Comscore Tracker

8 Pemain Spanyol Terbaik yang Berkiprah di Premier League

Ada pemain Spanyol di klub favoritmu?

Spanyol menjadi salah satu negara yang memiliki prestasi dalam sepak bola. Banyak pemain potensial terus muncul dari negara tersebut. Tak hanya bermain di La Liga, banyak juga pemain Spanyol yang berkiprah di Premier League. Sepanjang sejarah Premier League, ada 144 pemain Spanyol yang bermain di kasta tertinggi sepak bola Inggris ini.

Hal tersebut membuat Spanyol menjadi negara penyumbang pemain terbanyak kelima di Premier League. Dari banyaknya pemain Spanyol tersebut, setidaknya ada delapan pemain yang memiliki statistik terbaik. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya. 

1. David Silva

8 Pemain Spanyol Terbaik yang Berkiprah di Premier Leaguepremierleague.com

David Silva menjadi salah satu pemain Spanyol tersukses yang berkiprah di Premier League. Pemain 34 tahun inj telah bergabung dengan Manchester City sejak musim 2010/2011. Ia menjadi salah satu pemain yang membawa The Citizens berjaya di Premier League.

Hampir sepuluh musim membela City, Silva telah bermain dalam 301 laga. Pemain gelandang ini mencatatkan 57 gol dan 90 assist di Premier League. Hebatnya lagi, Silva telah mengantarkan The Citizens juara Premier League sebanyak empat kali. 

2. Cesc Fabregas

8 Pemain Spanyol Terbaik yang Berkiprah di Premier Leaguegoal.com

Cesc Fabregas menjadi pemain yang membela duo tim London yaitu Arsenal dan Chelsea. Fabregas cukup lama bermain di Premier League yakni selama 13 musim. Ia menjalani debut bersama Arsenal pada musim 2004/2005. Sempat bermain di Barcelona sejak 2011, Fabregas kembali ke Premier League bersama Chelsea pada musim 2014/2015.

Pada Januari 2019, Fabregas meninggalkan The Blues dan pindah ke AS Monaco. Secara total, ia telah mencatatkan 50 gol dan 111 assist dari 350 penampilan di Premier League. Ia berhasil menjadi juara Premier League sebanyak dua kali bersama Chelsea. 

3. Fernando Torres

8 Pemain Spanyol Terbaik yang Berkiprah di Premier Leaguepremierleague.com

Serupa dengan Fabregas, Fernando Torres juga menjadi pemain Spanyol yang membela dua tim Premier League. Kedua tim yang pernah dibela Torres adalah Liverpool dan Chelsea. Ia membela Liverpool pada musim 2007/2008 hingga musim Januari 2011.

Kemudian ia hijrah ke Chelsea dan bertahan hingga musim 2013/2014. Selama delapan musim bermain di Premier League, Torres belum sekalipun meraih juara. Namun ia menjadi pemain Spanyol paling produktif di Premier League dengan 85 gol dan 29 assist dari 212 penampilan. 

4. David De Gea 

8 Pemain Spanyol Terbaik yang Berkiprah di Premier Leaguepremierleague.com

Tak hanya pemain depan, ada beberapa penjaga gawang Spanyol yang membela tim Premier League. Salah satunya ada David De Gea yang membela Manchester United. Ia bermain di Premier League sejak musim 2011/2012.

Di musim keduanya, De Gea berhasil mengantarkan United menjuarai Premier League. Pada musim 2017/2018, De Gea berhasil menjadi kiper terbaik dengan meraih Golden Glove. Hingga kini, pemain 29 tahun ini telah mencatatkan 108 clean sheet dari 304 penampilan. 

Baca Juga: Premier League Lanjut Lagi 17 Juni, Langsung Dibuka Big Match

5. Cesar Azpilicueta

8 Pemain Spanyol Terbaik yang Berkiprah di Premier Leaguepremierleague.com

Pemain Spanyol tersukses di Premier League selanjutnya adalah Cesar Azpilicueta. Azpilicueta adalah pemain berposisi sebagai bek kanan dan dipercaya menjadi kapten Chelsea. Pemain 30 tahun ini berhasil mengantarkan The Blues meraih gelar Premier League sebanyak dua kali.

Azpilicueta juga memiliki catatan yang cukup mentereng dari 262 laga yang sudah dijalani. Diantaranya ada 92 clean sheet, 8 gol serta 28 assist. Catatan tersebut tentu saja cukup baik untuk seorang bek kanan. 

6. Diego Costa 

8 Pemain Spanyol Terbaik yang Berkiprah di Premier Leagueskysports.com

Pemain terbaik Spanyol lain yang pernah membela Chelsea adalah Diego Costa. Pemain berusia 31 tahun ini bergabung dengan The Blues pada musim 2014/2015. Meskipun hanya lima musim di Premier League, namun Costa memiliki statistik yang cukup baik.

Bersama Chelsea, ia mengoleksi 52 gol dan 16 assist dari 89 penampilan. Costa juga sukses mengantarkan The Blues meraih gelar Premier League sebanyak dua kali. Prestasi pribadi lainnya adalah menjadi player of the month sebanyak dua kali. 

7. Juan Mata

8 Pemain Spanyol Terbaik yang Berkiprah di Premier Leaguegoal.com

Juan Mata menjadi salah satu pemain Spanyol yang sudah lama bermain di Premier League dan masih bertahan hingga kini. Saat ini, Mata membela Manchester United. Sebelum bergabung dengan United pada Januari 2014, Mata lebih dulu membela Chelsea.

Mata pertama kali bermain di Premier League bersama The Blues pada musim 2011/2012. Secara total, Mata telah bermain dalam 260 pertandingan di Premier League. Dari penampilannya tersebut, Mata mencatatkan 51 gol dan 52 assist. Sayangnya ia belum sekalipun meraih juara Premier League. 

8. Xabi Alonso

8 Pemain Spanyol Terbaik yang Berkiprah di Premier League90min.com

Pemain terbaik Spanyol yang berkiprah di Premier League terakhir ada Xabi Alonso. Pemain berposisi gelandang bertahan ini pernah membela Liverpool selama enam musim. Ia bergabung dengan The Reds pada musim 2004/2005.

Xabi Alonso mengoleksi 143 pertandingan di Premier League. Ia mencatatkan 14 gol serta 17 assist untuk Liverpool di Premier League. Namun sayang, Alonso belum mampu mengantarkan Liverpool menjadi juara Premier League. 

Itulah delapan pemain terbaik Spanyol yang berkiprah di Premier League. Dari pemain-pemain tersebut, siapa yang menjadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Termahal yang Pernah Dijual Klub Premier League, Fantastis!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya