Comscore Tracker

5 Pesepak Bola Top yang Tak Pernah Masuk 3 Besar Ballon d'Or

Thomas Muller, Rooney hingga Luis Suarez!

Tak diragukan lagi, Ballon d'Or adalah penghargaan individu terbesar dalam sepak bola. Daftar pemenang Ballon d'Or adalah kumpulan nama dari beberapa individu terbaik yang pernah memainkan permainan indah ini. Beberapa nama yang paling dikenal dalam sejarah sepak bola telah memenangkan Ballon d'Or.

Tetapi dalam beberapa tahun terakhir, kita telah melihat Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo mendominasi untuk meraih penghargaan bergengsi tersebut. Beberapa pemain terhebat sepanjang masa seperti Andres Iniesta, Xavi, Thierry Henry, dan beberapa nama lain, tidak pernah memenangkan penghargaan.

Tapi mereka semua setidaknya berhasil masuk tiga besar. Sementara itu, ada beberapa pemain hebat lain yang ternyata tidak pernah masuk 3 besar Ballon d'Or. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya.

1. Thomas Muller

5 Pesepak Bola Top yang Tak Pernah Masuk 3 Besar Ballon d'OrThomas Muller (goal.com)

Thomas Muller adalah salah satu legenda sepak bola yang kurang mendapat apresiasi. Thomas Muller telah memenangkan banyak trofi baik bersama klub maupun Timnas Jerman. Dia bahkan memenangkan Piala Dunia bersama Jerman pada tahun 2014. Setahun sebelumnya, dia telah memenangkan Liga Champions bersama Bayern Munich.

Seorang pemain serba bisa dan andal, Muller meraih dalam treble winner bersama Bayern di musim 2012/13. Dia mencetak 23 gol musim itu, 13 di antaranya datang di Bundesliga. Dia juga mencetak 8 gol di Liga Champions. Namun anehnya, dia hanya menempati urutan ke-17 dalam ajang Ballon d'Or saat itu. Setahun kemudian, ia juga hanya mampu berada di posisi lima besar setelah menjuarai Piala Dunia. 

2. Andrea Pirlo

5 Pesepak Bola Top yang Tak Pernah Masuk 3 Besar Ballon d'OrAndrea Pirlo (bleacherreport.com/Valerio Pennicino/Getty Images)

Andrea Pirlo adalah salah satu gelandang terbaik yang pernah ada. Pirlo membuat segalanya terlihat sederhana dan itu menyenangkan hanya dengan melihatnya menjalankan tugasnya. Pirlo menikmati karier yang luar biasa, yang paling menonjol adalah memenangkan Piala Dunia bersama Italia pada 2006.

Dia juga memenangkan Liga Champions bersama AC Milan setahun kemudian. Pirlo adalah salah satu pilar utama di balik kemenangan Italia di Piala Dunia, namun sayangnya dia tak pernah mencapai podium Ballon d'Or. Pencapaian terbaiknya adalah pada tahun 2007 ketika dia berada di posisi kelima. 

3. Wayne Rooney

5 Pesepak Bola Top yang Tak Pernah Masuk 3 Besar Ballon d'OrWayne Rooney (goal.com)

Wayne Rooney mengguncang dunia dengan penampilannya di Piala Eropa 2004. Rooney menikmati karier yang spektakuler di Manchester United tetapi sikap tidak mementingkan diri sendiri telah membuatnya kehilangan penghargaan. Rooney adalah pemain serba bisa di lini depan dan lini tengah. Dia lebih sering melayani bintang lain yang akan memikat United saat itu.

Berbagai prestasi telah ia raih khususnya bersama klub. Premier League, Liga Champions hingga Piala Dunia Antarklub pernah dia raih. Sementara untuk catatan pribadi, dia juga kerap menjadi pencetak gol terbanyak di klub serta meraih PFA Player of the Year pada tahun 2010. Namun terlepas dari kontribusinya, Rooney tidak pernah masuk tiga besar Ballon d'Or. Pencapaian terbaiknya masuk lima besae pada Ballon d'Or 2011.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpotensi Meraih Ballon d’Or setelah Piala Eropa 2020

4. Johan Neeskens

5 Pesepak Bola Top yang Tak Pernah Masuk 3 Besar Ballon d'OrJohan Neeskens (scorum.com)

Johan Neeskens adalah salah satu gelandang Belanda terhebat sepanjang masa. Dia menjadi salah satu pemain yang pertama mengkhususkan diri dalam peran box-to-box dan seorang pekerja yang tak kenal lelah. Cruyff memenangkan Ballon d'Or tiga kali dan dia berutang banyak pujian kepada para pemain yang mendukungnya termasuk Neeskens.

Bersama mereka berhasil mencapai final Piala Dunia pada tahun 1974 dan 1978. Neeskens juga secara luas diakui sebagai pemain terbaik di Piala Dunia 1974. Dia memenangkan Sepatu Perak Piala Dunia dan masuk dalam Tim terbaik Piala Dunia.Tapi dia hanya berada di posisi kelima dalam gelaran Ballon d'Or tahun itu dan itu pencapaian terbaiknya sepanjang kariernya.

5. Luis Suarez

5 Pesepak Bola Top yang Tak Pernah Masuk 3 Besar Ballon d'OrLuis Suarez (bleacherreport.com/LLUIS GENE/Getty Images)

Sulit untuk tidak mengakui jika Luis Suarez adalah salah satu pesepak bola terbaik abad ke-21. Penyerang asal Uruguay itu mencapai prestasi yang hampir tak terbayangkan mengungguli Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi ketika mereka berada di puncak kariernya. Dia juga memenangkan banyak hal bersama Barcelona.

Setelah berkembang di Ajax, Suarez menarik perhatian semua orang karena penampilannya yang luar biasa di Premier League untuk Liverpool. Dia kemudian pindah ke Barcelona di mana dia menjadi bagian dari trio penyerang terbesar di sepak bola modern, MSN.

Pada musim 2015/16, pemain Uruguay itu tak terbendung dengan mencetak 53 gol dalam 58 pertandingan di semua kompetisi. Namun, pencapaian terbaik Suarez dalam perburuan Ballon d'Or adalah pada tahun 2015 ketika dia finis di urutan kelima.

Tak dimungkiri lagi jika para pemain tersebut memiliki karier sepak bola yang sangat luar biasa. Meraih banyak trofi bergengsi baik bersama klub maupun timnas. Namun sayangnya, mereka kurang beruntung karena tertutup oleh bintang lainnya.

Baca Juga: 5 Pemenang Penghargaan Ballon d’Or Terhebat Sepanjang Sejarah

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Berita Terkini Lainnya