Comscore Tracker

8 Pemain Terbaik di 16 Besar Piala Dunia 2022, Ada Messi!

Antarkan negaranya lolos ke perempat final

Piala Dunia 2022 Qatar makin dekat dengan partai puncak. Edisi ke-22 ini baru saja merampungkan babak 16 besar. Delapan tim yang perkasa pada babak ini berhak melanjutkan perjalanannya ke perempat final.

Pada babak 16 besar, tim-tim unggulan menunjukkan keperkasaan mereka. Hal itu tak lepas dari kontribusi para pemainnya yang memiliki kualitas mumpuni. Tak sedikit dari mereka akhirnya menyabet penghargaan Man of the Match (MOTM).

Para peraih MOTM ini dianggap sebagai pemain yang paling menonjol di tiap pertandingan. Siapa saja pemain terbaik di 16 besar Piala Dunia 2022?

1. Denzel Dumfries (Belanda vs Amerika Serikat)

8 Pemain Terbaik di 16 Besar Piala Dunia 2022, Ada Messi!Danzel Dumfries (twitter.com/DenzelJMD2)

Denzel Dumfries menjadi salah satu pemain terbaik di 16 besar Piala Dunia 2022. Pemain Timnas Belanda ini merupakan bintang lapangan kala negaranya menaklukkan Timnas Amerika Serikat (3-1).

Dumfries berkontribusi atas tiga gol yang dicetak De Oranje. Pemain 26 tahun ini menorehkan 1 gol dan 2 assist. Dumfries pun didapuk sebagai pemain terbaik dalam laga yang digelar pada 3 Desember 2022.

2. Lionel Messi (Argentina vs Australia)

8 Pemain Terbaik di 16 Besar Piala Dunia 2022, Ada Messi!Lionel Messi (fifa.com)

Magis Lionel Messi seakan tidak ada habisnya bersama Timnas Argentina. Setelah menjadi pahlawan negaranya pada fase grup, megabintang 35 tahun ini kembali menjadi faktor kemenangan Argentina pada babak 16 besar.

Saat La Albiceleste mengalahkan Timnas Australia dengan skor 2-0, Messi berkontribusi dengan catatan satu gol. Bintang Paris Saint-Germain ini pun menyabet gelar Man of the Match untuk kedua kalinya di Piala Dunia 2022.

3. Kylian Mbappe (Prancis vs Polandia)

8 Pemain Terbaik di 16 Besar Piala Dunia 2022, Ada Messi!Kylian Mbappe (fifa.com)

Kylian Mbappe digadang-gadang menjadi bintang masa depan sepak bola. Pemain 23 tahun ini terus bersinar di Piala Dunia 2022 bersama Timnas Prancis. Sejauh ini, Mbappe tercatat sebagai pencetak gol terbanyak di ajang ini dengan torehan lima gol.

Dua gol tambahan ia cetak kala Les Bleus menyingkirkan Polandia pada babak 16 besar. Dalam laga yang berakhir 3-1 untuk keunggulan Prancis tersebut, Mbappe juga menyabet gelar pemain terbaik. Ini Man of the Match ketiga Mbappe dalam gelaran Piala Dunia 2022.

4. Harry Kane (Inggris vs Senegal)

8 Pemain Terbaik di 16 Besar Piala Dunia 2022, Ada Messi!Harry Kane (fifa.com)

Harry Kane akhirnya pecah telur di Piala Dunia 2022 Qatar. Penyerang Timnas Inggris ini cukup sulit mencetak gol saat bermain pada fase grup. Padahal, pada edisi sebelumnya, Kane merupakan pemain yang menyabet Sepatu Emas.

Di Piala Dunia 2022, Kane mulai membuka keran golnya saat Inggris menjamu Senegal. Satu gol Kane dalam laga itu turut mengantarkan The Three Lions menang dengan skor 3-0. Kane yang tampil apik dalam laga ini menjadi pemain terbaik di 16 besar Piala Dunia 2022.

Baca Juga: Capaian Lionel Messi Bersama Argentina di Piala Dunia, Hampir Juara!

5. Dominik Livakovic (Kroasia vs Jepang)

8 Pemain Terbaik di 16 Besar Piala Dunia 2022, Ada Messi!Dominik Livakovic (twitter.com/HNS_CFF)

Kroasia kembali menunjukkan keperkasaan di Piala Dunia 2022. Tim berjuluk Vatreni ini berpeluang mengulangi capaian pada edisi sebelumnya setelah melaju ke babak perempat final. Kepastian tersebut didapat setelah Kroasia menaklukkan Jepang melalui adu penalti.

Dominik Livakovic yang jadi kiper Kroasia pada babak 16 besar tampil gemilang. Ia menjadi pahlawan Kroasia dengan menepis empat penalti pemain Jepang. Livakovic pun meraih penghargaan pemain terbaik di laga itu.

6. Neymar Jr (Brasil vs Korea Selatan)

8 Pemain Terbaik di 16 Besar Piala Dunia 2022, Ada Messi!Neymar Jr (twitter.com/fifaworldcup_pt)

Neymar Jr sempat absen membela Timnas Brasil dalam dua pertandingan fase grup akibat cedera. Pada babak 16 besar, bintang Selecao itu langsung tancap gas. Neymar Jr jadi salah satu pencetak gol saat Brasil menang atas Korea Selatan dengan skor 4-1.

Tak hanya itu, pemain 30 tahun ini juga berkontribusi assist dalam gol pertama Brasil yang dicetak Vinicius Junior. Pada akhir laga, Neymar pun berhak membawa pulang trofi Man of the Match. Ia menjadi pemain terbaik di 16 besar Piala Dunia 2022.

7. Yassine Bounou (Maroko vs Spanyol)

8 Pemain Terbaik di 16 Besar Piala Dunia 2022, Ada Messi!Yassine Bounou (twitter.com/FIFAWorldCup)

Kejutan besar terjadi saat Maroko sukses menyingkirkan Spanyol pada babak 16 besar. Berlanjut ke adu penalti, Maroko berhasil menumbangkan tim top Eropa itu. Yassine Bounou menjadi aktor yang menyingkirkan Spanyol di laga ini.

Kiper Maroko tersebut sukses menggagalkan semua penalti La Roja. Bounou pun mengikuti jejak Dominik Livakovic yang menjadi pemain terbaik dalam sebuah pertandingan. Penampilan gemilangnya sepanjang laga membuat Spanyol tak mampu mencetak gol.

8. Goncalo Ramos (Portugal vs Swiss)

8 Pemain Terbaik di 16 Besar Piala Dunia 2022, Ada Messi!Goncalo Ramos (twitter.com/fifaworldcup_es)

Portugal menjadi tim terakhir yang mengamankan tiket perempat final. Tak tanggung-tanggung, Selecao das Quinas menang telak 6-1 atas Swiss. Goncalo Ramos menjadi bintang utama dalam laga ini.

Pemain 21 tahun tersebut menjadi mencatatkan hattrick pertama di Piala Dunia 2022. Ia juga memberi satu assist. Tak diragukan lagi, ia layak dinobatkan sebagai pemain terbaik dengan gelar Man of the Match.

Pemain terbaik di 16 besar Piala Dunia 2022 jadi pemain kunci di negara masing-masing sejauh ini. Siapakah yang akan mengantarkan negaranya keluar sebagai juara Piala Dunia 2022?

Baca Juga: Profil Dominik Livakovic, Tembok Kokoh Kroasia di Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya