premier League yaitu pada musim 2003/2004 bersama Meriam London.

Setelah bergabung dengan The Cityzens, ia menambah koleksi dua trofi Premier League yaitu pada musim 2011/2012 dan 2013/2014. Selama bermain di Premier League, pemain yang kini membela Thonon Evian tersebut mencatatkan 325 penampilan. Dari penampilannya Clichy mencetak 3 gol, 18 assist serta 115 clean sheet.

5. William Gallas - 321 penampilan

5 Pemain Prancis dengan Penampilan Terbanyak di Premier League, Suksesgoal.com

Pemain berikutnya juga menjadi sosok penting di lini belakang, yakni John William Gallas yang berposisi sebagai bek tengah. Pemain yang satu ini menjadi pemain Prancis yang cukup sukses selama kariernya di Premier League. Gallas mengawali karier di Premier League bersama Chelsea pada musim 2001/2002.

Kemudian ia hengkang ke 2 tim London lainnya, yakni Arsenal pada musim 2006/2007 serta Tottenham Hotspur pada 2010/2011. Bersama kedua klub tersebut, Gallas mencatatkan 321 penampilan di Premier League dengan torehan 25 gol, 3 assist dan 122 clean sheet. Ia sukses menjuarai Premier League bersama Chelsea pada musim 2004/2005 dan 2005/2006.

Pemain-pemain asal Prancis sepertinya cukup cocok bermain di Premier League. Hal tersebut terbukti dengan banyaknya pemain Prancis yang berlaga di Premier League hingga kini. Tak sedikit pula dari pemain-pemain tersebut yang meraih gelar. Siapa pemain Prancis favoritmu yang pernah berlaga di Premier League?

Baca Juga: 8 Pencetak Gol Termuda dalam Sejarah Ligue 1 Prancis, Pemain Berbakat!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya