5 Penyerang Paling Subur yang Pernah Berseragam Timnas Inggris

Wayne Rooney hingga Harry Kane!

Inggris tak pernah kehabisan talenta sepak bola setiap masanya. Persaingan di setiap posisi untuk memperkuat The Three Lions begitu ketat. Seperti halnya saat ini, Gareth Southgate selaku pelatih Timnas Inggris memiliki banyak pilihan pemain di setiap posisinya. Khususnya di posisi penyerang, saat ini Inggris memiliki satu nama paling populer, yakni Harry Kane.

Penyerang yang membela Tottenham Hotspur tersebut menjadi salah satu penyerang paling subur dalam sejarah Timnas Inggris. Selain Kane, ada juga beberapa penyerang lainnya yang tak kalah tajam. Siapa saja mereka? Berikut penyerang paling subur yang pernah berseragam Timnas Inggris.

1. Wayne Rooney

5 Penyerang Paling Subur yang Pernah Berseragam Timnas Inggrisfifa.com

Penyerang paling subur yang pernah berseragam Timnas Inggris hingga saat ini adalah Wayne Rooney. Pemain yang saat ini menjadi pelatih Derby County tersebut pernah menjadi tumpuan di lini serang skuad The Three Lions.

Mantan penggawa Manchester United ini pertama kali debut bersama Timnas Inggris pada 6 September 2003 dan laga terakhirnya pada 27 Juni 2016. Hampir 13 tahun menjadi andalan Timnas Inggris, sosok 35 tahun ini telah mengoleksi 53 gol di semua ajang. Jumlah tersebut ia torehkan dari 120 penampilan.

Baca Juga: 10 Pemain yang Pernah Menjadi Player-Manager, Siapa Selain Rooney?

2. Gary Lineker

5 Penyerang Paling Subur yang Pernah Berseragam Timnas Inggrisgoal.com

Gary Lineker merupakan mantan penyerang yang pernah membela Barcelona dan Tottenham Hotspur. Tak hanya menjadi andalan di klub, Lineker juga diandalkan Timnas Inggris. Tepatnya sejak laga debut pada 26 Maret 1985 hingga laga terakhirnya 29 April 1992.

Meskipun tidak terlalu lama, Lineker cukup produktif saat membela The Three Lions. Penyerang yang pensiun pada tahun 1994 tersebut sukses mengoleksi 48 gol. Torehan tersebut ia raih dari 78 pertandingan bersama Timnas Inggris di semua ajang.

3. Jimmy Greaves

5 Penyerang Paling Subur yang Pernah Berseragam Timnas Inggrisskysports.com

Jimmy Greaves menjadi pemain asal Inggris yang membela cukup banyak klub semasa kariernya. Tottenham Hotspur, Chelsea, hingga AC Milan pernah dibela Greaves sebelum gantung sepatu pada tahun 1980. Greaves menjalani debut bersama The Three Lions pada 17 Mei 1959 hingga laga terakhirnya 24 Mei 1967.

Greaves menjadi salah satu bagian Timnas Inggris saat menjuarai Piala Dunia 1966. Sebagai seorang penyerang, Greaves sukses mencetak 43 gol dari 56 penampilan bersama Timnas Inggris.

4. Michael Owen

5 Penyerang Paling Subur yang Pernah Berseragam Timnas Inggrisindependent.co.uk

Penyerang berikutnya ini mungkin sudah tidak asing bagi penggemar sepak bola milenial. Pemain tersebut adalah Michael Owen yang pernah membela beberapa klub elite. Penyerang yang pensiun pada tahun 2013 tersebut juga pernah menjadi andalan Timnas Inggris.

Ia menjalani laga terakhirnya bersama The Three Lions pada 12 September 2007 setelah debut pada 27 Mei 1998. Sebagai penyerang subur yang pernah menjadi top skor Premier League, Owen juga tak kalah tajam saat membela Timnas Inggris. Ia berhasil mencatatkan 40 gol dari 89 penampilan di semua ajang.

5. Harry Kane

5 Penyerang Paling Subur yang Pernah Berseragam Timnas Inggrispremierleague.com

Penyerang terakhir dalam daftar ini masih menjadi andalan Timnas Inggris hingga kini. Harry Kane menjalani debut bersama The Three Lions pada 27 Maret 2015. Kane merupakan sosok penyerang mematikan yang kini menjadi andalan Tottenham Hotspur.

Buktinya, pemain 27 tahun ini pernah meraih trofi Golden Boot Premier League dalam dua musim beruntun, 2015/2016 dan 2016/2017. Hal itu tentu saja menjadikan Kane layak disebut penyerang terbaik asal Inggris saat ini. Sosok yang dipercaya menjadi kapten ini telah mencetak 32 gol hanya dari 51 pertandingan bersama Timnas Inggris.

 

Inggris cukup beruntung karena memiliki penyerang yang berkualitas di setiap masanya. Meskipun demikian, mereka sudah cukup lama tidak berprestasi di level internasional. Akankah Harry Kane mencatatkan rekor baru?

Baca Juga: Termasuk Mantan Timnya, Ini 7 Klub yang Sering Dijebol Harry Kane!

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya