Comscore Tracker

5 Pemain Termuda Spanyol yang Dimainkan Luis Enrique, Berbakat!

Jadi tulang punggung Spanyol di Piala Dunia 2022

Timnas Spanyol mencoba membangun kembali kekuatan sepak bola mereka. Luis Enrique yang kini menjadi pelatih dituntut untuk membawa La Roja kembali berjaya.

Pelatih 52 tahun itu sendiri dipercaya menangani Timnas Spanyol pada Maret 2018. Enrique telah mencoba beberapa opsi pemain sejak itu, mulai dari pemain senior hingga pemain muda. Tak sedikit pemain muda yang kemudian diberi kepercayaan tampil membela La Roja.

Pemain-pemain muda tersebut diharapkan bisa menjadi andalan Timnas Spanyol pada masa mendatang. Lantas, siapa saja pemain termuda Spanyol yang dimainkan Luis Enrique?

1. Gavi jadi debutan termuda Timnas Spanyol era Luis Enrique

5 Pemain Termuda Spanyol yang Dimainkan Luis Enrique, Berbakat!Gavi (twitter.com/_pablogavi)

Pemain termuda Spanyol yang dimainkan Luis Enrique adalah Gavi. Pemain berposisi gelandang ini menjalani debut pada 6 Oktober 2021 lalu. Saat itu, Timnas Spanyol menjalani laga di UEFA Nations League menghadapi Italia.

Dalam pertandingan tersebut, Gavi dimainkan Enrique saat masih berusia 17 tahun 2 bulan 1 hari. Pemain Barcelona ini digadang-gadang akan menjadi bintang lini tengah Spanyol pada masa mendatang.

Dengan usianya yang baru menginjak 18 tahun, kariernya masih sangat panjang. Hingga kini, ia sudah mencatatkan 13 caps bersama La Roja. Ia juga menjadi salah satu pemain yang memperkuat Spanyol di Piala Dunia 2022 Qatar.

2. Ansu Fati sempat jadi yang termuda sebelum dipecahkan Gavi

5 Pemain Termuda Spanyol yang Dimainkan Luis Enrique, Berbakat!Ansu Fati (uefa.com)

Berikutnya ada Ansu Fati, yang sebelumnya memegang rekor ini. Ia pertama kali dimainkan Luis Enrique saat usia 17 tahun 10 bulan 3 hari.

Kala itu, Spanyol bertemu Jerman dalam laga UEFA Nations League. Pertandingan yang berakhir imbang tersebut dimainkan pada 3 September 2020. 

Hingga saat ini, Fati tercatat telah tampil dalam tiga pertandingan bersama La Roja. Kariernya sempat terganggu oleh cedera. Namun, kini ia sudah kembali dan akan diandalkan Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022.

Baca Juga: 6 Winger Top Siap Bela Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 Qatar

3. Pedri juga jadi pemain muda yang diandalkan Luis Enrique

5 Pemain Termuda Spanyol yang Dimainkan Luis Enrique, Berbakat!Pedri (uefa.com)

Pemain ketiga dalam daftar ini merupakan gelandang andalan Barcelona, Pedri. Ia pertama kali dimainkan Luis Enrique di Timnas Spanyol saat usia 18 tahun 4 bulan.

Saat itu, La Roja bertanding melawan Yunani dalam laga Kualifikasi Piala Dunia pada 25 Maret 2021. Pertandingan itu membuka keran caps Pedri bersama Timnas Spanyol.

Sejauh ini, pemain berusia 19 tahun tersebut telah tampil dalam 14 pertandingan bersama Timnas Spanyol. Pedri juga menjadi gelandang yang diboyong Enrique ke Qatar.

4. Yeremy Pino tak mau kalah dengan pemain muda La Roja lain

5 Pemain Termuda Spanyol yang Dimainkan Luis Enrique, Berbakat!Yeremy Pino (uefa.com)

Yeremy Pino berada di urutan keempat sebagai pemain termuda Timnas Spanyol era Luis Enrique. Ia pertama kali mencicipi pertandingan bersama Timnas Spanyol pada usia 18 tahun 11 bulan 16 hari. Waktu itu Spanyol berhadapan dengan Italia dalam laga UEFA Nations League, tepatnya pada 6 Oktober 2021. 

Penyerang sayap yang kini berseragam Villarreal tersebut telah tampil dalam tujuh pertandingan bersama Timnas Spanyol. Pada usianya yang menginjak 20 tahun, Pino tampil impresif bersama Villarreal dan membuatnya diboyong Enrique ke Qatar.

5. Eric Garcia jadi bek tengah masa depan Timnas Spanyol

5 Pemain Termuda Spanyol yang Dimainkan Luis Enrique, Berbakat!Eric Garcia (twitter.com/SEFutbol)

Posisi kelima dihuni oleh bek tengah yang kini berseragam Barcelona, Eric Garcia. Ia dimainkan pertama kali oleh Enrique di Timnas Spanyol pada usia 19 tahun 7 bulan 28 hari.

Momen tersebut terjadi saat Spanyol menjamu Ukraina dalam laga UEFA Nations League, tepatnya pada 6 September 2020. Hingga saat ini, Garcia telah membela Timnas Spanyol dalam 19 pertandingan. 

Penampilan apiknya bersama Blaugrana membuat Enrique tak ragu mengandalkan Garcia di Piala Dunia 2022. Ia digadang-gadang bakal menjadi bek tengah masa depan La Roja.

Para pemain muda tersebut memang memiliki bakat yang mumpuni. Tak heran jika mereka menjadi andalan di Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 saat usianya masih cukup muda.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Masuk Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya