Comscore Tracker

5 Pemain Top Lulusan Akademi Olympique Lyon, Umtiti Hingga Benzema!

Penghasil pemain berkualitas Prancis!

Olympique Lyon merupakan salah satu klub yang bermain di kasta teratas liga Prancis, Ligue 1. Klub yang satu ini mungkin masih kalah populer dengan klub Prancis lain seperti Paris Saint-Germain. Namun dalam sejarah, Lyon bukanlah tim baru dalam persepak bolaan Eropa.

Bahkan klub yang bermarkas di Parc Olympique Lyonnais ini telah menghasilkan beberapa pemain yang saat ini menjadi andalan tim elite Eropa. Lalu siapa saja pemain top lulusan akademi Olympique Lyon terutama yang masih aktif bermain? Berikut ulasannya.

1. Samuel Umtiti

5 Pemain Top Lulusan Akademi Olympique Lyon, Umtiti Hingga Benzema!fifa.com

Samuel Umtiti merupakan pemain yang kini menjadi andalan di lini belakang Barcelona. Sebelum bergabung dengan El Barca, bek 26 tahun ini pernah berseragam Olympique Lyon. Umtiti merupakan salah satu pemain lulusan akademi Lyon.

Ia bergabung dengan skuat utama Les Gones sejak Januari 2012 sebelum akhirnya hijrah ke Barca pada musim musim 2016/2017. Saat membela Lyon, bek asal Prancis ini tampil dalam 170 pertandingan di semua kompetisi dengan mencetak 5 gol dan 3 assist.

2. Corentin Tolisso

5 Pemain Top Lulusan Akademi Olympique Lyon, Umtiti Hingga Benzema!goal.com

Dari lini tengah ada Corentin Tolisso yang kini berseragam Bayern Munchen. Tolisso juga menjadi pemain yang berasal dari Prancis. Pemain berusia 26 tahun tersebut bergabung dengan The Bavarians pada musim 2017/2018. Tolisso telah membela tim utama Lyon selama tiga musim.

Tepatnya pada musim 2014/2015 hingga akhirnya pindah ke Munchen. Saat membela klub masa kecilnya tersebut, Tolisso tampil dalam 160 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut ia mencatatkan 29 gol dan 17 assist. 

3. Anthony Martial

5 Pemain Top Lulusan Akademi Olympique Lyon, Umtiti Hingga Benzema!lyonmag.com

Pemain berikutnya yaitu dari posisi penyerang, salah satunya Anthony Martial. Mungkin pencinta sepak bola mengenal Martial saat berseragam Manchester United hingga saat ini. Namun ternyata sebelum hijrah ke MU, pemain 24 tahun ini pernah menimba ilmu di akademi Olympique Lyon. Meskipun demikian ia belum pernah dikontrak tim utama Lyon.

Setelah lulus dari akademi, Martial justru mendapat kontrak di tim AS Monaco pada musim 2013/2014. Baru pada musim 2015/2016, Martial direkrut Manchester United. Saat masih di akademi Les Gones, pemain Prancis ini mendapat kesempatan tampil dalam 4 pertandingan bersama tim utama.

Baca Juga: 7 Pemain Lyon yang Memiliki Banderol Tertinggi Musim Ini, Siapa Saja?

4. Alexandre Lacazette

5 Pemain Top Lulusan Akademi Olympique Lyon, Umtiti Hingga Benzema!skysports.com

Alexandre Lacazette juga pernah menimba ilmu di akademi Olympique Lyon. Striker berkebangsaan Prancis tersebut saat ini menjadi andalan Arsenal. Pemain berusia 29 tahun ini membela tim utama Lyon pada sejak musim 2009/2010.

Setelah delapan musim, Lacazette direkrut Arsenal pada musim 2016/2017. Saat berseragam Les Gones, Lacazette tampil dalam 275 pertandingan di semua kompetisi. Dari penampilannya tersebut, Lacazette berhasil mencetak 129 gol serta 43 assist. 

5. Karim Benzema

5 Pemain Top Lulusan Akademi Olympique Lyon, Umtiti Hingga Benzema!goal.com

Pemain terakhir yang satu ini tentu saja tak kalah dikenal pencinta sepak bola. Karim Benzema menjadi andalan Real Madrid sejak musim 2009/2010. Pemain senior yang satu ini juga merupakan lulusan akademi Lyon.

Pemain berusia 32 tahun tersebut bergabung dengan skuat utama Lyon pada musim 2005/2006. Bersama Les Gones, Benzema tampil dalam 148 pertandingan di semua kompetisi. Sebagai striker muda, saat itu Benzema mencetak 66 gol serta 26 assist.

Olympique Lyon menjadi salah satu contoh klub yang sukses dalam pembinaan pemain muda. Sebelum pemain-pemain tersebut, ada beberapa pemain top yang juga pernah menimba ilmu di akademi Lyon. Ada yang masih ingat mantan pemain ternama lulusan akademi Lyon lainnya?

Baca Juga: 5 Pemain Top Aktif yang Pernah Berseragam Olympique Lyon, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya