Manchester United & Wolves Beda Nasib di Babak 16 Besar Europa League

United menang mudah, Wolves bermain imbang

Europa League mulai menggelar leg pertama babak 16 besar. Berada di bawah ancaman penyebaran virus Corona, dua laga harus ditunda. Sementara itu, dua wakil Inggris yang tersisa menerima hasil berbeda.

Manchester United yang bertandang ke markas LASK Linz berhasil menang telak 5-0. Sedangkan Wolves harus puas bermain imbang 1-1 dengan tim yang menyingkirkan Arsenal, Olympiacos. Total ada 6 pertandingan yang digelar pada Jum'at (13/3) dini hari WIB. 

1. MU raih kemenangan mudah

Manchester United & Wolves Beda Nasib di Babak 16 Besar Europa Leaguestandard.co.uk

Manchester United menjadi tim yang beruntung karena mendapat lawan relatif mudah di babak 16 besar Europa League. Mereka melawan tim yang kurang populer asal Austria, LASK Linz. United hanya mencetak satu gol di babak pertama melalui Odion Ighalo. Namun di babak kedua, mereka mengamuk dengan tambah empat gol.

Keempat gol tersebut dicetak oleh Daniel James 58', Juan Mata 82', Mason Greenwood 91' dan Andreas Pereira 93'. Setan merah berhasil menang di leg pertama ini dengan skor telak 5-0. Hasil ini tentu membuat United hampir pasti lolos ke babak selanjutnya. 

2. Wolves ditahan imbang Olympiacos

Manchester United & Wolves Beda Nasib di Babak 16 Besar Europa Leagueflipboard.com

Berbeda dengan United, Wolves mendapat lawan kuat di babak 16 besar kali ini. Mereka harus melawan tim yang menyingkirkan Arsenal yaitu Olympiacos. Bertindak sebagai tim tamu di leg pertama, Wolves harus puas bermain imbang. Padahal tuan rumah sudah harus bermain dengan 10 pemain sejak menit 28.

Wolves harus kebobolan lebih dulu pada 54 melalui El-Arabi. Mereka akhirnya diselamatkan oleh Pedro Neto pada menit 67. Skor 1-1 menjadi modal Wolves untuk menghadapi leg kedua di kandang sendiri. Mereka tetap harus waspada dengan daya juang pemain Olympiacos. 

Baca Juga: Inilah 5 Fakta Menarik Babak 32 Besar UEFA Europa League 2019/2020

3. Catatan Opta dari kedua laga

Manchester United & Wolves Beda Nasib di Babak 16 Besar Europa Leaguemirror.co.uk
  • Bruno Fernandes menjadi pemain dengan kontribusi paling banyak di Europa League musim ini dengan catatan 6 gol serta 4 assist yang ia cetak bersama Sporting dan Manchester United.
  • Daniel James mencetak gol pertamanya untuk United dari 33 laga yang ia jalani.
  • Wolves untuk pertama kalinya tertinggal lebih dulu dari lawan sejak terakhir kali mereka mengalaminya pada Desember tahun lalu melawan Brighton. 
  • Pedro Neto menjadi pemain termuda kedua Wolves yang cetak gol di kompetisi Eropa saat usia 20 tahun 3 hari. Ia hanya kalah dari Steve Daley yang mencetak gok saat usia 19 tahun 4 hari pada tahun 1972.

4. Virus Corona mengancam Europa League

Manchester United & Wolves Beda Nasib di Babak 16 Besar Europa Leaguezitegoal.com

Europa League musim ini di bawah ancaman penyebaran virus Corona. Dua laga harus ditunda yaitu Sevilla vs Roma dan Inter vs Getafe. Spanyol dan Italia memang sedang waspada virus Corona. Kompetisi domestik di dua negara tersebut harus ditangguhkan demi kebaikan bersama.

Europa League bisa saja dihentikan pada musim ini jika kondisi semakin parah. Tak hanya Europa League, kompetisi lain di Eropa juga dalam ancaman virus Corona. Apalagi setelah beberapa pemain sudah positif terkena virus Corona. 

5. Hasil lengkap leg pertama babak 16 besar

Manchester United & Wolves Beda Nasib di Babak 16 Besar Europa Leagueinstagram.com/europaleague

Leg pertama babak 16 besar Europa League seharusnya menggelar 8 pertandingan. Namun dengan alasan virus Corona, dua laga harus ditunda. Sementara 6 laga lain masih tetap di gelar. Berikut hasil lengkap leg pertama babak 16 besar Europa League.

  • LASK Linz 0-5 Manchester United
  • Olympiacos 1-1 Wolves
  • Eintracht Frankfurt 0-3 Basel
  • Istanbul BB 1-0 Copenhagen
  • Wolfsburg 1-2 Shakhtar Donetsk
  • Rangers 1-3 Bayern Leverkusen

Tim manakah yang akan berjaya musim ini jika Europa League berjalan hingga akhir?

Baca Juga: Unggul Agregat, Inter dan Roma Melaju ke Babak 16 Besar Europa League

Aswar Riki Photo Verified Writer Aswar Riki

Pencinta olahraga yang gak hoby olahraga. @aswarriki_

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya