Comscore Tracker

10 Transfer Pemain Afrika Termahal Hingga Kini, Hakimi Salah Satunya? 

Hakimi resmi bergabung dengan Inter Milan! 

Talenta pesepak bola asal Afrika sudah tak perlu diragukan lagi. Tak sedikit pemain Afrika yang tersebar di berbagai liga di dunia termasuk Eropa. Dengan kemampuan yang mereka miliki, para pemain Afrika pun memiliki harga yang tak kalah tinggi. Beberapa dari mereka dibeli klub-klub elite dengan nilai transfer fantastis.

Terbaru ada Achraf Hakimi yang baru saja menyelesaikan kepindahannya ke Inter Milan. Dengan resminya Hakimi bergabung dengan Inter, ia termasuk pemain Afrika dengan nilai transfer tertinggi. Berikut daftar pemain Afrika yang catatkan nilai transfer tertinggi. 

1. Nicolas Pepe - 80 juta euro

10 Transfer Pemain Afrika Termahal Hingga Kini, Hakimi Salah Satunya? premierleague.com

Rekor pemain Afrika termahal hingga saat ini dipegang oleh Nicolas Pepe. Pepe merupakan pemain berkebangsaan Pantai Gading yang kini berusia 25 tahun. Penyerang sayap ini bergabung dengan Arsenal pada awal musim ini. The Gunners memboyong Pepe dari LOSC Lille dengan harga 80 juta euro. 

2. Riyad Mahrez - 67,8 juta euro 

10 Transfer Pemain Afrika Termahal Hingga Kini, Hakimi Salah Satunya? premierleague.com

Sebelum Nicolas Pepe, Riyad Mahrez sempat menjadi pemain Afrika termahal. Hal tersebut setelah pemain Aljazair ini direkrut Manchester City pada musim 2018/2019. The Citizens merekrut Mahrez dari Leicester City dengan mahar mencapai 67,8 juta euro. Nilai tersebut tentu saja sepadan dengan kualitas penyerang sayap ini.

3. Pierre-Emerick Aubameyang - 63,75 juta euro 

10 Transfer Pemain Afrika Termahal Hingga Kini, Hakimi Salah Satunya? arsenal.com

Pierre-Emerick Aubameyang juga menjadi salah satu pemain Afrika termahal. Pada musim 2017/2018, striker Gabon ini diboyong Arsenal dari Borussia Dortmund. Demi dapatkan Aubameyang, The Gunners rela menggelontorkan dana sebesar 63,75 juta euro. 

4. Naby Keita - 60 juta euro 

10 Transfer Pemain Afrika Termahal Hingga Kini, Hakimi Salah Satunya? liverpool.com

Dari posisi gelandang, Naby Keita juga memiliki nilai transfer tak kalah tinggi. Pemain asal Guinea tersebut direkrut Liverpool pada musim 2018/2019. Demi dapatkan Keita dari RB Leipzig, The Reds mengeluarkan dana sebesar 60 juta euro. Pembelian Keita cukup sukses dengan raihan gelar dalam dua musim terakhir. 

5. Mohamed Salah - 42 juta euro 

10 Transfer Pemain Afrika Termahal Hingga Kini, Hakimi Salah Satunya? skysports.com

Mohamed Salah menjelma menjadi pemain bintang setelah bergabung dengan Liverpool. Pemain Mesir tersebut diboyong Liverpool dari AS Roma pada musim 2017/2018. Kualitas yang dimiliki Salah cukup sepadan dengan nilai transfernya yang mencapai 42 juta euro. 

Baca Juga: 6 Pemain Afrika Paling Bersinar dalam Sejarah Premier League, Terbaik!

6. Sadio Mane - 41,2 juta euro 

10 Transfer Pemain Afrika Termahal Hingga Kini, Hakimi Salah Satunya? metro.co.uk

Tak hanya Salah, Sadio Mane juga menemukan permainan terbaiknya saat membela Liverpool. Bintang Senegal ini diboyong Liverpool dari sesama klub Premier League, Southampton. Transfer yang terjadi pada musim 2016/2017 tersebut melibatkan dana sebesar 41,2 juta euro. 

7. Achraf Hakimi - 40 juta euro 

10 Transfer Pemain Afrika Termahal Hingga Kini, Hakimi Salah Satunya? transfermarkt.com

Achraf Hakimi menjadi pemain Afrika terbaru yang memutuskan pindah klub. Pemain asal Maroko ini sebelumnya terikat kontrak dengan Real Madrid, namun ia dipinjamkan ke Borussia Dortmund. Untuk dapatkan bek kanan tersebut, Inter Milan harus merogoh kocek hingga 40 juta euro. Dengan usianya yang baru 21 tahun, Hakimi bisa diandalkan Inter dalam beberapa musim ke depan. 

8. Hakim Ziyech - 40 juta euro 

10 Transfer Pemain Afrika Termahal Hingga Kini, Hakimi Salah Satunya? goal.com

Sama seperti Hakimi, Hakim Ziyech juga akan bergabung dengan tim baru pada musim depan. Penyerang sayap ini memutuskan hijrah dari Ajax Amsterdam dan bergabung dengan Chelsea. Demi datangkan pemain Maroko tersebut, The Blues harus membayar sebesar 40 juta euro. 

9. Cedric Bakambu - 40 juta euro 

10 Transfer Pemain Afrika Termahal Hingga Kini, Hakimi Salah Satunya? goal.com

Tak hanya klub Eropa yang berani membeli pemain Afrika dengan harga tinggi. Cedric Bakambu menjadi pemain Afrika yang diboyong klub China, Beijing Guoan, dengan harga cukup tinggi. Beijing Guoan memboyong Bakambu dari Villarreal pada musim 2018/2019. Demi dapatkan striker Kongo tersebut, Beijing Guoan mengeluarkan dana sebesar 40 juta euro. 

10. Didier Drogba - 29,5 juta euro 

10 Transfer Pemain Afrika Termahal Hingga Kini, Hakimi Salah Satunya? express.co.uk

Pemain termahal berikutnya sempat memegang rekor pemain termahal Afrika. Pada musim 2004/2005, Didier Drogba diboyong Chelsea dari Marseille. Striker Pantai Gading tersebut ditebus Chelsea dengan harga sebesar 29,5 juta euro. Kini legenda Chelsea tersebut telah memutuskan gantung sepatu pada tahun 2018. 

Itulah 10 pemain Afrika yang memiliki nilai transfer tertinggi hingga saat ini. Setelah Achraf Hakimi, siapa pemain Afrika lain yang akan pindah dengan harga tinggi? 

Baca Juga: 10 Pemain Afrika dengan Market Value Tertinggi, Duo Liverpool Termahal

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya