5 Kapten Terbaik Barcelona Sepanjang Sejarah, Tak Ada Xavi Hernandez!

Ada pemain yang menjabat sebagai kapten selama 10 tahun 

Barcelona selalu diperkuat para pemain bintang setiap musimnya. Dari ratusan pemain top yang membela klub yang bermarkas di Camp Nou itu, ada beberapa nama yang dipercayai untuk menjadi kapten tim. Kehadiran seorang kapten memang berpengaruh sangat penting dalam sebuah klub.

Tidak hanya dituntut tampil apik, pemain yang ditunjuk sebagai kapten juga harus bisa menjaga rekan-rekan satu timnya agar tetap bermain disiplin. Dalam sejarah Barcelona, ada banyak sekali kapten-kapten berkualitas. Namun, hanya beberapa nama yang mampu memberi kesan luar biasa.

1. Lionel Messi

5 Kapten Terbaik Barcelona Sepanjang Sejarah, Tak Ada Xavi Hernandez!Lionel Messi (skysports.com)

Lionel Messi dipercayai menjadi kapten Barcelona ketika Andres Iniesta hengkang dari Camp Nou. Pemain berkebangsaan Argentina itu sukses menciptakan 672 gol dan 301 assist sepanjang kariernya bersama Barcelona. Ia memang bukan kapten yang paling vokal untuk Barca, tetapi selalu memimpin dengan memberi contoh.

Sayangnya, Messi dipaksa keluar dari Barcelona pada musim panas 2021. Alhasil, pemain berusia 34 tahun itu memilih melanjutkan kariernya bersama raksasa Prancis, Paris Saint-Germain.

2. Andres Iniesta

5 Kapten Terbaik Barcelona Sepanjang Sejarah, Tak Ada Xavi Hernandez!Andres Iniesta (skysports.com)

Setelah tampil impresif di tim muda Barcelona, Andres Iniesta langsung menjalani debutnya di tim senior pada 2002. Kehadiran Carles Puyol dan Xavi Hernandez di skuad utama saat itu membuat Iniesta tak mendapatkan kesempatan untuk menjadi kapten hingga musim 2014/2015.

Iniesta baru dipercayai menggunakan ban kapten pada akhir musim 2014/2015 ketika Xavi absen. Iniesta sendiri bukan tipe yang agresif, tetapi komandonya di atas lapangan tidak ada duanya. Masa jabatan Iniesta sebagai kapten juga tidak lama, tetapi Barcelona ketika itu berhasil memenangi hampir semua gelar bergengsi.

Baca Juga: Curhat Xavi Mau Latih Messi di Barcelona

3. Pep Guardiola

5 Kapten Terbaik Barcelona Sepanjang Sejarah, Tak Ada Xavi Hernandez!Pep Guardiola (fcbarcelona.com)

Pep Guardiola adalah lulusan akademi La Masia lain yang sukses tampil apik bersama Barcelona. Pria asal Spanyol ini tercatat bermain untuk Barcelona selama 17 tahun. Tidak hanya mengesankan, ia juga sukses mempersembahkan banyak trofi untuk publik Catalunya.

Guardiola pertama kali diangkat sebagai kapten pada 1997 di bawah asuhan Louis van Gaal. Selama 4 tahun menjabat sebagai kapten, Barcelona sukses memenangi dua gelar LaLiga dan satu Copa del Rey. Setelah memutuskan gantung sepatu, Guardiola kemudian membawa Barca tampil impresif dengan strategi tiki-taka sebagai pelatih.

4. Johan Cruyff

5 Kapten Terbaik Barcelona Sepanjang Sejarah, Tak Ada Xavi Hernandez!Johan Cruyff (fcbarcelonanoticias.com)

Pesepak bola asal Belanda ini memang bukan sosok yang paling lama menjadi kapten Barcelona. Kendati begitu, Johan Cruyff mampu memberikan dampak yang luar biasa untuk Blaugrana. Pada musim debutnya, ia sukses membawa klubnya meraih gelar juara LaLiga.

Tahun selanjutnya, Cruyff langsung dipercayai menjadi kapten tim. Uniknya, sang pemain menjadi kapten pertama yang menggunakan ban berwarna merah dan kuning yang sangat identik dengan Catalunya.

5. Carles Puyol

5 Kapten Terbaik Barcelona Sepanjang Sejarah, Tak Ada Xavi Hernandez!Carles Puyol (skysports.com)

Carles Puyol bisa dibilang sebagai kapten terbaik yang pernah dimiliki klub asal Spanyol tersebut. Pemain yang dikenal dengan rambut keriting ini mulai diangkat menjadi kapten setelah Luis Enrique gantung sepatu pada 2004. Ia tercatat mengemban ban kapten selama 10 tahun.

Sementara itu, Puyol secara keseluruhan membela Barcelona selama 15 tahun dan meraih total 21 gelar juara. Dahulu, sang pemain tidak hanya dikenal bagus dalam bertahan, tetapi juga jago ketika membantu timnya menyerang.

Tentu bukan hal yang mudah menjadi kapten serta memimpin tim sebesar Barcelona. Namun, kelima pemain di atas berhasil membuktikannya dengan sangat baik. Dari nama-nama tersebut, siapa kapten idolamu, Cules?

Baca Juga: 5 Mantan Rekan Lionel Messi di Barcelona yang Sudah Menjadi Pelatih

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya