5 Pemain Produk Akademi Chelsea yang Saat Ini Jadi Andalan

Bintang masa depan The Blues?

Chelsea menjadi salah satu klub elite yang berlaga di kasta teratas Liga Inggris, Premier League. Sejak dimiliki Roman Abramovich, klub yang satu ini memang dikenal royal dalam merekrut pemain.

Mereka memiliki kebijakan tersendiri seperti merekrut pemain muda dan kemudian dipinjamkan ke klub lain. Chelsea sendiri memiliki akademi yang berbasis di Cobham Sports Center.

Meskipun kerap memboyong pemain, nyatanya Chelsea mulai memberi kepercayaan terhadap pemain binaan sendiri. Pada saat ini, setidaknya ada pemain lulusan akademi sendiri yang kini jadi andalan The Blues. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Andreas Christensen

5 Pemain Produk Akademi Chelsea yang Saat Ini Jadi Andalangoal.com/Christof Koepsel/Getty Images

Salah satu pemain andalan Chelsea yang ternyata produk akademi sendiri adalah Andreas Christensen. Pemain berkebangsaan Denmark ini juga diboyong Chelsea saat masih muda.

Diboyong dari akademi Brondy, ia melanjutkan menimba ilmu di akademi Chelsea. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah ini sempat membela Chelsea U-18 dan U-21. Hingga akhirnya dipinjamkan dua musim ke Borussia Monchengladbach.

Dinilai memiliki kualitas, ia pun dikontrak The Blues sejak musim 2017/2018. Bersama Chelsea, ia telah mencatatkan 113 pertandingan di semua kompetisi. Pemain 24 tahun itu memiliki kontrak hingga Juni 2022.

2. Reece James

5 Pemain Produk Akademi Chelsea yang Saat Ini Jadi Andalanpremierleague.com

Masih dari lini belakang, Reece James menjadi nama yang belum terlalu lama menghiasi skuad Chelsea. Pemain yang berposisi sebagai bek kanan tersebut mulai dipercaya tampil saat era Frank Lampard.

Pemain yang baru berusia 21 tahun tersebut merupakan produk asli akademi Chelsea. Sempat dipinjamkan ke Wigan Athletic, akhirnya ia dikontrak tim utama sejak musim 2019/2020 lalu. Dengan talenta yang dimilikinya, ia pun sudah beberapa kali mendapat panggilan timnas Inggris.

Selama berseragam The Blues, ia telah tampil dalam 62 pertandingan. Pemain yang dikontrak hingga Juni 2025 ini telah menorehkan 3 gol dan 8 assist.

Baca Juga: Dibeli Mahal, 5 Pemain Ini Gagal Bersinar Selama Bermain di Chelsea

3. Mason Mount

5 Pemain Produk Akademi Chelsea yang Saat Ini Jadi Andalanpremierleague.com

Mason Mount menjadi nama yang paling disorot saat ini. Ia menjadi lulusan akademi yang kini menjadi pilar utama di lini tengah The Blues. Disebut sebagai anak kesayangan Frank Lampard, ia pun tetap menjadi pilihan utama meskipun kini dilatih Thomas Tuchel. Hal itu menunjukkan jika pemain 22 tahun ini memiliki kualitas.

Mount sendiri merupakan produk akademi Chelsea yang sempat dipinjamkan ke Vitesse dan Derby County. Akhirnya, pada musim 2019/2020, ia mendapat kontrak di tim utama The Blues. Dikontrak hingga Juni 2024, ia telah mencatatkan 87 pertandingan dengan torehan 13 gol dan 12 assist.

4. Callum Hudson-Odoi

5 Pemain Produk Akademi Chelsea yang Saat Ini Jadi Andalangoal.com

Callum Hudson-Odoi menjadi satu-satunya pemain yang langsung promosi ke tim utama tanpa harus dipinjamkan ke klub lain. Ia memang sudah kerap bergabung dengan tim senior meskipun masih tergabung di tim muda.

Hingga akhirnya, pada Januari 2019, pemain 20 tahun tersebut dikontrak oleh tim utama The Blues. Meskipun masih cukup muda, ia menjadi pemain yang juga kerap diandalkan. Sejauh ini, CHO telah membela The Blues dalam 88 pertandingan.

Beroperasi di sisi sayap, ia menorehkan 13 gol dan 15 assist. Berkat potensi yang dimilikinya, ia dikontrak hingga Juni 2024 dan telah mencatatkan caps di Timnas Inggris.

5. Tammy Abraham

5 Pemain Produk Akademi Chelsea yang Saat Ini Jadi Andalanpremierleague.com

Pemain terakhir dalam daftar ini juga sudah tidak asing lagi. Tammy Abraham menjadi produk akademi Chelsea yang berposisi sebagai penyerang. Produk akademi Chelsea yang satu ini harus membuktikan bersama tiga klub berbeda untuk bisa masuk ke tim utama.

Abraham sempat dipinjamkan ke Brentford, Swansea City dan Aston Villa sebelum akhirnya masuk skuat utama The Blues sejak tahun 2019. Penyerang yang kini berusia 23 tahun tersebut juga telah mencatatkan pertandingan cukup banyak.

Hingga kini, Abraham telah membela The Blues dalam 80 pertandingan. Sebagai seorang penyerang, ia menorehkan 30 gol serta 12 assist. Pemain berkebangsaan Inggris ini dikontrak Chelsea hingga Juni 2023.

 

Itulah lima pemain andalan Chelsea yang ternyata produk akademi sendiri. Dari pemain-pemain tersebut, siapa yang paling berkontribusi sejauh ini?

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Dimainkan Frank Lampard Saat Menangani Chelsea

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya