6 Pelatih yang Sering Memainkan Cesc Fabregas di Level Klub

Pernah dilatih deretan pelatih berkelas

Di tengah kabar bursa transfer musim panas 2023 yang makin memanas, Cesc Fabregas memutuskan untuk pensiun pada Sabtu (1/7/2023). Hal ini tentu mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, mantan bintang Timnas Spanyol ini mengumumkan hal tersebut secara mendadak setelah semusim bermain bersama Como.

Selama berkarier sebagai pesepak bola profesional, Fabregas dikenal sebagai salah satu gelandang hebat yang pernah bermain di beberapa klub besar. Tak heran jika ia memiliki pengalaman dilatih sejumlah pelatih dengan nama besar. Siapakah pelatih yang sering memainkan Cesc Fabregas di level klub?

1. Arsene Wenger

6 Pelatih yang Sering Memainkan Cesc Fabregas di Level KlubArsene Wenger (arsenal.com)

Arsene Wenger merupakan pelatih yang sangat berpengaruh dalam karier Cesc Fabregas. Pelatih asal Prancis ini berhasil membuat kepercayaan diri sang pemain meningkat pesat sebagai pemain muda yang sedang berkembang. Wenger sering memainkan Fabregas selama berkarier 7 tahun (2004--2011) di Arsenal. Dalam kurun waktu tersebut, pemain asal Spanyol itu mencatat 57 gol dan 97 assist dari 303 penampilan.

2. Antonio Conte

6 Pelatih yang Sering Memainkan Cesc Fabregas di Level KlubAntonio Conte (premierleague.com)

Antonio Conte bukanlah sosok yang membawa Cesc Fabregas ke Chelsea. Namun, pelatih asal Italia ini berhasil memaksimalkan Fabregas sebagai salah satu playmaker berkelas pada masanya. Selama 2 tahun (2016--2018) dilatih Conte, ia bermain luar biasa. Fabregas berhasil mencatat 10 gol dan 22 assist dari 86 pertandingan dengan 3 posisi berbeda, yakni gelandang tengah, gelandang serang, dan gelandang bertahan.

3. Jose Mourinho

6 Pelatih yang Sering Memainkan Cesc Fabregas di Level KlubJose Mourinho (asroma.com)

Saat bermain di Arsenal, Cesc Fabregas pernah berjanji dirinya tak akan menyeberang ke Chelsea. Namun, hal tersebut ia langgar karena bujukan seorang Jose Mourinho. Pelatih asal Portugal ini mendatangkan Fabregas pada musim panas 2014. Ia tercatat sebagai bos sang pemain selama 1,5 tahun. Dalam kurun waktu tersebut, Fabregas sangat gemilang dengan catatan 6 gol dan 28 assist dari 69 pertandingan.

Baca Juga: Arsenal, Tempat yang Mendewasakan Cesc Fabregas

4. Gerardo Martino

6 Pelatih yang Sering Memainkan Cesc Fabregas di Level KlubGerardo Tata Martino (fifa.com)

Cesc Fabregas pernah dilatih beberapa pelatih berbeda ketika bermain di Barcelona. Dari sekian nama yang ada, Gerardo Martino alias Tata menjadi pelatih yang paling sering memainkannya. Fabregas sendiri memainkan 55 pertandingan dengan mencetak 13 gol dan 17 assist dengan 3 posisi berbeda, yakni gelandang tengah, gelandang serang, dan penyerang tengah. Itu dihasilkan selama semusim pada 2013/2014.

5. Pep Guardiola

6 Pelatih yang Sering Memainkan Cesc Fabregas di Level KlubPep Guardiola (premierleague.com)

Pep Guardiola adalah sosok yang berhasil membujuk Cesc Fabregas untuk pulang ke Barcelona. Pria yang sekarang melatih Manchester City ini sangat menginginkan Fabregas pada musim panas 2011. Namun, baru bersama selama semusim, Guardiola justru hengkang dari Barcelona. Selama dilatih pelatih asal Spanyol tersebut, Fabregas mencatat 15 gol dan 20 assist dari 48 pertandingan.

6. Tito Vilanova

6 Pelatih yang Sering Memainkan Cesc Fabregas di Level KlubTito Vilanova (fcbarcelona.com)

Tito Vilanova memiliki hubungan yang sangat baik dengan Cesc Fabregas. Pelatih berkebangsaan Spanyol itu telah melatih sang pemain sejak masih berada di La Masia (2002--2003). Ketika memasuki usia senior, Fabregas kembali bertemu dengan Vilanova pada 2012/2013 di Barcelona. Kala itu, ia sangat gemilang di bawah arahan Vilanova dengan catatan 13 gol dan 12 assist dari 37 laga.

Setelah mengumumkan pensiun, Cesc Fabregas akan melanjutkan kariernya sebagai pelatih. Pada 2023/2024 mendatang, ia mesti menangani tim Como B. Dengan pengalamannya dilatih beberapa pelatih hebat, Fabregas tampaknya akan berkembang pesat sebagai pelatih luar biasa. Terlebih lagi, ia adalah pemain serbabisa yang cukup mengerti bermain di berbagai posisi.

Baca Juga: 4 Momen Ciamik Cesc Fabregas selama Karier, Ada Solo Run!

Mufqi Fajrurrahman Photo Verified Writer Mufqi Fajrurrahman

Lagi seneng tidur

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya