Comscore Tracker

5 Pemain Termuda yang Tampil di Penyisihan Grup Piala Dunia 2022

Semuanya masih berusia 18 tahun!

Piala Dunia 2022 Qatar telah merampungkan semua pertandingan di babak penyisihan grup. Dari 32 pertandingan, penggemar telah disuguhi aksi pesepak bola terbaik di Dunia. Banyak momen menarik yang terjadi dan patut kita ulas.

Di tengah banyaknya pemain bintang, beberapa pemain muda mencuri panggung di fase grup Piala Dunia 2022. Masih berusia belasan tahun, mereka sudah berkesempatan untuk debut di ajang 4 tahunan ini.

Mereka pun layak disebut sebagai calon bintang karena sudah membela negaranya di turnamen besar sejak usia belia. Lantas siapa saja pemain termuda yang debut di fase grup Piala Dunia 2022?

1. Youssoufa Moukoko (Jerman) 

5 Pemain Termuda yang Tampil di Penyisihan Grup Piala Dunia 2022Youssoufa Moukoko (twitter.com/DFB_Team_EN)

Youssoufa Moukoko sempat menjadi fenomena karena beberapa kali mencatatkan rekor baru di level klub. Pemain Borussia Dortmund ini pun langsung dibawa Hansi Flick dalam ajang Piala Dunia 2022.

Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini diturunkan saat Jerman menghadapi Jepang. Dalam pertandingan yang digelar 23 November 2022 itu, Moukoko masih berusia 18 tahun dan 3 hari.

Pertandingan itu pun menjadi satu-satunya kesempatan yang diberikan Hansi Flick di ajang Piala Dunia. Moukoko diprediksi bisa menjadi calon bintang Der Panser di masa mendatang.

2. Garang Kuol (Australia) 

5 Pemain Termuda yang Tampil di Penyisihan Grup Piala Dunia 2022Garang Kuol (twitter.com/Socceroos)

Pemain termuda kedua yang debut di fase grup Piala Dunia 2022 adalah Garang Kuol. Pemain yang berposisi sebagai penyerang ini menjalani debut di turnamen besar bersama Australia.

Sebelum dipecahkan Moukoko, Kuol lebih dulu tercatat sebagai pemain termuda di fase grup. Momen itu terjadi saat Kuol membela Australia pada laga perdana grup melawan Prancis.

Dalam pertandingan yang digelar 22 November 2022 itu, ia masih berusia 18 tahun, 2 bulan, dan 7 hari. Laga tersebut pun menjadi satu-satunya pertandingan yang sudah dijalani. Ia masih berkesempatan tampil karena Australia lolos ke babak gugur.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Usai Spanyol Bantai Kosta Rika, Gavi Sejajar Pele

3. Gavi (Spanyol)

5 Pemain Termuda yang Tampil di Penyisihan Grup Piala Dunia 2022Gavi (fifa.com)

Gavi menjadi salah pilar utama Timnas Spanyol hingga melaju ke babak gugur. Dengan permainan yang luar biasa, tak banyak yang menyangka jika Gavi masih remaja.

Pemain Barcelona itu sudah membela Spanyol di pertandingan pertama saat menghadapi Kosta Rika. Bahkan, ia berhasil mencetak gol dalam laga tersebut. 

Pertandingan itu dimainkan pada 23 November 2022 dan Gavi masih berusia 18 tahun, 3 bulan, dan 18 hari. Gavi memang calon bintang masa depan Spanyol. Selama fase grup Piala Dunia 2022 kali ini, ia selalu tampil dari menit pertama.

4. Jewison Bennette (Kosta Rika)

5 Pemain Termuda yang Tampil di Penyisihan Grup Piala Dunia 2022Jewison Bennette (twitter.com/Jewisonoficial9)

Dalam satu pertandingan dengan Gavi, Jewison Bennette, juga menjadi salah satu debutan termuda di fase grup Piala Dunia 2022. Berbeda dengan Gavi, Bennette masuk sebagai pemain pengganti.

Bennette sendiri masih berusia 18 tahun, 5 bulan, dan 8 hari saat menjalani laga yang digelar pada 23 November 2022 itu. Tak hanya pertandingan itu, Bennette juga dimainkan dalam dua laga berikutnya.

Sayangnya, pemain yang berposisi sebagai penyerang ini masih belum mampu berkontribusi banyak. Kosta Rika sendiri harus tersingkir setelah menjadi juru kunci Grup E.

5. Issahaku Fatawu (Ghana)

5 Pemain Termuda yang Tampil di Penyisihan Grup Piala Dunia 2022Issahaku Fatawu (twitter.com/CAF_Online)

Pemain termuda kelima yang menjalani debut di fase grup Piala Dunia 2022 adalah Issahaku Fatawu. Pemain yang berposisi sebagai penyerang sayap. Fatawu merupakan pemain yang membela Ghana di ajang ini dan menjalani debut pada 2 Desember 2022.

Saat itu Ghana menghadapi Timnas Uruguay dan ia masih berusia 18 tahun, 8 bulan, dan 24 hari. Uniknya, Fatawu hanya mencicipi panggung Piala Dunia selama semenit. Meskipun demikian, kesempatan merasakan megahnya panggung Piala Dunia bisa jadi pengalaman berarti.

 

Hebat, ya! Masih berusia 18 tahun tapi mereka sudah membela negaranya di turnamen sebesar Piala Dunia. Garang Kuol dan Gavi menjadi pemain yang masih berkesempatan tampil di babak gugur.

Baca Juga: Menang Lawan Ghana, Uruguay Tetap Tak Lolos 16 Besar

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya