5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Olympiacos, Deretan Bintang

Ada siapa saja?

Nama Olympiacos mungkin sudah tidak asing lagi bagi penggemar sepak bola meskipun bukan klub liga top Eropa. Klub asal Yunani itu kerap tampil di ajang kompetisi antarklub Eropa seperti Europa League dan Liga Champions. Dalam sejarah, ada beberapa pemain ternama yang pernah membela klub berjuluk Erythrolefki itu.

Bahkan saat ini, mereka juga dibela oleh beberapa pemain yang sebelumnya membela klub liga top Eropa. Nama-nama seperti Yaya Toure hingga Rivaldo menjadi contohnya. Lantas, siapa saja pemain ternama yang pernah berseragam Olympiacos? Bagi kamu yang penasaran, berikut ulasannya.

1. Yaya Toure

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Olympiacos, Deretan Bintanggoal.com/ARIS MESSINIS/AFP/Getty Images

Salah satu pemain ternama yang pernah berseragam Olympiacos adalah Yaya Toure. Seperti yang kita tahu, pemain berkebangsaan Pantai Gading ini pernah menjadi andalan klub elit Premier League, Manchester City. Sebelum bersinar bersama The Cityzens, pemain yang gantung sepatu pada tahun 2020 itu pernah membela beberapa klub.

Salah satunya yaitu Olympiacos pada musim 2005/2006 sebelum hengkang ke AS Monaco. Setelah meninggalkan City, ia juga sempat kembali ke Olympiacos meskipun tidak terlalu lama.

Selama menjadi bagian klub asal Yunani tersebut, pemain pemain yang berposisi gelandang itu tampil dalam 34 pertandingan. Beroperasi di lini tengah, Toure mencatatkan 3 gol dan 1 assist.

2. Kostas Manolas

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Olympiacos, Deretan Bintangolympiacos.org

Nama berikutnya adalah Kostas Manolas yang saat ini masih aktif bermain. Pemain berkebangsaan Yunani itu memang mulai dikenal saat berseragam AS Roma. Namun, klub asal Italia itu menemukan bakatnya saat Manolas membela Olympiacos.

Pemain yang kini berusia 29 tahun itu bergabung dengan Olympiacos sejak musim 2012/2013 setelah hengkang dari AEK Athens. Ia bertahan dua musim sebelum akhirnya direkrut Roma. Sejak musim 2019/2020, ia diboyong Napoli dan bertahan hingga saat ini. Bersama Olympiacos, bek tengah ini tampil dalam 74 pertandingan dengan torehan 6 gol dan 2 assist.

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Hull City, Ada Maguire

3. Sokratis Papastathopoulos

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Olympiacos, Deretan Bintanggreekcitytimes.com

Pemain ketiga dalam daftar ini adalah Sokratis yang saat ini membela Olympiacos. Pemain berkebangsaan Yunani tersebut baru saja bergabung pada Januari 2021 lalu. Pemain yang kini berusia 32 tahun itu sudah cukup berpengalaman bersama klub-klub liga top Eropa. Ia mulai muncul ke permukaan saat berseragam Borussia Dortmund.

Sebelumnya, ia pernah membela beberapa klub Italia seperti Genoa hingga AC Milan. Penampilan apiknya bersama Dortmund membuat Sokratis membela salah satu klub Inggris, Arsenal. Kariernya justru tak berjalan mulus dan membuatnya hengkang ke Olympiacos pada Januari lalu. Pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut baru mencatatkan 1 pertandingan bersama klub Yunani tersebut.

4. Mathieu Valbuena

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Olympiacos, Deretan Bintangtwitter.com/MathieuVal8

Selain Sokratis, pemain lainnya dalam daftar ini yang sedang membela Olympiacos adalah Mathieu Valbuena. Pemain asal Prancis itu tentu saja cukup dikenal saat berseragam Olympique Marseille hingga timnas Prancis. Delapan musim berseragam Marseille, ia kemudian hengkang ke beberapa klub.

Hingga akhirnya sejak musim 2019/2020, pemain yang kini berusia 36 tahun itu bergabung dengan Olympiacos. Hingga saat ini, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu telah membela Olympiacos dalam 62 pertandingan. Meskipun sudah tak muda lagi, ia berhasil menorehkan 11 gol dan 30 assist.

5. Rivaldo

5 Pemain Top yang Pernah Berseragam Olympiacos, Deretan Bintangthesefootballtimes.co

Pemain terakhir dalam daftar ini adalah Rivaldo yang berasal Brasil dan tentu saja sudah sangat dikenal. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2015 itu juga pernah berseragam Olympiacos. Tepatnya sejak musim 2004/2005 setelah hengkang dari Cruzeiro.

Rivaldo bertahan tiga musim sebelum kariernya terus menurun. Rivaldo sendiri sangat bersinar saat berseragam Barcelona. Selama menjadi bagian Olympiacos, pemain yang berposisi sebagai gelandang serang itu mencatatkan 101 pertandingan dengan torehan 43 gol dan 23 assist.

 

Itulah lima pemain ternama yang ternyata pernah membela Olympiacos. Pemain-pemain tersebut tentu saja cukup familier bagi penggemar sepak bola. Adakah pemain lain yang serupa?

Baca Juga: 5 Pemain Top yang Ternyata Pernah Membela Aston Villa, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya