Comscore Tracker

Profil Dominik Livakovic, Tembok Kokoh Kroasia di Piala Dunia 2022

Usai Jepang, Livakovic bikin Brasil gigit jari

Jakarta, IDN Times - Kroasia sukses melaju ke semifinal Piala Dunia 2022 usai menaklukkan Brasil lewat adu penalti, Jumat (9/12/2022). Kemenangan Kroasia tak lepas dari aksi Dominik Livakovic yang tampil gemilang di bawah mistar gawang.

Livakovic kembali jadi pahlawan Kroasia. Setelah berhasil memainkan peran krusial dalam adu penalti di laga lawan Jepang, Livakovic kembali jadi pahlawan saat lawan Brasil. Sepakan Rodrygo Goes berhasil dimentahkan olehnya, membuat kepercayaan diri Kroasia meninggi, dan Brasil runtuh.

Tapi, sebelum itu, Livakovic sudah memainkan peran krusialnya dengan melakukan begitu banyak penyelamatan hingga babak kedua perpanjangan waktu dan memaksakan laga diakhiri ke adu penalti.

Tampil sebagai pahlawan Kroasia pada laga ini, siapa sebenarnya Livakovic? Berikut IDN Times ulas profil Dominik Livakovic untuk kamu.

1. Profil singkat Dominik Livakovic

Profil Dominik Livakovic, Tembok Kokoh Kroasia di Piala Dunia 2022Kiper Kroasia, Dominik Livakovic, menjadi pahlawan usai menepis sepakan Rodrygo Goes (Twitter @FIFAWorldCup)

Dominik Livakovic lahir dan besar di Zadar, Kroasia, pada 9 Januari 1995 silam. Ilmu sepak bolanya digeluti di akademi salah satu klub besar Kroasia, NK Zadar.

Namun, petualangan Livakovic di NK Zadar hanya sampai di tim kategori umur 17. Dia langsung diboyong NK Zagreb untuk masuk ke tim utama saat berusia 17 tahun, tepatnya pada 2012 lalu.

Baca Juga: Aksi Superman Livakovic Ciptakan Rekor di Piala Dunia 2022

2. Main di kompetisi lokal

Profil Dominik Livakovic, Tembok Kokoh Kroasia di Piala Dunia 2022Kiper Dinamo Zagreb, Dominik Livakovic. (Instagram/@dominiklivakovic40).

Livakovic belum pernah mencicipi atmosfer liga top Eropa. Sebab, hingga saat ini, dia masih berlaga di Liga Kroasia.

Dia masih berseragam Dinamo Zagreb, setelah bertolak dari NK Zagreb pada 2015 silam. Kontraknya bersama raksasa Kroasia itu masih berlangsung hingga Juni 2024 mendatang.

Tujuh trofi sudah disumbangkan Livakovic untuk Dinamo Zagreb. Rinciannya adalah lima trofi Liga Kroasia, dan dua lainnya dari Piala Kroasia.

3. Rajin buat clean sheet

Profil Dominik Livakovic, Tembok Kokoh Kroasia di Piala Dunia 2022Kiper Timnas Kroasia, Dominik Livakovic. (Instagram/@dominiklivakovic40).

Tak heran Livakovic tampil gemilang saat membantu Kroasia menundukkan Jepang dan Brasil di Piala Dunia 2022. Dia merupakan salah satu kiper terbaik di Kroasia.

Sejauh ini, dia telah mencatat 122 clean sheet dari 262 penampilan bareng Dinamo Zagreb. Dari penampilan yang dia lakoni, hanya 213 gol yang bersarang ke gawangnya.

Penampilannya di Piala Dunia 2022 juga terbilang heroik. Sejak fase grup hingga babak 16 besar, dia baru kebobolan tiga kali.

Livakovic juga mencatatkan rekor baru di Piala Dunia 2022. Sebanyak empat penalti dimentahkan Livakovic. Itu menjadi catatan tertinggi dari kiper manapun sepanjang berkiprah di Piala Dunia.

Baca Juga: Bekuk Brasil, Kroasia Amankan Tiket Pertama Semifinal

Topic:

  • Satria Permana
  • Jumawan Syahrudin

Berita Terkini Lainnya