Comscore Tracker

10 Transfer Musim Panas Termahal Sepanjang Sejarah, Para Bintang!

Akankah ada rekor baru?

Kompetisi musim 2020/2021 di Eropa akan segera berakhir. Para klub tentunya mulai mengevaluasi kekurangan musim ini untuk persiapan musim depan. Perekrutan pemain menjadi salah satu hal penting dalam persiapan menuju musim baru. Tak heran jika pada bursa transfer musim panas banyak pemain yang pindah klub daripada pada musim dingin.

Hingga kini banyak rekor transfer yang tercatat pada bursa transfer musim panas. Pada musim panas nanti, bisa saja ada rekor transfer baru dengan beberapa rumor panas yang beredar. Untuk menyegarkan ingatan football lovers, berikut kami sajikan transfer pemain termahal dalam sejarah transfer sepak bola musim panas.

10. Cristiano Ronaldo, dari Manchester United ke Real Madrid (94 Juta Euro)

10 Transfer Musim Panas Termahal Sepanjang Sejarah, Para Bintang!goal.com

Salah satu transfer pemain termahal di bursa tranfer musim panas sepanjang sejarah adalah kepindahan Cristiano Ronaldo ke Real Madrid pada musim 2009/2010. Ronaldo yang bersinar saat membela Manchester United dibeli Madrid dengan harga 94 juta euro atau Rp1,6 triliun.

El Real cukup beruntung mendapatkan Ronaldo yang kualitasnya tak perlu diragukan lagi. Bahkan, meskipun mulai menua, nilai jual Ronaldo masih tetap tinggi saat hengkang ke Juventus.

9. Gareth Bale, dari Tottenham Hotspur ke Real Madrid (101 Juta Euro)

10 Transfer Musim Panas Termahal Sepanjang Sejarah, Para Bintang!instagram.com/garethbale11

Memiliki julukan Los Galacticos, Real Madrid tentu saja kerap merekrut pemain dengan harga fantastis. Setelah Ronaldo, berikutnya ada Gareth Bale. Pemain Wales tersebut didatangkan Madrid dari Tottenham Hotspur pada musim 2013/2014.

Demi mendatangkan Bale, El Real mengeluarkan dana sebesar 101 juta euro atau setara dengan Rp1,7 triliun. Sempat diisukan akan pindah, Bale masih bertahan di Madrid hingga kini. Namun, musim ini ia dipinjamkan ke klub lamanya, Tottenham Hotspur.

8. Paul Pogba, dari Juventus ke Manchester United (105 Juta Euro)

10 Transfer Musim Panas Termahal Sepanjang Sejarah, Para Bintang!foxsportsasia.com

Paul Pogba menjadi pemain asal Prancis yang cukup berkualitas sebagai seorang gelandang. Pemain ini diboyong Manchester United pada musim 2016/2017, saat ia masih berusia 23 tahun.

Pogba ditebus United dari Juventus dengan dana mencapai 105 juta euro atau setara dengan Rp1,8 triliun. Hingga saat ini Pogba masih menjadi andalan di lini tengah United meskipun beberapa kali diisukan akan hengkang.

7. Eden Hazard, dari Chelsea ke Real Madrid (115 Juta Euro)

10 Transfer Musim Panas Termahal Sepanjang Sejarah, Para Bintang!en.as.com

Tak hanya Bale dan Ronaldo, Real Madrid juga pernah merekrut pemain dengan nilai yang lebih mahal. Pemain yang dimaksud adalah Eden Hazard. Bintang Belgia ini hijrah dari Chelsea ke Real Madrid pada awal musim 2019/2020.

Tampil gemilang bersama The Blues, Hazard ditebus Madrid dengan harga 115 juta euro atau setara dengan Rp1,9 triliun. Namun, hingga kini Hazard masih dianggap gagal bersama El Real karena tampil kurang meyakinkan.

Baca Juga: 5 Penyebab Eden Hazard Rawan Cedera saat Berseragam Real Madrid!

6. Cristiano Ronaldo, dari Real Madrid ke Juventus (117 Juta Euro)

10 Transfer Musim Panas Termahal Sepanjang Sejarah, Para Bintang!twitter.com/juventusfcen

Tak hanya saat bergabung, nilai jual Cristiano Ronaldo justru lebih mahal saat hengkang dari Real Madrid. Megabintang asal Portugal ini dilepas El Real ke Juventus pada musim 2018/2019.

Si Nyonya Tua rela mengeluarkan dana hingga 117 juta euro atau setara dengan Rp2 triliun untuk mendapatkan peraih Ballon d'Or 5 kali tersebut. Harga tersebut tentu saja cukup sepadan dengan kualitas yang dimiliki CR7 meskipun sudah tak muda lagi.

5. Antoine Griezmann, dari Atletico Madrid ke Barcelona (120 Juta Euro)

10 Transfer Musim Panas Termahal Sepanjang Sejarah, Para Bintang!fcbarcelona.com

Barcelona juga tak mau kalah dari Real Madrid dan kerap mendatangkan pemain dengan harga fantastis, salah satunya adalah Antoine Griezmann yang dibeli dari klub LaLiga lainnya, Atletico Madrid pada musim 2019/2020.

Atletico melepas Griezmann ke El Barca dengan harga 120 juta euro atau setara dengan Rp2 triliun. Sejauh ini, Griezmann mampu menunjukkan performa cukup baik meskipun belum menyamai performanya sendiri saat membela Atletico.

4. Joao Felix, dari Benfica ke Atletico Madrid (127,2 Juta Euro)

10 Transfer Musim Panas Termahal Sepanjang Sejarah, Para Bintang!tvi24.iol.pt

Antoine Griezmann hengkang, Atletico Madrid mendatangkan Joao Felix sebagai penggantinya. Penyerang asal Portugal tersebut didatangkan Atletico dari Benfica pada awal musim 2019/2020.

Felix yang saat itu masih berusia 19 tahun dibeli Atletico dengan mahar senilai 127,2 juta euro atau setara dengan Rp2,1 triliun. Hal tersebut tak terlepas dari penampilan impresifnya saat membela Benfica.

3. Ousmane Dembele, dari Borussia Dortmund ke Barcelona (135 Juta Euro)

10 Transfer Musim Panas Termahal Sepanjang Sejarah, Para Bintang!le10sport.com

Sebelum mendatangkan Antoine Griezmann, Barcelona telah merekrut pemain dengan harga yang lebih tinggi. Pemain tersebut adalah Ousmane Dembele yang direkrut Barca dari Borussia Dortmund.

Transfer tersebut terjadi pada musim 2017/2018 dengan harga mencapai 135 juta euro atau setara dengan Rp2,3 triliun. Meskipun diboyong dengan harga fantastis, karier Dembele tak mengesankan.

2. Kylian Mbappe, dari AS Monaco ke Paris Saint-Germain (145 Juta Euro)

10 Transfer Musim Panas Termahal Sepanjang Sejarah, Para Bintang!en.as.com

Pemain kedua dalam daftar ini merupakan penyerang yang dibeli Paris Saint-Germain. Pada musim 2018/2019, Kylian Mbappe diboyong PSG dengan harga fantastis.

Bintang muda asal Prancis tersebut ditebus PSG dari AS Monaco dengan harga sebesar 145 juta euro atau setara dengan Rp2 triliun. Saat hijrah ke PSG, Mbappe baru berusia 19 tahun dan hingga kini masih membela PSG.

1. Neymar, dari Barcelona ke Paris Saint-Germain (222 Juta Euro)

10 Transfer Musim Panas Termahal Sepanjang Sejarah, Para Bintang!businessinsider.com

Transfer pemain termahal di bursa tranfer musim panas sepanjang sejarah adalah kepindahan Neymar. Kepindahannya dari Barcelona ke Paris Saint-Germain pada musim 2017/2018 tentu saja menggemparkan publik sepak bola.

Pemain Brasil tersebut diboyong PSG dengan dana yang fantastis, yaitu sebesar 222 juta euro atau setara dengan Rp3,8 triliun. Nilai tersebut sepertinya akan sangat sulit dipecahkan oleh siapa pun.

 

Dengan nilai transfer fantastis tersebut, ada yang sukses, ada juga yang tampil kurang memuaskan. Akankah ada rekor transfer baru pada musim panas 2021 mendatang? Patut kita nantikan!

Baca Juga: Neymar Hingga Antony, 10 Penyerang Brasil dengan Harga Pasar Tertinggi

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya