7 Eks Tottenham Hotspur yang Meraih Trofi setelah Pindah Klub

Tak pernah meraih trofi bersama Spurs

Seperti mendapatkan kutukan, Tottenham Hotspur begitu sulit meraih trofi. Terakhir, klub asal London Utara itu merengkuh Piala Liga Inggris pada 2007/2008. Saat itu, Spurs yang dilatih Juande Ramos berisi pemain-pemain seperti Robbie Keane, Dimitar Berbatov, dan Jonathan Woodgate sukses juara.

Setelah itu, tak ada lagi trofi yang mampir ke lemari Spurs. Padahal, sudah banyak pemain top yang datang untuk membantu. Para pemain itu pun akhirnya memilih hengkang ke klub lain yang lebih besar. Hasilnya, mereka mampu meraih trofi bergengsi di klub barunya dan menjadi pemain top dunia.

Berikut tujuh eks Tottenham Hotspur yang meraih trofi setelah pindah klub.

1. Teddy Sheringham

7 Eks Tottenham Hotspur yang Meraih Trofi setelah Pindah KlubTeddy Sheringham (tottenhamhotspur.com)

Teddy Sheringham menjadi bagian Tottenham Hotspur pada 1992—1997. Namun, ia gagal memenangi trofi selama 5 tahun bersama Spurs. Pada musim panas 1997, Sheringham pun hengkang ke Manchester United asuhan Sir Alex Ferguson untuk memperkuat lini depan.

Tak disangka, kedatangan Sheringham ke MU menjadi momen bersejarah. Ia bersama Ole Gunnar Solksjaer berhasil mencetak gol kemenangan 2-1 atas Bayern Muenchen  pada final Liga Champions Eropa 1998. Gol itu memastikan Setan Merah meraih treble winner karena sebelumnya telah mengunci trofi English Premier League (EPL) dan Piala FA. Fans MU pun menyanjung Sheringham sebagai pahlawan dan legenda berkat gol tersebut.

2. Sol Campbell

7 Eks Tottenham Hotspur yang Meraih Trofi setelah Pindah KlubSol Campbell (tengah belakang) (premierleague.com)

Sol Campbell merupakan produk akademi Tottenham Hotspur. Ia promosi dari Tottenham U-18 ke tim senior pada 1992/1993. Akan tetapi, selama 9 tahun membela Spurs, ia tak kunjung mendapat trofi. Demi memenuhi ambisinya, ia nekat pindah ke klub tetangga sekaligus rival Spurs, Arsenal, pada 2001/2002.

Tak heran fans Spurs menganggap Campbell sebagai pengkhianat. Namun, bek asal Inggris itu tak memedulikan cemoohan fans. Ia membuktikan diri di Arsenal dengan menjadi pemain top.

Pada musim pertamanya, Campbell bersama Tony Adams sukses mengawal lini pertahanan Arsenal dalam perjalanan menuju tangga juara EPL. Puncak kariernya terjadi saat menjadi bagian The Invincibles pada 2003/2004. Arsenal juara tanpa mengalami kekalahan saat itu. Uniknya, Campbell merayakan juara EPL itu di White Hart Lane yang merupakan stadion Tottenham.

3. Luka Modric

7 Eks Tottenham Hotspur yang Meraih Trofi setelah Pindah KlubLuka Modric (uefa.com)

Tottenham Hotspur mendatangkan wonderkid asal Kroasia, Luka Modric, pada musim panas 2008. Pelatih Juande Ramos saat itu terkesan dengan permainan Modric yang sukses mengantarkan Kroasia mencapai semifinal Euro 2008. Spurs pun berani menebus sang pemain dengan harga 22,5 juta euro atau 361 miliar rupiah.

Selama 4 tahun membela Spurs, Modric gagal meraih gelar. Ia bahkan bersitegang dengan pemilik Spurs, Daniel Levy, lantaran tak menjualnya ke Chelsea pada musim panas 2011. Keinginan Modric untuk pindah baru terwujud pada 2012/2013 setelah Spurs menyepakati harga 35 juta euro atau 562 miliar rupiah dari Real Madrid.

Setelah pindah ke El Real, Modric panen trofi. Ia membawa klubnya meraih 5 gelar juara Liga Champions Eropa, 3 gelar juara LaLiga Spanyol, 2 gelar juara Copa del Rey, 4 gelar juara Piala Super Eropa, 3 gelar juara Piala Super Spanyol, dan 5 gelar juara Piala Dunia Antarklub. Modric juga sukses memutus dominasi Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo ketika menerima penghargaan Ballon d'Or 2018.

Baca Juga: 9 Pemain Aktif yang Pernah Berseragam Dinamo Zagreb, Ada Luka Modric

4. Gareth Bale

7 Eks Tottenham Hotspur yang Meraih Trofi setelah Pindah KlubGareth Bale (premierleague.com)

Sama seperti Modric, Gareth Bale bergabung dengan Real Madrid untuk memenuhi ambisinya meraih gelar juara bergengsi. Ia sebenarnya sempat mengangkat trofi bersama Tottenham Hotspur ketika juara Piala Liga Inggris 2008, tetapi saat itu belum menjadi pemain bintang. Bahkan, Bale absen saat laga final karena mengalami cedera.

Ketika sudah menjadi pemain bintang, ia tak mampu mempersembahkan gelar juara untuk Spurs. Pada akhirnya, Bale mengikuti jejak Modric ke Real Madrid. Ia memecahkan rekor transfer termahal dunia dengan harga 100 juta euro atau 1,6 triliun rupiah. Ia mengalahkan rekor transfer milik Cristiano Ronaldo ketika pindah dari Manchester United ke Real Madrid.

Harga mahal tersebut mampu dibayar lunas pada musim pertamanya dengan meraih gelar juara Copa del Rey dan Liga Champions 2013/2014. Bahkan, pemain asal Wales itu mencetak gol saat mengalahkan Barcelona di final Copa del Rey dan Atletico Madrid di final Liga Champions. Bale mempersembahkan 5 gelar juara Liga Champions, 3 LaLiga, 1 Copa del Rey, 4 Piala Dunia Antarklub, 3 Piala Super Eropa, dan 3 Piala Super Spanyol selama 9 tahun di Real Madrid.

5. Kyle Walker

7 Eks Tottenham Hotspur yang Meraih Trofi setelah Pindah KlubKyle Walker (premierleague.com)

Kyle Walker merupakan pilar utama sisi kanan pertahanan Tottenham Hotspur sejak didatangkan dari Sheffield United pada musim panas 2011. Walker berkembang pesat terutama saat Spurs dilatih Mauricio Pochettino. Ia menjadi salah satu bek kanan terbaik di EPL. Sayangnya, tak ada trofi yang dimenangi bersama Spurs.

Musim panas 2017 menjadi titik balik karier Walker. Ia memutuskan pindah ke Manchester City untuk mengisi pos bek kanan dalam tim asuhan Pep Guardiola. Langkah tersebut terbukti tepat lantaran Walker berhasil meraih dua gelar juara EPL pada 2 musim pertamanya bersama Manchester City.

Hingga musim ini, Walker masih jadi bagian penting skuad Pep Guardiola. Ia turut berkontribusi dalam raihan hattrick gelar EPL pada 2021—2023. Walker berpeluang meraih treble winners pada 2022/2023 ini jika mampu menaklukan Manchester United di final Piala FA dan Inter Milan di final Liga Champions.

6. Kieran Trippier

7 Eks Tottenham Hotspur yang Meraih Trofi setelah Pindah KlubKieran Trippier (premierleague.com)

Kieran Trippier pindah ke Tottenham Hotspur dari Burnley pada 2016/2017. Awalnya, ia hanya menjadi pelapis Kyle Walker di posisi bek kanan. Akan tetapi, ketika Walker hengkang ke Manchester City, Trippier memantapkan posisinya di tim utama Spurs di bawah pelatih Mauricio Pochettino. Bek asal Inggris itu nyaris membawakan trofi untuk Spurs ketika menjadi runner-up Liga Champions 2019.

Pada musim selanjutnya, Trippier malah ingin dijual Daniel Levy. Bek asal Inggris itu akhirnya benar-benar pindah dari Spurs ke klub ibukota Spanyol, Atletico Madrid. Trippier menjadi pilar penting skuad Diego Simeone dalam keberhasilan meraih gelar juara LaLiga 2020/2021.

7. Christian Eriksen

7 Eks Tottenham Hotspur yang Meraih Trofi setelah Pindah KlubChristian Eriksen (premierleague.com)

Christian Eriksen sudah menjadi buah bibir publik sepak bola ketika menjadi debutan termuda di Piala Dunia 2010 bersama Timnas Denmark. Di level klub, ia sendiri cukup moncer bersama Ajax Amsterdam dengan menjadi juara Eredivisie Belanda dalam 3 musim berturut-turut pada 2011—2013. Pada musim panas 2013, Eriksen hijrah ke Tottenham Hotspur dengan ambisi meraih trofi bergengsi seperti waktu di Ajax.

Sayangnya, ia hanya bisa membawa Spurs nyaris dapat trofi ketika menempati posisi runner-up EPL 2015/2016. Ia juga tak mampu membawa pulang trofi Liga Champions 2019 setelah kalah 0-2 dari Liverpool. Alhasil, pada musim selanjutnya, ia meminta pindah dari Spurs yang ditolak Daniel Levy.

Pada akhirnya, Eriksen hengkang ke Inter Milan pada Januari 2020. Dalam pernyataannya, ia mengatakan kesempatan meraih trofi lebih besar bersama Inter Milan. Benar saja, ia berhasil menjuarai Serie A Italia 2020/2021 bersama Antonio Conte. Pada 2022/2023 ini, Eriksen juga sukses merengkuh trofi Piala Liga Inggris bersama Manchester United setelah mengalahkan Newcastle United 2-0.

Masih ada beberapa eks Tottenham Hotspur yang meraih trofi setelah pindah klub. Sebut saja Etienne Capoue dan Juan Foyth yang meraih gelar juara Liga Europa 2020/2021 serta Tanguy Ndombele dan Pierluigi Gollini yang membawa Napoli meraih gelar juara Serie A 2022/2023. Apakah langkah para eks penggawa Spurs itu akan diikuti pemain bintang Spurs saat ini, seperti Harry Kane dan Son Heung Min, yang berambisi meraih trofi?

Baca Juga: 5 Pemain Ternama yang Pernah Membela Los Angeles FC, Ada Gareth Bale!

Audi Rahmantio Photo Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya