Comscore Tracker

6 Pemain yang Menjadi Star of the Match di Grup A Piala Eropa 2020

Deretan bintang lapangan Grup A

Piala Eropa 2020 telah memasuki matchday terakhir di penyisihan grup. Beberapa grup bahkan telah memainkan semua pertandingan, salah satunya grup A. Tiga tim berhasil lolos dari grup ini, yakni Italia, Wales, dan Swiss. Italia tampil trengginas di babak grup dengan menyapu bersih pertandingan dengan kemenangan.

Tak heran jika pemainnya dinobatkan sebagai star of the match di setiap pertandingan. Namun, tak hanya pemain dari Italia yang mendapat penghargaan ini di grup A. Beberapa pemain dari negara lain juga mendapatkan penghargaan serupa berkat penampilannya yang ciamik dalam pertandingan. Berikut daftar pemain yang meraih penghargaan star of the match di Grup A. 

1. Leonardo Spinazzola (Italia)

6 Pemain yang Menjadi Star of the Match di Grup A Piala Eropa 2020Leonardo Spinazzola (twitter.com/ItalyProp)

Leonardo Spinazzola menjadi pemain pertama yang mendapat penghargaan Star of the Match di Piala Eropa 2020. Hal itu terjadi saat laga pembukaan antara Italia menghadapi Turki. Spinazzola sukses mengantarkan Italia menang meyakinkan dengan skor telak 3-0. Berposisi sebagai bek kanan, Spinazzola tampil apik dalam memutus serangan lawan dan membantu serangan.

Gol kedua Italia yang dicetak Immobile juga berkat bola liar tembakan Spinazzola. Dalam laga tersebut, Spinazzola mencatatkan 5 kali ball recovery, 1 kali blok, dan akurasi passing sebesar 83 persen. Jarak tempuh Spinazzola selama pertandingan tersebut adalah 10,4 kilometer.

2. Breel Embolo (Swiss)

6 Pemain yang Menjadi Star of the Match di Grup A Piala Eropa 2020Breel Embolo (twitter.com/africansinsport)

Di pertandingan lain Grup A, Swiss menghadapi Wales, berakhir imbang 1-1. Breel Embolo dinobatkan sebagai Star of the Match dalam pertandingan ini. Hal itu tak lepas dari penampilan impresif yang ia tunjukkan. Bahkan, penyerang 24 tahun ini membawa Swiss sempat unggul melalui golnya di menit 49.

Pada pertandingan yang digelar di Baku, Azerbaijan, ini Embolo tercatat melakukan 6 percobaan tembakan dengan 3 di antaranya tepat ke gawang. Statistik lain Embolo adalah 18 umpan sukses dari 20 kali percobaan atau 90 persen akurasi umpan.

Baca Juga: Prediksi Grup E Piala Eropa 2020: Pertaruhan Swedia dan Spanyol

3. Gareth Bale (Wales)

6 Pemain yang Menjadi Star of the Match di Grup A Piala Eropa 2020Gareth Bale (twitter.com/GarethBale11)

Pemain bintang Wales, Gareth Bale, juga pernah dinobatkan sebagai Star of the Match di Piala Eropa 2020 kali ini. Hal tersebut ia dapatkan setelah ia mengantarkan Wales meraih kemenangan 2-0 atas Turki. Dalam pertandingan tersebut, Bale sebenarnya memiliki peluang emas mencetak gol. Namun, penalti yang ia lakukan gagal berbuah gol.

Meski demikian, Bale yang menjadi kapten Wales membayarnya dengan 2 assist untuk rekannya. Assist pertama ia berikan kepada Aaron Ramsey di babak pertama. Sementara itu, gol kedua di penghujung pertandingan yang dicetak Connor juga berkat assist Bale.

4. Manuel Locatelli (Italia) 

6 Pemain yang Menjadi Star of the Match di Grup A Piala Eropa 2020Manuel Locatelli (twitter.com/EURO2020)

Manuel Locatelli menjadi salah satu pemain yang disorot dalam gelaran Piala Eropa 2020 kali ini. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu menjadi bintang pertandingan kala Italia menghadapi Swiss.

Gli Azzurri meraih kemenangan meyakinkan 3-0 dengan 2 gol di antaranya dicetak Locatelli. Tak hanya mencetak 2 gol, Locatelli tampil menawan di lini tengah Italia. Selama gelaran Piala Eropa 2020, Locatelli telah bermain dalam dua pertandingan. Ia mencatatkan 92 persen akurasi umpan.

5. Federico Chiesa (Italia) 

6 Pemain yang Menjadi Star of the Match di Grup A Piala Eropa 2020Federico Chiesa (twitter.com/ESPNFC)

Pemain Italia lagi-lagi menjadi bintang pertandingan di matchday ketiga. Kali ini giliran Federico Chiesa yang dinobatkan sebagai Star of the Match saat Italia menghadapi Wales. Dalam pertandingan tersebut, Gli Azzurri menang dengan skor tipis 1-0. Meskipun dalam pertandingan tersebut Chiesa tidak mencatatkan gol ataupun assist, kontribusinya tak bisa diremehkan.

Chiesa memang tercatat telah memainkan 3 pertandingan, namun baru saat melawan Wales ia bermain penuh. Di Piala Eropa 2020 ini ia telah mencatatkan 84 persen akurasi umpan dengan 4 kali melakukan percobaan.

6. Xherdan Shaqiri (Swiss)

6 Pemain yang Menjadi Star of the Match di Grup A Piala Eropa 2020Xherdan Shaqiri (twitter.com/UEFAcom_pt)

Pemain terakhir yang dinobatkan sebagai Star of the Match di pertandingan Grup A Piala Eropa 2020 adalah Xherdan Shaqiri. Pemain Liverpool ini tampil apik saat mengantarkan Timnas Swiss menang 3-1 atas Turki.

Dari tiga gol yang dicetak Swiss, dua di antaranya dicetak Shaqiri. Kontribusi Shaqiri dalam pertandingan ini sangat penting hingga akhirnya Swiss meraih kemenangan. Hasil ini membuat Swiss menjadi salah satu tim yang akan berlaga di babak 16 besar.

 

Keenam pemain tersebut memang layak menjadi bintang lapangan. Uniknya, tak ada pemain di Grup A yang meraih Star of the Match lebih dari satu kal. Di antara pemain tersebut, siapa yang jadi favoritmu?

Baca Juga: 5 Pemain Kunci Swiss di Ajang Piala Eropa 2020, Xhaka hingga Shaqiri

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya