4 Pemain Bintang Flop setelah Tinggalkan Chelsea, Siapa Selain Hazard?

Gagal mengulangi kesuksesan bersama klub baru

Chelsea dikenal sebagai klub yang tidak hanya mampu membeli pemain bintang, tetapi berhasil mengorbitkan talenta top Eropa. Beberapa eks pemain andalan Chelsea mampu bersinar setelah meninggalkan klub. Misalnya, Fikayo Tomori yang kini menjadi andalan lini belakang AC Milan atau Thibaut Courtois yang sukses meraih gelar juara LaLiga dan Liga Champions Eropa bersama Real Madrid.

Namun, sebagian eks bintang Chelsea lainnya malah mengalami penurunan karier setelah hijrah ke klub lain. Bukti nyata bisa kamu lihat lewat keempat eks pemain andalan Chelsea yang kariernya flop setelah meninggalkan The Blues. Bahkan, ada yang sampai membuat klub barunya merugi setelah membelinya dengan harga mahal, lho!

1. Joe Cole gagal bersinar di Liverpool

https://www.youtube.com/embed/__A8BCYUEUo

Joe Cole pernah menjadi andalan Chelsea di sisi sayap dan gelandang serang. Ia turut berkontribusi dalam raihan tiga gelar juara English Premier League (EPL) pada 2004/2005, 2005/2006, dan 2009/2010. Cole lalu memutuskan mencari tantangan baru bersama Liverpool pada musim panas 2010.

Sayangnya, Cole langsung mendapat kartu merah saat melakoni pertandingan melawan Arsenal pada pekan pertama EPL 2010/2011. Selain itu, ia gagal menunjukkan performa terbaiknya dengan catatan 3 gol dan 2 assist dalam 32 pertandingan di seluruh kompetisi pada musim yang sama. Cole sempat dipinjamkan kepada Lille pada 2011/2012. Pemain asal Inggris itu lalu hanya bermain dalam 9 laga dengan torehan 2 gol dan 1 assist pada paruh pertama 2012/2013. Ia lalu hengkang ke West Ham United pada Januari 2013.

Baca Juga: 4 Eks Real Madrid yang Pensiun sebelum Usia 35 Tahun, Termasuk Hazard!

2. Oscar namanya meredup setelah pindah ke China demi cuan

https://www.youtube.com/embed/NgR3-Gz7UcY

Oscar pernah disebut-sebut sebagai salah satu wonderkid yang menjanjikan ketika merapat ke Chelsea pada musim panas 2012. Ia membuktikannya dengan tampil dalam 64 pertandingan dengan torehan 12 gol dan 12 assist pada 2012/2013. Oscar turut berkontribusi saat Chelsea meraih gelar juara Liga Europa 2012. Pemain asal Brasil itu total bermain dalam 203 laga dan mencetak 38 gol serta 37 assist selama 4,5 musim membela Chelsea.

Akan tetapi, performanya mengalami penurunan ketika The Blues dilatih oleh Antonio Conte pada 2016/2017. Skema 3-4-3 yang diterapkan oleh Conte tidak cocok dengan gaya permainan Oscar yang beroperasi sebagai playmaker dan gelandang serang di belakang striker. Alhasil, ia hanya tampil dalam 11 pertandingan tanpa mencetak gol dan hanya membuat 1 assist pada paruh pertama 2016/2017.

Oscar akhirnya mendapat tawaran fantastis dari klub China Super League, Shanghai SIPG, pada Januari 2017. Shanghai SIPG menebus Oscar dengan biaya transfer sebesar 60 juta pound sterling atau Rp1,1 triliun dengan gaji 400 ribu pound sterling atau Rp7,7 miliar per pekan. Ia mengaku dirinya pindah ke Shanghai SIPG karena tawaran gaji besar yang cukup untuk memperbaiki ekonomi keluarganya. Namun, nama Oscar tidak pernah lagi terdengar di dunia sepak bola. Bahkan, ia tidak pernah memperkuat Timnas Brasil sejak hijrah ke Chinese Super League.

3. Diego Costa jadi mandul usai hengkang dari Chelsea

https://www.youtube.com/embed/3x5gjjw1e2A

Diego Costa pernah menjadi andalan lini depan Chelsea medio 2014--2017. Ia total mencetak 59 gol dan 23 assist dari 120 pertandingan. Costa juga berhasil meraih beberapa trofi bergengsi bersama Chelsea seperti 2 titel juara EPL dan 1 Piala Liga.

Sayangnya, Costa tidak masuk rencana Antonio Conte untuk skuad utama pada 2017/2018. Bahkan, Conte mengirim pesan pribadi kepada Costa untuk segera mencari klub baru. Costa akhirnya kembali kepada Atletico Madrid pada Januari 2017.

Akan tetapi, ia kehilangan ketajamannya saat membela Atletico Madrid pada periode keduanya itu. Costa hanya mencetak 19 gol dan 14 assist dari 81 pertandingan di seluruh kompetisi pada periode 2017--2021. Ia sempat kembali ke EPL bersama Wolverhampton Wanderers pada paruh kedua 2022/2023. Namun, Costa hanya mencetak 1 gol tanpa assist dalam 25 penampilannya di seluruh kompetisi bersama Wolves.

4. Eden Hazard kariernya flop bersama Real Madrid

https://www.youtube.com/embed/up3kBnalPwc

Eden Hazard bergabung dengan Real Madrid dengan memecahkan rekor transfer klub pada musim panas 2019. El Real menebusnya dari Chelsea dengan nilai transfer sebesar 100 juta euro atau Rp1,6 triliun. Namun, Hazard tampil sangat mengecewakan selama membela Real Madrid.

Pemain asal Belgia itu terlalu sering mengalami cedera parah yang membuatnya absen lama. Ia juga tidak disiplin menjaga gaya hidup. Berat badannya kerap kali tidak ideal. Hazard total mencetak 7 gol dan 12 assist dalam 76 pertandingan di seluruh kompetisi bersama Real Madrid. Kontraknya bersama El Real akhirnya diputus atas kesepakatan bersama pada musim panas 2023.

Dari empat pemain Chelsea di atas, hanya Oscar dan Diego Costa yang masih aktif bermain sepak bola. Oscar masih membela Shanghai SIPG di Liga China, sedangkan Costa bermain untuk Botafogo di Liga Brasil. Sementara itu, Joe Cole sudah pensiun dan kini bekerja sebagai komentator sepak bola. Di sisi lain, Hazard baru-baru ini mengumumkan gantung sepatu di usia 32 tahun. 

Baca Juga: Jejak Perjalanan Karier Eden Hazard, sang Maestro Generasi Emas Belgia

Audi Rahmantio Photo Verified Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya