7 Pemain yang Paling Banyak Menerima Assist dari Cesc Fabregas di EPL 

Kualitas Fabregas terbukti apik

Sebagai seorang playmaker, Cesc Fabregas terkenal mahir dalam memberikan assist kepada rekan-rekan setimnya, terutama selama bermain di English Premier League (EPL). Fabregas tercatat sebagai pencetak assist terbanyak kedua setelah Ryan Giggs dengan torehan 111 assist. Belum ada lagi pemain yang mampu menyamai rekor tersebut hingga dewasa ini.

Lantas, siapa saja pemain yang paling banyak menerima assist dari Cesc Fabregas di EPL?

1. Emmanuel Adebayor

7 Pemain yang Paling Banyak Menerima Assist dari Cesc Fabregas di EPL Emmanuel Adebayor (uefa.com)

Dari total 62 gol yang Adebayor cetak untuk Arsenal, 13 di antaranya diperoleh melalui assist Fabregas. Kemitraan Fabregas dan Adebayor terjalin selama 4 musim saat keduanya bermain bersama di Arsenal pada 2005—2009. Kombinasi kedua pemain tersebut mampu mengantarkan Arsenal secara konsisten finis di empat besar klasemen Premier League.

2. Diego Costa

7 Pemain yang Paling Banyak Menerima Assist dari Cesc Fabregas di EPL Diego Costa (premierleague.com)

Kerja sama antara Diego Costa dan Cesc Fabregas di Chelsea mampu menghasilkan tiga trofi. Selama 3 musim bermain bersama pada 2014—2017, Fabregas mampu memberikan sepuluh assist kepada Costa. Alhasil, keduanya mampu mempersembahkan 2 gelar juara Premier League dan 1 Piala Liga Inggris.

3. Robin van Persie

7 Pemain yang Paling Banyak Menerima Assist dari Cesc Fabregas di EPL Robin Van Persie (uefa.com)

Selepas kepergian Thierry Henry, selain berduet dengan Emmanuel Adebayor, Fabregas juga mampu membentuk kemitraan yang apik bersama Robin van Persie. Sebanyak tujuh assist mampu Fabregas berikan kepada Van Persie saat keduanya bermain untuk Arsenal pada 2004—2011. Meski demikian, duet Fabregas/Van Persie tidak berhasil menghasilkan gelar juara Premier League bagi Arsenal.

Baca Juga: 5 Klub yang Pernah Dibela Cesc Fabregas, Penuh Prestasi!

4. Thierry Henry

7 Pemain yang Paling Banyak Menerima Assist dari Cesc Fabregas di EPL Thierry Henry (premierleague.com)

Cesc Fabregas mampu memberikan 6 assist kepada Thierry Henry selama 3 musim bermain bersama pada 2004—2007. Hal ini cukup menarik perhatian mengingat Fabregas masih sangat muda ketika bergabung dengan Arsenal. Setelah kepergian Henry, Fabregas dipercaya mengisi posisi penting sebagai kapten Arsenal menggantikan pemain asal Prancis itu.

5. Eden Hazard

7 Pemain yang Paling Banyak Menerima Assist dari Cesc Fabregas di EPL Eden Hazard (premierleague.com)

Selain berduet dengan Diego Costa, Cesc Fabregas juga bermain apik bersama Eden Hazard di Chelsea. Ia mampu memberikan lima assist selama bermain bersama di Chelsea pada 2014—2018. Keduanya turut berkontribusi dalam kesuksesan meraih dua gelar juara Premier League, 1 Piala Liga Inggris, dan 1 Piala FA.

6. Andrey Arshavin

7 Pemain yang Paling Banyak Menerima Assist dari Cesc Fabregas di EPL Andrei Arshavin (arsenal.com)

Cesc Fabregas dan Andrey Arshavin bermain selama 3 musim pada 2008—2011. Meskipun sama-sama berposisi sebagai gelandang serang, Fabregas mampu memberikan empat assist kepada Arshavin. Akan tetapi, keduanya tidak mampu mempersembahkan gelar juara apa pun bagi Arsenal selama periode tersebut.

7. Pedro Rodriguez

7 Pemain yang Paling Banyak Menerima Assist dari Cesc Fabregas di EPL Pedro Rodriguez (uefa.com)

Pedro dan Cesc Fabregas bermain bersama untuk tiga tim berbeda, yakni Barcelona, Chelsea, dan Timnas Spanyol. Secara keseluruhan, Fabregas hanya mampu memberikan 4 assist kepada Pedro, baik di level klub maupun timnas. Terakhir kali Fabregas dan Pedro bermain bersama terjadi di Chelsea sampai paruh pertama musim 2018/2019.

Fabregas menjadi salah satu alumnus terbaik akademi La Masia. Ia telah menjadi pemain kunci di tiap klub yang ia bela dan telah meraih berbagai prestasi dalam karier sepak bolanya. Setelah memutuskan pensiun sebagai pemain, Fabregas ditunjuk sebagai pelatih klub asal Italia yang bermain di Serie B, Como Calcio.

Baca Juga: 6 Pelatih yang Sering Memainkan Cesc Fabregas di Level Klub

Audi Rahmantio Photo Writer Audi Rahmantio

Member IDN Times Community ini masih malu-malu menulis tentang dirinya

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya