5 Trofi yang Diraih Manchester United Setelah Era Sir Alex Ferguson

Masih ingat, kapan terakhir MU angkat trofi?

Manchester United merupakan salah satu klub ternama di Inggris bahkan di dunia. Popularitas klub berjuluk Setan Merah itu tak terlepas dari kejayaan saat ditangani Sir Alex Ferguson atau akrab disapa Fergie.

Pelatih asal Skotlandia itu memang sangat lekat dengan MU. Berkat tangan dinginnya, United mampu meraih banyak trofi hampir di semua kompetisi.

Keputusan Fergie untuk pensiun pada tahun 2013 memang sangat terasa bagi MU. United kesulitan meraih gelar dan sudah beberapa kali ganti pelatih.

Bahkan dalam lima tahun terakhir mereka masih puasa gelar. Praktis hanya 5 trofi yang diraih MU setelah ditinggal Fergie. Apa saja kelima trofi tersebut? Berikut ulasannya.

1. Community Shield 2013/14

5 Trofi yang Diraih Manchester United Setelah Era Sir Alex FergusonManchester United raih trofi Community Shield 2013 (twitter.com/premierleague)

Musim 2013/14 menjadi awal perjalanan Manchester United setelah ditinggal Sir Alex Ferguson. Berhasil juara Premier League di musim terakhir dilatih Fergie, United pun berhak main di Community Shield 2013/14. Saat itu, United menghadapi Wigan Athletic yang berstatus sebagai juara FA Cup 2013.

Debut David Moyes bersama United berbuah trofi perdana. Di mana MU berhasil mengalahkan Wigan dengan skor 2-0.

Kedua gol tersebut dicetak oleh Robin van Persie di masing-masing babak. Keberhasilan ini seperti memberi harapan bagi Setan Merah untuk tetap berjaya di era baru pasca ditinggal oleh Fergie. 

2. FA Cup 2015/16

5 Trofi yang Diraih Manchester United Setelah Era Sir Alex FergusonManchester United juara FA Cup 2016 (thefa.com)

Setelah trofi Community Shield di awal 2013, trofi berikutnya Manchester United baru datang dua musim kemudian. Tepatnya pada musim 2015/16, Setan Merah berhasil mengakhiri musim dengan raihan 1 trofi FA Cup.

Trofi tersebut juga menjadi satu-satunya trofi yang dipersembahkan Louis van Gaal setelah menggantikan Moyes. Di partai final FA Cup musim 2015/16, United menang dramatis atas Crystal Palace. Jesse Lingard menjadi pahlawan United dengan golnya di menit 110 setelah laga berakhir 1-1 selama 90 menit. 

Baca Juga: 5 Pemain yang Jarang Diketahui Pernah Berseragam Manchester United

3. Community Shield 2016/17

5 Trofi yang Diraih Manchester United Setelah Era Sir Alex FergusonManchester United raih trofi Community Shield 2016 (skysports.com)

Manchester United mendapat angin segar kala Jose Mourinho ditunjuk sebagai pengganti van Gaal pada musim 2016/17. Mourinho langsung membawa United meraih trofi di awal musim. Tepatnya di ajang Community Shield setelah menjuarai FA Cup di musim lalu.

Menghadapi juara Premier League 2015/16 yaitu Leicester City, Setan Merah asuhan Mourinho tampil trengginas. Masing-masing satu gol dari Jesse Lingard dan Zlatan Ibrahimovic tak mampu disamakan Leicester yang hanya cetak 1 gol. Laga pun berakhir 2-1 untuk kemenangan MU. 

4. EFL Cup 2016/17

5 Trofi yang Diraih Manchester United Setelah Era Sir Alex FergusonManchester United juara Carabao Cup 2017 (en.as.com)

Tak hanya di awal musim, Jose Mourinho juga membawa trofi di akhir musim 2016/17. Salah satunya yaitu trofi EFL Cup.

Setan Merah harus menghadapi perlawanan sengit Southampton di partai puncak. Sempat saling kejar-kejaran gol, United akhirnya mengakhiri laga dengan kemenangan 3-2.

Zlatan Ibrahimovic layak disebut sebagai pahlawan di pertandingan final ini. Pemain berkebangsaan Swedia itu berhasil mencetak brace alias dua gol dalam laga ini dan sebagai penentu kemenangan di akhir laga. Satu gol lainnya dicetak oleh Anthony Martial. 

5. Europa League 2016/17

5 Trofi yang Diraih Manchester United Setelah Era Sir Alex FergusonManchester United juara Europa League 2017 (twitter.com/premierleague)

Kualitas Jose Mourinho memang tak perlu diragukan lagi. Pelatih asal Portugal itu membawa Manchester United berjaya di kompetisi Eropa.

Meskipun hanya juara di Europa League, namun trofi tersebut sangat berharga. Trofi ketiga Mourinho bersama MU ini diraih setelah mengalahkan Ajax Amsterdam di partai puncak.

Menghadapi wakil Belanda tersebut, United menang meyakinkan dengan skor 2-0. Kedua gol tersebut masing-masing dicetak Paul Pogba dan Henrikh Mkhitaryan. Trofi Europa League ini menjadi trofi terakhir yang diraih MU hingga kini.

 

Capaian Manchester United setelah ditinggal Sir Alex Ferguson ini tentu saja berbanding terbalik saat masih dilatih pria asal Skotlandia tersebut. Kemungkinan besar, United akan kembali puasa gelar pada musim ini.

Baca Juga: 5 Rekrutan Bek Terbaik Manchester United Sedekade Terakhir

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya