6 Pemain Bintang yang Pernah Berseragam Juventus, AC Milan, dan Inter

Bermental baja!

Persaingan Serie A kembali memanas pada gelaran musim 2020/2021. Juventus yang telah meraih scudetto sembilan kali beruntun, mendapat persaingan sengit dari saingan lama, yakni AC Milan dan Inter Milan.

Ketiga klub tersebut memang memiliki tradisi bersaing dalam sejarah Serie A. Uniknya, corak ketiga klub tersebut hampir sama, yakni garis hitam dipadukan warna lain. Meskipun memiliki sejarah sebagai rival, ternyata ada beberapa pemain yang pernah membela ketiga klub tersebut.

Pemain-pemain ini tentu saja memiliki mental baja karena berani berseragam Juventus, AC Milan dan Inter Milan. Lantas, siapa saja pemain bintang yang pernah berseragam ketiga klub tersebut? Berikut ulasannya.

1. Patrick Vieira

6 Pemain Bintang yang Pernah Berseragam Juventus, AC Milan, dan Interinter.it

Salah satunya yaitu Patrick Vieira yang lebih dikenal saat membela Arsenal. Namun ternyata, pemain asal Prancis itu menjadikan AC Milan klub non-Prancis pertama yang dibela. Ia hanya bertahan satu musim di San Siro sebelum akhirnya hengkang ke Arsenal. Setelah lama bermain di Inggris, pada musim 2005/2006, gelandang bertahan ini kembali ke Italia bersama Juventus.

Namun karena kasus pengaturan skor yang membuat Juventus turun kasta, Vieira pun hijrah ke Inter semusim kemudian. Ia membela Nerazzurri selama empat musim sebelum pindah ke Manchester City dan gantung sepatu pada tahun 2011. Inter menjadi klub Italia tersukses yang dibelanya dengan raihan empat kali scudetto dan satu trofi Liga Champions.

2. Roberto Baggio

6 Pemain Bintang yang Pernah Berseragam Juventus, AC Milan, dan Interinter.it

Roberto Baggio adalah salah satu pesepak bola terbaik yang dimiliki Italia. Pemain yang berposisi striker ini bersinar saat membela Fiorentina hingga kemudian direkrut Juventus pada tahun 1990. Di klub Turin tersebut, ia menjalani masa-masa terbaik dalam kariernya. Namun, kedatangan Alessandro Del Piero membuat Baggio berpikir untuk hengkang.

Pada tahun 1995, ia bergabung dengan AC Milan dan bertahan dua musim. Sempat membela Bologna selama semusim, ia akhirnya berlabuh di Inter Milan. Karier Baggio dirusak oleh alkohol dan gaya hidupnya yang berantakan. Brescia menjadi klub terakhirnya sebelum memutuskan gantung sepatu pada tahun 2004.

3. Andrea Pirlo

6 Pemain Bintang yang Pernah Berseragam Juventus, AC Milan, dan Intergoal.com

Pemain ketiga ini juga salah satu legenda yang dimiliki sepak bola Italia. Andrea Pirlo mengawali kariernya bersama Brescia sebelum akhirnya direkrut Inter Milan pada tahun 1998. Namun, ia gagal menembus tim utama sehingga ia dipinjamkan ke tim lain. Pirlo hanya masuk skuat Inter selama setengah musim pada Juni 2000 hingga Desember 2000.

Keputusannya hengkang ke AC Milan pada tahun 2001 adalah keputusan terbaik dalam karier sepak bolanya. Pirlo meraih puncak kariernya bersama Rossoneri dengan berbagai raihan trofi bergengsi.

Pada tahun 2011, ia hengkang ke Juventus secara gratis dan membantu meraih scudetto empat kali beruntun. New York City menjadi klub terakhirnya sebelum akhirnya pensiun pada tahun 2018, dan kini ia menjadi pelatih Juve.

Baca Juga: 5 Pemain Termuda yang Debut di Serie A Sejak Era 90an, Termasuk Pirlo!

4. Edgar Davids

6 Pemain Bintang yang Pernah Berseragam Juventus, AC Milan, dan Interbleacherreport.com/Marco Bertorello/Getty Images

Edgar Davids adalah pemain yang identik dengan rambut yang khas serta kacamata pelindung. AC Milan menjadi klub Serie A pertama yang ia bela yakni pada tahun 1996. Bertahan hanya satu setengah musim, ia kemudian hengkang ke Juventus dan mencapai puncak karier di klub Turin tersebut.

Pemain berkebangsaan Belanda ini membela 'Si Nyonya Tua' sejak 1998 hingga 2004. Tiga gelar Serie A serta satu trofi Super Copa Italia menjadi bukti kesuksesannya bersama Juve.

Inter Milan menjadi klub berikutnya yang ia bela selama semusim, sebelum akhirnya membela berbagai klub Eropa. Pemain gelandang ini baru benar-benar pensiun pada tahun 2014 lalu.

5. Leonardo Bonucci

6 Pemain Bintang yang Pernah Berseragam Juventus, AC Milan, dan Interjuventus.com

Berikutnya ada Leonardo Bonucci yang saat ini masih aktif membela Juventus. Pemain asal Italia ini adalah salah satu lulusan akademi Inter Milan. Namun, dirinya kesulitan menembus tim utama hingga akhirnya dipinjamkan ke beberapa klub. Setelah berjuang mengembangkan performanya, Bonucci akhirnya direkrut oleh Juventus pada tahun 2010.

Pemain bek tengah ini menjadi andalan Juve dalam meraih gelar bergengsi. Pada tahun 2017, ia mengejutkan publik sepak bola ketika bergabung dengan AC Milan. Namun, hal itu hanya bertahan semusim hingga akhirnya kembali membela 'Si Nyonya Tua' dan bertahan sampai saat ini. 

6. Zlatan Ibrahimovic

6 Pemain Bintang yang Pernah Berseragam Juventus, AC Milan, dan Intermsn.com/Provided by VnExpress/SkySports

Sama seperti Leonardo Bonucci, pemain terakhir dalam daftar ini juga masih aktif bermain di Serie A bersama AC Milan. Zlatan Ibrahimovic adalah pemain dengan banyak klub yang dibela, termasuk ketiga klub elite Italia ini.

Juventus menjadi klub Italia pertama yang ia  bela setelah hengkang dari Ajax pada tahun 2004. Bertahan hanya dua musim, Ibra hengkang ke klub rival yakni Inter Milan pada tahun 2006.

Sempat membela Barcelona pada tahun 2009, ia kembali ke Italia setahun kemudian dengan berseragam AC Milan. Lagi-lagi, kariernya tak bertahan lama bersama satu klub karena dirinya kembali pindah klub pada tahun 2012. Melanglang buana bersama klub elit Eropa hingga Amerika Serikat, striker Swedia ini kembali membela AC Milan sejak awal tahun ini.

 

Itulah enam pemain bintang yang pernah berseragam tiga klub elite Italia, yakni Juventus, AC Milan dan Inter Milan. Siapa pemain paling sukses bersama ketiga klub tersebut?

Baca Juga: Hampir 40 Tahun, Ini 5 Alasan Ibrahimovic Masih Moncer di Milan  

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya