5 Pemain Termuda Chelsea yang Mentas di Liga Champions

Ada Dominic Solanke dan Josh McEachran

Chelsea kerap memberi kesempatan tampil kepada para pemain muda. Beberapa pemain bahkan bisa mencicipi debut di Liga Champions Eropa.

Pemain-pemain itu kini tercatat sebagai pemain termuda Chelsea yang mentas di Liga Champions. Kira-kira siapa saja mereka?

1. Dominic Solanke

5 Pemain Termuda Chelsea yang Mentas di Liga ChampionsDominic Solanke (premierleague.com)

Dominic Solanke menjadi pemain termuda Chelsea di Liga Champions. Pemain berkebangsaan Inggris ini debut pada 21 Oktober 2014.

Ia mendapat kesempatan tampil menghadapi NK Maribor pada fase grup Liga Champions. Lulusan akademi Chelsea ini baru berusia 17 tahun 1 bulan 7 hari saat itu.

Sayangnya, karier Solanke bersama The Blues tak berjalan mulus. Ia pun dilepas ke Liverpool. Namun, sejak 2019, Solanke sudah menjadi milik Bournemouth.

2. Josh McEachran

5 Pemain Termuda Chelsea yang Mentas di Liga ChampionsJosh McEachran (chelseafc.com)

Josh McEachran sempat mencicipi Liga Champions bersama Chelsea. Momen tersebut terjadi pada 15 September 2010, saat The Blues menghadapi MSK Zilina pada fase grup Liga Champions. Pemain berkebangsaan Inggris ini berusia 17 tahun 6 bulan 17 hari saat debut di sana.

Kariernya bersama Chelsea tak berjalan mulus. McEachran malah lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. Ia akhirnya hengkang ke Brentford secara permanen, lalu kini membela MK Dons di kasta kedua Liga Inggris.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda Chelsea di Era Thomas Tuchel, Bagaimana Kabarnya?

3. Gael Kakuta

5 Pemain Termuda Chelsea yang Mentas di Liga ChampionsGael Kakuta (uefa.com)

Gael Kakuta pertama kali mencicipi Liga Champions bersama Chelsea pada 8 Desember 2009. The Blues saat itu harus menghadapi APOEL Nicosia pada fase grup. Kakuta sendiri baru berusia 18 tahun 5 bulan 17 hari.

Sempat digadang-gadang sebagai bintang masa depan Chelsea, karier Kakuta justru terombang-ambing. Ia lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. Kakuta pun kini bermain di Liga Prancis bersama Amiens SC.

4. Fabio Borini

5 Pemain Termuda Chelsea yang Mentas di Liga ChampionsFabio Borini (instagram.com/fabh29)

Fabio Borini menjadi salah satu pemain termuda Chelsea yang mentas di Liga Champions. Sama seperti Kakuta, ia debut saat menghadapi APOEL Nicosia pada 8 Desember 2009. Borini masih berusia 18 tahun 8 bulan 9 hari saat itu.

Borini direkrut dari tim muda Bologna. Sayangnya, ia gagal berkembang bersama Chelsea. Borini kemudian membela beberapa klub, di antaranya Liverpool, AS Roma, dan Sunderland. Ia kini membela klub Turki, Karagumruk.

5. Samuele Dalla Bona

5 Pemain Termuda Chelsea yang Mentas di Liga ChampionsSamuele Dalla Bona (instagram.com/samdallabonaofficial)

Samuele Dalla Bona juga pemain termuda Chelsea yang pernah bermain di Liga Champions. Pemain asal Italia tersebut tampil di sana pertama kali pada 24 November 1999.

Dalla Bona tampil saat Chelsea menghadapi Feyenoord. Ia masih berusia 18 tahun 9 bulan 18 hari saat itu.

Karier Dalla Bona sama seperti pemain lainnya dalam daftar ini. Ia tak mampu bersaing di Chelsea hingga berpindah-pindah ke beberapa klub. Pada akhirnya, Dalla Bona dan empat pemain lainnya kehilangan tempat di skuad The Blues.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda di Chelsea pada 2022/2023, Ada Chukwuemeka!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya