Comscore Tracker

7 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Marcello Lippi Selama Kariernya

Marcello Lippi resmi pensiun dari dunia pelatih sepak bola

Marcello Lippi akhirnya memutuskan pensiun sebagai pelatih setelah terakhir kali membesut timnas Tiongkok pada November 2019 lalu. Sosok legendaris yang satu ini tentu saja sudah dikenal penggemar sepak bola karena telah mengawali karier sebagai pelatih sejak 1982. Pelatih asal Italia ini pernah sukses meraih berbagai gelar bergengsi seperti Liga Champions hingga Piala Dunia.

Sepanjang kariernya, pria 72 tahun ini tentu memiliki pemain yang diandalkan di setiap timnya. Selama kariernya, Lippi telah mengasuh beberapa tim, di antaranya ada Napoli, Inter Milan, Juventus, timnas Italia hingga terakhir timnas Tiongkok. Lantas siapa saja pemain yang paling sering dimainkan Marcello Lippi selama kariernya? Berikut ulasannya.

1. Alessandro Del Piero - 320 penampilan

7 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Marcello Lippi Selama Kariernyaskysports.com

Pemain pertama yang paling sering dimainkan Marcello Lippi selama kariernya adalah Alessandro Del Piero. Pemain berposisi lenyerang ini menjadi anak asuh Lippi bersama dua tim berbeda yakni Juventus dan timnas Italia. Selama dilatih Lippi, Del Piero tampil dalam 320 pertandingan di 10 kompetisi berbeda dalam 11 musim. Dari penampilannya tersebut ia menorehkan 135 gol dan 45 assist.

2. Ciro Ferrara - 301 penampilan

7 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Marcello Lippi Selama Kariernyailbianconero.com

Pemain kedua ini menjadi andalan Marcello Lippi saat menangani Juventus dan Napoli. Pemain tersebut yaitu Cirro Ferrara yang tampil dalam 301 pertandingan di 7 kompetisi berbeda saat ditangani Lippi selama 9 musim. Berposisi sebagai bek tengah, pemain berkebangsaan Italia ini mencetak 20 gol dan 1 assist. Ferrara mengakhiri karier sepak bolanya pada tahun 2005.

3. Alessio Tacchinardi - 286 penampilan

7 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Marcello Lippi Selama Kariernyajuventusnews24.com

Berikutnya ada Alessio Tachinardi yang juga berkebangsaan Italia. Pemain berposisi gelandang bertahan ini menjadi anak asuh Marcello Lippi saat berseragam Atalanta dan juga Juventus. Selama 9 musim dilatih Lippi, Tachinardi mencatatkan 286 penampilan di 7 kompetisi berbeda. Dari penampilannya tersebut ia hanya menorehkan 9 gol dan 5 assist. Sosok yang satu ini memutuskan gantung sepatu pada tahun 2008.

4. Angelo Perruzi - 235 penampilan

7 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Marcello Lippi Selama Kariernyablackwhitereadallover.com

Sementara dari posisi penjaga gawang, Angelo Perruzi menjadi pemain yang diandalkan Marcello Lippi. Selain menjadi diandalkan saat di Juventus, Perruzi juga menjadi anak asuh Marcello Lippi saat berseragam timnas Italia dan Inter Milan. Menjadi sosok penting di bawah mistar gawang, pemain yang pensiun pada tahun 2007 ini mencatatkan 235 pertandingan di 11 kompetisi berbeda dalam 8 musim.

Baca Juga: 8 Pelatih Klub Serie A dengan Bayaran Tertinggi di Musim 2020/2021

5. Gianluca Pessotto - 234 penampilan

7 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Marcello Lippi Selama Kariernyagoal.com

Gianluca Pessotto juga menjadi salah satu sosok penting Juventus di era kepelatihan Marcello Lippi. Pemain berkebangsaan Italia tersebut menjadi anak asuh Marcello Lippi di Juventus selama 7 musim. Pessotto dimainkan Lippi dalam 234 pertandingan di 5 kompetisi berbeda. Berposisi sebagai bek kiri, Pessotto tercatat hanya mencetak 1 gol dan 4 assist. Ia memutuskan gantung sepatu pada tahun 2006.

6. Antonio Conte - 227 penampilan

7 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Marcello Lippi Selama Kariernyagoal.com

Nama berikutnya ini tentu saja dikenal penggemar sepak bola sebagai pelatih ternama saat ini. Saat masih aktif bermain, Antonio Conte juga pernah menjadi anak asuh Marcello Lippi. Tepatnya saat berseragam Juventus dan dilatih Lippi selama 8 musim. Conte yang berposisi sebagai gelandang mencatatkan 227 penampilan di 5 kompetisi berbeda. Sosok yang gantung sepatu pada tahun 2004 ini mencetak 21 gol dan 4 assist dari penampilannya tersebut. 

7. Paolo Montero - 219 penampilan

7 Pemain yang Paling Sering Dimainkan Marcello Lippi Selama Kariernyajuvefc.com

Paulo Montero menjadi satu-satunya pemain dalam daftar ini yang bukan berasal dari Italia. Pemain berkebangsaan Uruguay ini menjadi anak asuh Marcello Lippi saat berseragam Atalanta dan juga Juventus. Selama 7 musim dilatih juru taktik asal Italia tersebut, Montero mencatatkan 219 pertandingan di 6 kompetisi berbeda. Berposisi sebagai bek tengah, ia menorehkan 8 gol dan 2 assist. 

Para pemain yang paling sering dimainkan Marcello Lippi di atas memang kumpulan pemain sukses ya di kariernya. Pria asal Italia ini memang cukup lama menangani Juventus, tak heran jika banyak pemain Juventus dalam daftar ini. Apa momen yang paling diingat dari sosok Marcello Lippi?

Baca Juga: 5 Pemain Aktif yang Pernah Membela Barcelona dan Juventus, Nama Besar!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya