5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Paris Saint-Germain hingga Kini

Ada Nicolas Anelka, lho!

Paris Saint-Germain menjadi kekuatan yang superior di Ligue 1 saat ini. Banyaknya pemain berlabel bintang membuat PSG selalu mendominasi kasta teratas Liga Prancis sedekade belakangan. Hal itu terjadi sejak taipan asal Qatar, Nasser Al-Khelaifi, mengambil alih kepemilikan PSG sejak 2011.

Saat ini mereka memang lebih mengandalkan yang berkualitas, namun dalam sejarah, ada beberapa pemain muda yang merasakan debut bersama PSG. Bahkan, para pemain muda tersebut masih berusia belasan tahun. Rekor pemain termuda Le Parisiens justru setelah dimiliki pemilik anyar. Lantas, siapa saja pemain termuda yang debut bersama Paris Saint-Germain hingga saat ini.

Baca Juga: Jika Gagal Rekrut Neymar dan Lautaro, Barcelona Incar Kingsley Coman

1. Kingsley Coman

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Paris Saint-Germain hingga Kiniespn.com/Getty Images

Kingsley Coman menjadi pemain termuda yang debut bersama Paris Saint-Germain sepanjang sejarah. Pemain berkebangsaan Prancis tersebut mendapat kesempatan tampil bersama skuad utama PSG pada 17 Februari 2013, tepatnya dalam laga lanjutan Ligue 1 saat PSG bertandang ke markas FC Sochaux.

Dalam pertandingan tersebut, Coman baru berusia 16 tahun, 8 bulan, dan 4 hari. Sempat dikontrak di tim utama selama semusim, ia kemudian hengkang ke Juventus pada musim 2014/2015. Saat ini, Coman membela klub Bundesliga, Bayern Munchen. Ia hanya mencatatkan 4 pertandingan selama menjadi bagian PSG.

2. Didier Domi

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Paris Saint-Germain hingga Kinialchetron.com

Didier Domi merupakan pemegang rekor pemain termuda Paris Saint-Germain sebelum dipecahkan oleh Kingsley Coman. Domi tampil perdana bersama PSG pada 24 Januari 1995, tepatnya saat Le Parisiens menghadapi Olympique Lyon di ajang Piala Liga Prancis. Saat itu, ia masih berusia 16 tahun, 8 bulan, dan 22 hari.

Hal itu menjadi pengalaman berharga dalam kariernya karena saat itu ia masih tergabung di tim muda. Domi baru mendapat kontrak bersama tim senior sejak musim 1996/1997. Total, bek kiri itu membela PSG selama empat musim. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2011 itu telah membela PSG dalam 113 pertandingan.

3. Nicolas Anelka

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Paris Saint-Germain hingga Kinigoal.com

Berikutnya ada Nicolas Anelka yang telah malang melintang membela banyak klub Eropa. Pemain berkebangsaan Prancis ini menjalani debut bersama Le Parisiens pada 7 Februari 1996. Saat itu Anelka membela PSG menghadapi AS Monaco dalam lanjutan Ligue 1. Dalam pertandingan tersebut, penyerang ini masih berusia 16 tahun, 10 bulan, dan 24 hari.

Ia juga menjadi pemain yang bolak balik membela PSG. Anelka mencatatkan 69 pertandingan selama berseragam PSG dalam dua setengah musim. Dari penampilannya tersebut, pemain yang gantung sepatu pada tahun 2016 itu mencetak 19 gol dan 2 assist.

4. Bartholomew Ogbeche

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Paris Saint-Germain hingga Kiniparisfans.fr

Lima tahun setelah Anelka, Paris Saint-Germain kembali mengorbitkan striker muda. Ia adalah Bartholomew Ogbeche. Pemain berkebangsaan Nigeria tersebut menjalani debut pada 21 September 2001. Saat itu Ogbeche membela PSG saat berhadapan dengan Montpelier di ajang Ligue 1.

Dalam laga tersebut, pemain berposisi penyerang ini masih berusia 16 tahun, 11 bulan, dan 21 hari. Ia bertahan selama dua setengah musim di PSG sebelum akhirnya dipinjamkan ke tim lain. Ogbeche benar-benar hengkang dari Parc des Princes pada musim 2005/2006. Bersama PSG, pemain yang kini berusia 36 tahun itu tampil dalam 75 pertandingan dengan catatan 8 gol dan 1 assist.

5. Mamadou Sakho

5 Pemain Termuda yang Debut Bersama Paris Saint-Germain hingga Kinibleacherreport.com/Richard Heathcote/Getty Images

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Mamadou Sakho. Pemain berkebangsaan Prancis itu menjalani debut bersama Paris Saint-Germain saat menghadapi AEK Athens di ajang UEFA Cup. Pada laga yang digelar 14 Februari 2007 tersebut, Sakho masih berusia 17 tahun dan 1 hari.

Sempat lama berseragam PSG, ia akhirnya melanjutkan karier di Premier League hingga saat ini. Ia hengkang ke Liverpool pada musim 2013/2014 hingga akhirnya membela Crystal Palace. Saat berseragam Le Parisiens, ia bermain dalam 201 pertandingan. Beroperasi di lini belakang, ia menorehkan 7 gol dan 2 assist.

 

Itulah lima pemain termuda yang debut bersama Paris Saint-Germain hingga saat ini. Ternyata, PSG juga memiliki akademi yang baik dan menghasilkan beberapa pemain berkualitas. Akankah rekor tersebut dipecahkan?

Baca Juga: 5 Pemain Akademi PSG yang Menembus Tim Utama Musim Ini, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya