5 Pemain Arsenal yang Cetak Gol Kemenangan atas Liverpool di Piala FA

Thierry Henry masuk daftar

Arsenal dan Liverpool beberapa kali bertemu di Piala FA. The Gunners tercatat lebih unggul dibanding Liverpool dengan memenangi tiga laga terakhir di sana.

Liverpool terakhir kali menang atas Arsenal di Piala FA saat bertanding pada babak final dengan skor 2-1 pada 12 Mei 2001. Liverpool kemudian selalu kalah kontra Arsenal di kompetisi yang sama pada 2001/2002, 2006/2007, dan 2013/2014.

Kekalahan Liverpool sebagian terjadi karena gol pemain Arsenal yang tampil gemilang. Ada sedikitnya lima pemain Arsenal yang cetak gol kemenangan atas Liverpool di Piala FA sejauh ini.

1. Dennis Bergkamp mencetak gol tunggal saat menyingkirkan Liverpool pada 2001/2002

5 Pemain Arsenal yang Cetak Gol Kemenangan atas Liverpool di Piala FADennis Bergkamp (arsenal.com)

Dennis Bergkamp keluar sebagai pahlawan Arsenal ketika mengalahkan Liverpool 1-0 pada babak keempat Piala FA 2001/2002. Pemain asal Belanda itu dipasang sebagai second striker di belakang Thierry Henry dalam formasi 4-4-2. Bergkamp yang menerima umpan matang dari Henry langsung menyundul bola ke gawang yang dijaga kiper Liverpool saat itu, Jerzy Dudek.

Sayangnya, Bergkamp harus diusir wasit setelah mendapatkan kartu merah pada babak kedua menit ke-71. Arsenal sendiri sudah kehilangan Martin Keown yang lebih dahulu mendapat kartu merah pada menit ke-67. Di sisi lain, Liverpool kehilangan bek andalan, Jamie Carragher, yang mendapat kartu merah pada menit ke-72. Akan tetapi, Arsenal mampu menjaga keunggulan 1-0 sampai laga berakhir.

2. Thomas Rosicky mencetak dua gol saat menang 3-1 atas Liverpool

5 Pemain Arsenal yang Cetak Gol Kemenangan atas Liverpool di Piala FATomas Rosicky (uefa.com)

Thomas Rosicky menjadi bintang kemenangan Arsenal ketika menaklukan Liverpool 3-1 pada babak ketiga Piala FA pada 6 Januari 2007. Pemain asal Republik Ceko itu mencetak dua gol dalam raihan hasil positif bagi timnya. Rosicky bermain sebagai gelandang serang dengan peran playmaker di belakang striker utama Thierry Henry.

Rosicky mencetak gol pertamanya setelah mendapatkan umpan matang dari Aleksandr Hleb pada babak pertama menit ke-37. Ia lalu menorehkan gol keduanya usai bekerja sama dengan Thierry Henry pada injury time babak pertama. Rosicky mampu menuntaskan pertandingan dengan bermain penuh selama 90 menit.

Baca Juga: 5 Pemain yang Jadi Andalan Arsenal hingga Paruh Musim 2023/2024

3. Thierry Henry menyumbang satu gol ketika Arsenal menang 3-1 atas Liverpool

5 Pemain Arsenal yang Cetak Gol Kemenangan atas Liverpool di Piala FAThierry Henry (arsenal.com)

Thierry Henry melengkapi kemenangan Arsenal (3-1) atas Liverpool pada babak ketiga Piala FA 2006/2007. Ia menerima umpan untuk memimpin serangan balik Arsenal ke sisi kanan pertahanan Liverpool. Bek Liverpool, Jamie Carragher, melakukan kesalahan fatal dengan terpeleset saat tengah mengamankan bola dari Henry.

Pemain asal Prancis itu langsung merebut bola dari Carragher dan masuk ke kotak penalti dari sayap kiri. Ia berhasil melakukan gerakan tipuan sehingga bek Liverpool lainnya, Daniel Agger, tidak mampu menghentikannya. Henry langsung menempatkan bola di sisi kanan gawang yang dijaga Jerzy Dudek.

4. Alex Oxlade-Chamberlain membuka keunggulan Arsenal atas Liverpool

5 Pemain Arsenal yang Cetak Gol Kemenangan atas Liverpool di Piala FAAlex Oxlade-Chamberlain (arsenal.com)

Alex Oxlade-Chamberlain tampil impresif saat menghadapi Liverpool pada babak kelima Piala FA pada 16 Februari 2014. Pemain asal Inggris itu bermain di posisi sayap kanan sejak menit pertama. Oxlade-Chamberlain kemudian mencetak gol pembuka Arsenal pada babak pertama menit ke-16.

Ini berawal dari tendangan bebas Mikel Arteta yang berhasil diantisipasi barisan pertahanan Liverpool. Mesut Oezil yang mendapatkan bola pantul langsung mengirimkan umpan silang ke kotak penalti dan diterima striker Arsenal, Yaya Sanogo. Sang Striker langsung menendang bola ke gawang Liverpool setelah mendapatkan umpan tersebut, tetapi berhasil ditahan bek Liverpool. Bola lantas mendarat di kaki Oxlade-Chamberlain yang langsung menendang ke gawang yang dijaga kiper Liverpool, Brad Jones.

5. Lukas Podolski menorehkan satu gol dalam kemenangan 2-1 atas Liverpool

5 Pemain Arsenal yang Cetak Gol Kemenangan atas Liverpool di Piala FALukas Podolski (arsenal.com)

Lukas Podolski menggandakan keunggulan Arsenal menjadi 2-0 pada babak kelima Piala FA pada 16 Februari 2014. Gol ini berawal dari skema serangan cepat yang dibangun Mesut Oezil dari lini tengah. Ia lalu mengirimkan bola kepada Alex Oxlade-Chamberlain di sayap kanan.

Oxlade-Chamberlain sendiri berlari menusuk pertahanan Liverpool. Ia memberikan umpan matang kepada Podolski. Pemain asal Jerman itu berhasil menuntaskannya dengan baik sehingga skor menjadi 2-0. Steven Gerrard sempat memperkecil ketertinggalan melalui gol dari tendangan penalti pada menit ke-59. Akan tetapi, keunggulan Arsenal bertahan sampai pertandingan usai.

Kelima pemain Arsenal di atas memainkan peranan penting saat menyingkirkan Liverpool dari Piala FA. Uniknya, hanya Oxlade-Chamberlain yang pernah membela Liverpool usai hengkang dari Arsenal pada musim panas 2017. Pertemuan kedua tim ini memang selalu menarik untuk disaksikan, terutama saat berlaga di Piala FA. Arsenal sendiri akan berhadapan dengan Liverpool di Piala FA lagi pada Minggu (7/1/2024).

Baca Juga: 3 Eks Arsenal yang Bawa Fulham Meraih Tiga Poin di EPL Pekan Ke-20

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya