5 Mantan Rekan Lionel Messi di Barcelona yang Sudah Menjadi Pelatih

Mulai dari Juliano Belletti hingga Xavi Hernandez 

Loyalitas Lionel Messi bersama Barcelona memang tak perlu diperdebatkan lagi. Meskipun saat ini membela Paris Saint-Germain, ia sebenarnya masih ingin bermain untuk Barca. Sayangnya, masalah financial fair play membuat pemain asal Argentina itu harus cabut dari Camp Nou musim panas tahun ini.

Messi sendiri sudah lebih dari 20 tahun membela Blaugrana dan sukses mempersembahkan banyak sekali gelar juara. Selama waktunya itu, La Pulga telah bekerja sama dengan sejumlah pemain kelas dunia, seperti Ronaldinho dan Andres Iniesta. Di samping itu, ada juga beberapa mantan rekan setim Messi yang sudah pensiun dan melanjutkan karier sebagai pelatih. Siapa saja mereka? Berikut ulasannya!

1. Juliano Belletti 

5 Mantan Rekan Lionel Messi di Barcelona yang Sudah Menjadi PelatihJuliano Belletti (fcbarcelonanoticias.com)

Ketika masih berusia belasan tahun, Lionel Messi pernah bermain dengan salah satu bek sayap kanan terbaik Brasil pada masanya, yakni Juliano Belletti. Momen itu tercipta pada tahun 2004 hingga 2007. Selama 3 musim membela Barca, kontribusi Belletti saat itu bisa dibilang sangat penting.

Bahkan, ia sempat mencetak gol di final Liga Champions ketika melawan Arsenal pada 2006. Gol itu sekaligus membawa trofi “Si Kuping Besar” ke Camp Nou. Setelah hengkang dari Barcelona, Belletti sempat membela Chelsea dan Fluminense sebelum akhirnya pensiun pada 2011. Kini pria berusia 45 tahun itu menjadi asisten pelatih di klub Brasil, yakni Cruzeiro.

2. Giovanni van Bronckhorst 

5 Mantan Rekan Lionel Messi di Barcelona yang Sudah Menjadi PelatihGiovanni van Bronckhorst (tellerreport.com)

Tak jauh berbeda dari Juliano Belletti, Giovanni van Bronckhorst juga menjadi bek sayap kiri andalan Barcelona pada periode 2003 hingga 2007. Pemain asal Belanda ini ketika itu didatangkan Barca dari Arsenal dengan status bebas transfer. Meski tak terlalu lama berseragam Barcelona, sang pemain berhasil mempersembahkan sejumlah trofi untuk publik Catalunya.

Dua gelar LaLiga dan satu trofi Liga Champions pernah diraih van Bronckhorst di Camp Nou. Setelah kontraknya habis, ia kemudian melanjutkan kariernya bersama Feyenoord sebelum akhirnya pensiun pada 2010. Tercatat, pria berusia 46 tahun ini pernah menjadi pelatih Feyenoord dan klub China, Guangzhou City. Sayangnya, ia saat ini berstatus tanpa klub setelah diputus kontraknya dengan Guangzhou City pada Desember 2020 lalu.

Baca Juga: Jadi Pelatih Barcelona, 5 Mantan Pemain Barca Ini Juara LaLiga

3. Victor Valdes 

5 Mantan Rekan Lionel Messi di Barcelona yang Sudah Menjadi PelatihVictor Valdes (marca.com)

Victor Valdes merupakan mantan rekan setim Lionel Messi dan legenda Barcelona. Sosoknya tentu tidak akan dilupakan oleh para penggemar Barcelona karena sudah berkontribusi besar dalam perjalanan tim selama bertahun-tahun. Penjaga gawang yang dikenal berkepala plontos ini tercatat bermain di Camp Nou selama 12 tahun.

Tidak hanya itu, ia juga sukses mempersembahkan sejumlah gelar juara bergengsi untuk klubnya tersebut. Meski tidak mengakhiri kariernya di Barcelona, Valdes tetap tak melupakan tim masa kecilnya. Buktinya, setelah mendapatkan lisensi untuk menjadi seorang pelatih, Valdes langsung melatih tim muda Barcelona. Kini ia menjadi pelatih kiper di Barcelona B.

4. Thierry Henry 

5 Mantan Rekan Lionel Messi di Barcelona yang Sudah Menjadi PelatihThierry Henry (skysports.com)

Thierry Henry merupakan salah satu penyerang hebat pada eranya. Pemain asal Prancis ini didatangkan oleh Barcelona dari Arsenal pada tahun 2007. Ia tercatat bermain bersama Lionel Messi di lini depan Barca selama 3 musim. Meski sangat singkat, Henry berhasil meraih 7 gelar juara bersama Blaugrana.

Prestasi mentereng itu didapatkan berkat peran trio lini depan, yakni Messi, Henry, dan Eto’o. Setelah gantung sepatu pada 2015, Henry memulai kariernya di dunia kepelatihan dengan menjadi asisten pelatih tim nasional Belgia pada 2016. Sesudah itu, ia menjadi pelatih utama di AS Monaco dan Montreal Impact. Kini pria berusia 44 tahun itu kembali menjadi asisten pelatih Timnas Belgia.

5. Xavi Hernandez 

5 Mantan Rekan Lionel Messi di Barcelona yang Sudah Menjadi PelatihXavi Hernandez (skysports.com)

Xavi Hernandez menjadi eks rekan Messi lainnya yang saat ini sudah menjadi pelatih. Ketika masih aktif bermain, Xavi tercatat hanya membela dua klub sepanjang kariernya, yakni Barcelona dan Al-Sadd. Bersama klub pertama, ia berhasil mempersembahkan total 25 trofi selama 17 tahun.

Setelah kontraknya habis pada 2015, Xavi melanjutkan kariernya di kompetisi Qatar. Ia bermain dengan Al-Sadd selama 4 musim sebelum akhirnya memilih gantung sepatu. Selepas pensiun, Xavi langsung dipercayai untuk menjadi nakhoda mantan klubnya tersebut.

Selama dilatih Xavi, Al-Sadd sukses meraih 3 trofi domestik hanya dalam 2 tahun. Hebatnya lagi, klub yang dilatih Xavi itu belum terkalahkan dalam 29 laga. Kini ia memiliki tugas yang lebih berat karena harus menangani Barcelona. Xavi sendiri dikontrak oleh Barcelona hingga tahun 2024.

 

Itulah lima mantan rekan setim Lionel Messi di Barcelona yang sudah menjadi pelatih saat ini. Apakah Messi bakal menyusul mereka menjadi pelatih setelah pensiun nanti?

Baca Juga: 5 Target Striker Potensial Xavi di Januari, Pertajam Lini Depan Barca

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya