5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Era Pep Guardiola

Gelandang Liverpool salah satunya!

Kehebatan Pep Guardiola dalam melatih sebuah klub sudah tak perlu diragukan lagi. Barcelona menjadi awal karier pelatih bernama lengkap Josep Guardiola Sala ini. Guardiola menangani mantan timnya saat aktif bermain tersebut sejak 2008/2009 hingga 2012/2013. Selama 4 musim melatih Barca, pelatih asal Spanyol ini bisa dibilang sangat sukses.

Trofi LaLiga, Liga Champions hingga Piala Dunia Antar Klub pernah ia raih bersama El Barca. Dibalik kesuksesannya, Guardiola tak hanya mengandalkan pemain bintang. Cukup banyak pemain muda yang diberi kesempatan tampil khususnya para pemain akademi La Masia. Berikut kami sajikan daftar pemain termuda yang debut bersama Barcelona di era Pep Guardiola.

1. Marc Muniesa

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Era Pep Guardiolableacherreport.com

Pemain termuda yang debut bersama Barcelona di era Pep Guardiola adalah Marc Muniesa. Pemain yang satu ini merupakan lulusan La Masia berkebangsaan Spanyol. Bek tengah ini menjalani debut pada 23 Mei 2009 saat Barca menghadapi Ossasuna.

Dalam laga lanjutan LaLiga tersebut, Muniesa masih berusia 17 tahun, 1 bulan dan 26 hari. Namun ia hanya tampil dalam 4 laga bersama Blaugrana di semua kompetisi hingga kini. Sebagai lulusan La Masia, karier Muniesa tak terlalu cemerlang dan kini ia bermain di Liga Qatar.

2. Gerard Deulofeu

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Era Pep Guardiolapremierleague.com

Berikutnya ada Gerard Deulofeu yang kini membela Udinese dengan status pinjaman dari Watford. Pemain Spanyol ini mendapat kesempatan berharga karena debut bersama tim raksasa LaLiga ini di bawah asuhan Pep Guardiola. Tepatnya pada saat Barca menghadapi Real Mallorca dalam lanjutan LaLiga.

Pada laga yang digelar 29 Oktober 2011 tersebut, Deulofeu masih berusia 17 tahun, 7 bulan dan 16 hari. Dikontrak sejak 2013, ia lebih banyak dipinjamkan ke klub lain. Selama berseragam Barca, penyerang sayap ini hanya tampil dalam 23 laga di semua kompetisi dengan catatan 2 gol dan 2 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Bayern Munchen Ini Paling Sering Bermain di Era Pep Guardiola

3. Bojan Krkic

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Era Pep Guardiolabarcablaugranes.com

Di urutan ketiga ada Bojan Krkic yang sempat menjadi salah satu pemain muda bertalenta yang dimiliki Barcelona. Pada 26 Agustus 2008, pemain Spanyol ini menjalani debut di tim utama El Barca. Saat itu ia diberi kesempatan Pep Guardiola saat menghadapi Wisla Karkow dalam kualifikasi Liga Champions.

Dalam laga tersebut, Krkic masih berusia 17 tahun 11 bulan dan 29 hari. Selama berseragam Barca, ia mencatatkan 163 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut Krkic mencetak 41 gol dan 19 assist. Pemain yang kini berusia 30 tahun tersebut bermain di MLS bersama Montreal Impact.

4. Thiago Alcantara

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Era Pep Guardiolableacherreport.com

Pemain berikutnya pasti sudah sangat familiar bagi penggemar sepak bola, yakni Thiago Alcantara. Pemain yang kini menjadi andalan Liverpool tersebut juga menjadi salah satu pemain yang debut bersama El Barca di era Pep Guardiola. Pertandingan perdana Thiago bersama Barca terjadi pada saat menghadapi Mallorca.

Pada pertandingan yang digelar 17 Mei 2009 tersebut, pemain gelandang ini masih berusia 18 tahun, 1 bulan dan 6 hari. Selama membela Blaugrana, ia telah mencatatkan 100 pertandingan di semua kompetisi. Thiago menorehkan 11 gol dan 20 assist dari penampilannya tersebut.

5. Sergi Gomez

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Barcelona di Era Pep Guardiolamoiceleste.com

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Sergi Gomez yang juga mendapat kesempatan debut di bawah asuhan Pep Guardiola. Pemain Spanyol ini menjalani debut bersama Barcelona pada 14 Agustus 2010. Saat itu El Barca menghadapi Sevilla di ajang Supercopa Spanyol.

Dalam laga tersebut, bek tengah ini masih berusia 18 tahun, 4 bulan dan 17 hari. Laga tersebut menjadi satu-satunya pertandingan yang dimainkan Sergi bersama tim utama Barcelona. Pemain 28 tahun tersebut saat ini membela klub LaLiga lainnya, yakni Sevilla.

Uniknya, semua pemain dalam daftar ini sudah tidak ada yang berseragam Barcelona. Menurut kamu, siapa pemain muda terbaik yang debut bersama Barcelona di era Pep Guardiola?

 

Baca Juga: 8 Pemain Termahal yang Dijual Barcelona di Era Josep Maria Bartomeu

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya