Comscore Tracker

5 Transfer Tak Terduga yang Pernah Dilakukan Chelsea, Rekrutan Gagal!

Alexandre Pato hingga Juan Sebastian Veron!

Chelsea menjadi klub yang kerap mendatangkan pemain top khususnya di era Roman Abramovich. Taipan asal Rusia itu melakukan segala cara agar klub tersebut meraih kesuksesan. Banyak pemain top yang didatangkan ke Stamford Bridge, hasilnya pun tidak mengecewakan. Meskipun demikian, pembelian yang dilakukan The Blues tak selalu berujung kesuksesan.

Ada beberapa pemain yang tak mampu berbuat banyak saat membela Chelsea. Bahkan karena ambisinya, Abramovich dan Chelsea kerap melakukan transfer yang tak terduga. Biasanya karena mereka panik tidak mendapat pemain incaran. Meskipun harganya terbilang kecil, transfer ini tak terduga pernah dilakukan Chelsea. Apa saja itu?

1. Alexandre Pato dari Corinthians

5 Transfer Tak Terduga yang Pernah Dilakukan Chelsea, Rekrutan Gagal!the42.ie

Salah satu transfer pemain tak terduga yang pernah dilakukan Chelsea adalah merekrut Alexandre Pato. Seperti yang kita tahu, Pato pernah menjadi pemain yang digadang-gadang bakal bersinar saat berseragam AC Milan. Namun cedera yang dialami membuat kariernya menurun. Ia kemudian kembali ke Brasil dengan membela Corinthians.

Hal tak terduga dilakukan Chelsea pada Januari 2016 dengan memboyong Pato. Meskipun hanya berstatus sebagai pinjaman, namun saat itu cukup mengejutkan karena Pato sendiri kesulitan menembus tim utama di Corinthians. Hasilnya sudah ditebak, Pato gagal di Chelsea dengan hanya tampil dalam 2 pertandingan dengan catatan 1 gol.

2. Jiri Jarosik dari CSKA Moscow

5 Transfer Tak Terduga yang Pernah Dilakukan Chelsea, Rekrutan Gagal!goal.com

Berikutnya ada Jiri Jarosik yang mungkin tak banyak orang tahu jika ia pernah membela Chelsea. Pemain berkebangsaan Republik Ceko itu disebut-sebut sebagai titipan Roman Abramovich. Ia tak terlalu diinginkan pelatih saat itu, yakni Jose Mourinho.

Pemain yang berposisi sebagai bek tengah tersebut didatangkan Chelsea dari CSKA Moscow pada Januari 2006. Saat itu, Chelsea hanya mengeluarkan dana sebesar 12 juta euro. Karier Jarosik pun berjalan singkat di Stamford Bridge sebelum dipinjamkan ke Birmingham. Pemain yang gantung sepatu pada tahun 2015 itu hanya mencatatkan 21 pertandingan.

Baca Juga: 6 Striker Top yang Gagal Bersinar dengan Chelsea, Werner Selanjutnya?

3. Alexey Smertin dari CSKA Moscow

5 Transfer Tak Terduga yang Pernah Dilakukan Chelsea, Rekrutan Gagal!twitter.com/ChelseaFC

Pemain ketiga ini juga memiliki kisah serupa dengan Jiri Jarosik. Alexey Smertin bergabung dengan Chelsea karena keinginan Roman Abramovich. Sama seperti Jarosik, ia direkrut Chelsea dari CSKA Moscow pada musim 2003/2004.

Direkrut dengan harga 5,5 juta euro, Smertin lebih banyak dipinjamkan ke klub lain oleh The Blues. Selama menjadi bagian klub London tersebut, ia mencatatkan 25 pertandingan. Berposisi sebagai gelandang bertahan, ia menorehkan 1 gol dan 2 assist.

4. Juan Sebastian Veron dari Manchester United

5 Transfer Tak Terduga yang Pernah Dilakukan Chelsea, Rekrutan Gagal!squawka.com

Nama Juan Sebastian Veron mungkin sudah tidak terlalu asing. Namun ia masuk transfer tak terduga Chelsea karena saat itu performanya sudah menurun bersama Manchester United. Pemain berkebangsaan Argentina itu bergabung dengan The Blues pada musim 2003/2004.

Chelsea menebusnya dari United dengan harga 21,5 juta euro. Diharapkan bisa kembali bersinar, ia justru tak terlalu diandalkan pelatih Chelsea saat itu, Jose Mourinho. Ia kemudian dipinjamkan ke Inter Milan sebelum hengkang ke Estudientes. Bersama Chelsea, ia tampil dalam 14 pertandingan.

5. Papy Djilobodji dari Nantes

5 Transfer Tak Terduga yang Pernah Dilakukan Chelsea, Rekrutan Gagal!chelseafc.com

Pemain tak terduga lainnya yang pernah didatangkan Chelsea adalah Papy Djilobodji. Pemain berkebangsaan Senegal ini menjadi pembelian panik Chelsea setelah saat itu gagal memboyong John Stones dan Raphael Varane. Djilobodji direkrut The Blues dari Nantes pada musim 2015/2016.

Diboyong dengan harga 3,5 juta euro, ia hanya bertahan setengah musim sebelum akhirnya dipinjamkan ke Werder Bremen. Parahnya lagi, ia hanya mencatatkan 59 detik bersama Chelsea saat menjadi pemain pengganti di laga Piala FA melawan Walsall.

Tak semua rekrutan Roman Abramovich untuk Chelsea berjalan mulus. Pemain-pemain tersebut terbilang tidak terduga dan berujung kegagalan bersama Chelsea. Mana transfer yang paling tidak terduga?

Baca Juga: 5 Pemain Top Portugal yang Gagal Bersinar Bersama Chelsea, Siapa Saja?

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya