3 Pemain Dortmund yang Mencetak 3 Gol dan Assist di UCL dalam Semusim

Rekor unik yang sulit diulang

Borussia Dortmund merupakan salah satu klub Bundesliga Jerman yang memiliki kekayaan sejarah dalam partisipasinya di Liga Champions Eropa. Berbagai rekor unik telah berhasil diukir, baik dari segi prestasi klub maupun pencapaian para pemainnya secara individu. Misalnya, sebagian pemain Dortmund pernah mencetak masing-masing 3 gol dan 3 assist di UCL selama semusim.

Tidak banyak pemain Dortmund yang mampu berhasil mengukir rekor unik ini. Hanya tiga pemain berikut yang mampu menorehkan 3 gol dan assist di UCL dalam 1 musim.

1. Stephane Chapuisat mencetak 3 gol dan 3 assist pada 1996/1997

3 Pemain Dortmund yang Mencetak 3 Gol dan Assist di UCL dalam SemusimStephane Chapuisat (bundesliga.com)

Stephane Chapuisat membela Borussia Dortmund pada periode 1991--1999. Ia merupakan salah satu striker tajam yang turut membantu Dortmund meraih beragam prestasi pada era 1990-an. Chapuisat total bermain dalam 284 pertandingan dengan menorehkan 123 gol di semua kompetisi.

Salah satu kesuksesan terbesar dalam kariernya di Dortmund terjadi ketika menjuarai Liga Champions Eropa pada 1996/1997. Chapuisat turut berkontribusi dalam pencapaian tersebut dengan total mencetak masing-masing tiga gol dan assist di Liga Champions Eropa. Ia menjadi pemain pertama yang berhasil menorehkan tiga gol dan assist di UCL dalam semusim.

Baca Juga: Jadon Sancho Buat Rekor Usai Bantu Dortmund Bekuk PSG

2. Tomas Rosicky menciptakan tiga gol dan assist bersama Borussia Dortmund di UCL pada 2002/2003

3 Pemain Dortmund yang Mencetak 3 Gol dan Assist di UCL dalam SemusimTomas Rosicky (bvb.de)

Tomas Rosicky mengalami peningkatan pesat dalam kariernya saat membela Borussia Dortmund pada medio 2001--2006. Ia mampu menampilkan kepiawaiannya dalam mengatur serangan lewat visi permainan, penempatan posisi, dan operan akurat. Rosicky bahkan mampu menciptakan rekor unik bersama Dortmund di UCL.

Ia menjadi pemain Dortmund kedua yang berhasil mencetak 3 gol dan 3 assist di UCL pada 2002/2003. Meskipun Dortmund tidak lolos sampai babak gugur UCL, penampilan Rosicky cukup menawan. Salah satunya dengan turut berkontribusi saat Dortmund menang 2-1 atas Arsenal pada babak Grup A Liga Champions Eropa pada 2002/2003. Rosicky berhasil mencetak satu gol dan assist dalam kemenangan tersebut.

3. Niclas Fuellkrug sukses menorehkan tiga gol dan assist untuk Borussia Dortmund pada 2023/2024

3 Pemain Dortmund yang Mencetak 3 Gol dan Assist di UCL dalam SemusimNiclas Fullkrug (uefa.com)

Niclas Fuellkrug tampil luar biasa bersama Werder Bremen dengan mencetak 16 gol dalam 28 pertandingan di Bundesliga pada 2022/2023. Performa apik itu akhirnya membuat Borussia Dortmund mendatangkannya pada musim panas 2023. Fuellkrug membuktikan dirinya mampu tampil tajam meskipun sudah berusia 31 tahun.

Ia sejauh ini telah menorehkan 12 gol dalam 28 laga di Bundesliga bersama Borussia Dortmund sampai pekan 31 2023/2024. Fuellkrug juga tampil apik di Liga Champions Eropa dengan catatan tiga gol dan assist. Golnya ke gawang Paris Saint-Germain (PSG) membawa Dortmund meraih kemenangan 1-0 pada leg pertama semifinal UCL 1 Mei 2024. Fuellkrug bersama Dortmund berpeluang mencapai babak final dengan keunggulan agregat 1-0 atas PSG.

Ketiga pemain di atas sukses mengukir sejarah bersama Dortmund dengan mencatat rekor tiga gol dan assist di UCL dalam semusim. Mereka merupakan pemain penting bagi Die Borussen pada masanya dengan kontribusinya bagi prestasi klub. Akankah Fuellkrug mampu menyamai pencapaian Chapuisat yang berhasil menjuarai Liga Champions Eropa bersama Dortmund pada 1996/1997 silam?

Baca Juga: Kemenangan Dortmund Jadi Kekalahan Inggris di Liga Champions

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Penggemar berat sepak bola terutama sepak bola Eropa dan sangat passionate dalam menulis konten artikel

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya