Comscore Tracker

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Atletico Madrid di Abad ke-21

Fernando Torres salah satunya!

Atletico Madrid tengah menjadi sorotan karena saat ini memuncaki klasemen sementara LaLiga. Hal itu tentu saja sangat spesial karena biasanya dikuasai oleh duo raksasa, Real Madrid dan Barcelona. Los Rojiblancos sendiri merupakan klub yang kerap mengganggu dominasi duo raksasa Spanyol. Khususnya di abad ke-21, mereka juga menjadi salah satu klub yang juara LaLiga selain El Real dan dan El Barca.

Mereka bahkan menjadi klub terakhir yang menjuarai LaLiga selain kedua klub tersebut. Selain itu, Atletico juga dikenal sebagai tempat para pemain muda bersinar. Ternyata, tak sedikit pemain belasan tahun yang mendapat kesempatan tampil khususnya di abad ke-21. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Keko Gontan

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Atletico Madrid di Abad ke-21marca.com/JUAN AGUADO/Libre uso

Keko Gontan menjadi pemain termuda yang debut bersama Atletico Madrid di abad ke-21. Pemain berposisi penyerang sayap ini mendapat kesempatan debut pada 29 Oktober 2008. Tepatnya saat Atletico menghadapi Orihuela CF dalam ajang Copa del Rey. Saat diturunkan dalam laga tersebut, Gontan masih berusia 16 tahun, 10 bulan dan 2 hari.

Catatan itu juga membuatnya menjadi pemain termuda dalam sejarah Atletico. Meskipun dinilai sebagai pemain potensial, ia justru tak pernah mendapat kontrak di tim utama Los Rojiblancos. Saat debut, ia masih menjadi pemain di tim muda Atletico. Bersama tim senior Atletico Madrid, pemain yang kini membela Deportivo La Coruna itu hanya tampil dalam 2 pertandingan.

2. Fernando Torres

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Atletico Madrid di Abad ke-21goal.com

Jauh sebelum pemain-pemain dalam daftar ini, Fernando Torres lebih dulu mendapat kesempatan debut bersama Atletico Madrid di abad 21. Pemain top ini juga merupakan pemain yang lulus dari akademi Atletico. Torres mendapat kesempatan tampil perdana bersama skuat utama Los Rojiblancos saat menghadapi Leganes.

Pada pertandingan yang digelar 27 Mei 2001 tersebut, Torres masih berusia 17 tahun, 2 bulan dan 7 hari. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2019 lalu itu sempat membela tim utama Atletico dalam beberapa musim. Selama berseragam Atletico, Torres tampil dalam 351 pertandingan dengan catatan 121 gol dan 16 assist.

3. Saul Niguez

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Atletico Madrid di Abad ke-21skysports.com

Berikutnya ada Saul Niguez yang saat ini juga masih aktif bermain membela Atletico Madrid. Pemain berkebangsaan Spanyol ini jalani debut bersama Atletico pada 8 Maret 2012. Saat itu Los Rojiblancos menghadapi Besiktas dalam ajang Europa League. Pada laga tersebut, Saul masih berusia 17 tahun 3 bulan dan 16 hari.

Sempat dipinjamkan ke Rayo Vallecano pada musim 2013/2014, ia kemudian menjadi andalan hingga saat ini. Beberapa waktu lalu, pemain 26 tahun ini sempat dikaitkan dengan beberapa klub elite. Namun ia tetap setia berseragam Atletico. Selama menjadi bagian klub Spanyol tersebut, gelandang ini mencatatkan 317 pertandingan dengan torehan 43 gol dan 18 assist.

4. Javier Manquillo

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Atletico Madrid di Abad ke-21atleticodemadrid.com

Javier Manquillo merupakan pemain berkebangsaan Spanyol yang berposisi bek kanan. Sama seperti pemain lainnya, Manquillo juga merupakan lulusan akademi Atletico Madrid. Saat ini ia masih aktif bermain dengan membela Newcastle United. Ia menjalani debut bersama Atletico pada 8 Desember 2011. Saat itu Los Rojiblancos menghadapi Alba dalam ajang Copa del Rey.

Pada pertandingan tersebut, Manquillo baru menginjak usia 17 tahun, 7 bulan dan 3 hari. Meskipun demikian, ia lebih banyak dipinjamkan ke klub lain sebelum akhirnya dilepas permanen. Pemain yang kini berusia 26 tahun tersebut hanya membela Atletico dalam 11 pertandingan di semua kompetisi.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Pernah Mengantarkan Atletico Madrid Menjuarai LaLiga

5. Ignacio Camacho

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Atletico Madrid di Abad ke-21goal.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Ignacio Camacho yang berposisi sebagai gelandang bertahan. Pemain berkebangsaan Spanyol ini menjalani debut bersama skuat utama Atletico Madrid saat menghadapi Granada dalam ajang Copa del Rey. Pada pertandingan yang digelar 12 Desember 2007 tersebut, Camacho masih berusia 17 tahun, 7 bulan dan 8 hari.

Sempat mendapat kontrak profesional bersama Atletico, Camacho kemudian hengkang ke Malaga pada Januari 2011. Ia mengakhiri karier pada tahun 2020 lalu bersama Wolfsburg. Selama membela Atletico, ia mencatatkan 50 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut, ia menorehkan 2 gol dan 1 assist.

Itulah lima pemain termuda yang debut bersama Atletico Madrid di abad ke-21. Dari pemain-pemain tersebut, siapa yang paling sukses bersama Atletico?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif Atletico Madrid dengan Masa Bakti Terlama, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya