Comscore Tracker

5 Kiper Premier League Terbaik Musim Ini, Ada Emiliano Martinez

Mereka berhasil membuat banyak penyelamatan gemilang 

Memiliki penjaga gawang dengan kualitas mumpuni tentu menjadi idaman bagi seluruh klub di dunia, tak terkecuali tim Premier League. Banyak sekali kiper legenda yang pernah bermain di kompetisi tertinggi di Inggris tersebut. Nama-nama seperti Jens Lehmann, Peter Schmeichel, David Seaman, hingga Petr Cech menjadi sederet nama yang pernah berjaya di eranya masing-masing.

Di awal musim ini, beberapa kiper juga mampu tampil menjanjikan dengan berhasil menggagalkan sejumlah peluang hingga berhasil mencatatkan clean sheet. Tak hanya diisi nama-nama tenar, ada juga beberapa yang bermain dengan klub papan tengah. Siapa saja pemain tersebut? Check this out!

Baca Juga: 10 Potret Alisson Becker, Kiper Liverpool Bersama Keluarga Kecilnya

1. Alisson Becker (Liverpool) 

5 Kiper Premier League Terbaik Musim Ini, Ada Emiliano Martinezskysports.com

Kualitas kiper asal Brasil ini tak perlu diragukan lagi dalam menjadi tembok terakhir Liverpool musim ini. Meski sempat beberapa kali mengalami cedera, sang pemain selalu berhasil tampil menjanjikan jika sudah dalam keadaan prima. Tak mengherankan jika ia selalu dirindukan oleh pendukung The Reds. Bahkan, saat dirinya absen, Liverpool pernah dibantai Aston Villa dengan skor yang memalukan, yakni 7-2.

Kiper berusia 28 tahun itu merupakan salah satu penjaga gawang yang berhasil mencatatkan penyelamatan terbanyak di Premier League sejauh ini. Karena itu, ia memiliki banderol yang sangat tinggi, yakni 80 juta euro atau setara dengan Rp1,3 triliun. Saat ini ia sudah menjalani 10 pertandingan dan menciptakan 2 clean sheet di awal musim ini.

2. Edouard Mendy (Chelsea)

5 Kiper Premier League Terbaik Musim Ini, Ada Emiliano Martinezskysports.com

Meski baru pertama kali merasakan persaingan ketat di Premier League, Edouard Mendy mampu menunjukkan perannya yang krusial di bawah mistar gawang Chelsea. Kiper asal Senegal ini berhasil membuat lini pertahanan The Blues lebih percaya diri. Sebab, ia kerap kali mencatatkan sejumlah penyelamatan penting dan menorehkan clean sheet. Tak mengherankan jika performanya itu menjadi kabar buruk bagi Kepa Arrizabalaga yang saat ini mulai sering duduk di bangku cadangan.

Kenyamanan yang diberikan oleh Mendy tersebut sontak saja membuat para bek Chelsea bermain semakin baik dari hari ke hari. Tak hanya itu, Mendy yang diberkahi postur tubuh yang tinggi menjulang juga sangat mahir dalam menghalau bola-bola udara. Dari 9 pertandingan Premier League yang sudah dilaluinya, ia berhasil membukukan 5 clean sheet dan hanya kebobolan 5 gol sejauh ini. Bahkan dalam ajang Liga Champions, Mendy berhasil membuat 4 clean sheet dari 5 laga di fase grup.

3. Nick Pope (Burnley) 

5 Kiper Premier League Terbaik Musim Ini, Ada Emiliano Martinezgoal.com

Meski tak pernah bermain untuk klub elite, Nick Pope tetap mampu bersinar sebagai salah satu kiper terbaik di Premier League. Kiper berusia 28 tahun ini dikenal memiliki fisik yang prima dan refleks yang sangat baik. Karena itu, ia selalu berhasil membawa Burnley bertahan di Premier League sejak pertama kali bergabung pada tahun 2016. Sempat bermain buruk dalam beberapa laga awal musim ini, sang kiper mampu tampil lebih baik dalam beberapa pertandingan terakhir.

Buktinya, kiper asal Inggris ini berhasil mengantarkan timnya tak terkalahkan di sebanyak 5 laga dari 6 pertandingan terakhir. Meski sudah kebobolan cukup banyak gol dari 11 pertandingan di Premier League, Pope tetap mampu mencatatkan 5 clean sheet, termasuk saat melawan Arsenal.

4. Sam Johnstone (West Bromwich Albion) 

5 Kiper Premier League Terbaik Musim Ini, Ada Emiliano Martinezdailymail.co.uk

West Bromwich Albion saat ini memiliki pertahanan terburuk di Premier League. Bagaimana tidak, dari 13 pertandingan yang sudah dijalani, WBA sudah kebobolan sebanyak 26 gol. Namun, hal tersebut bisa jadi lebih buruk jika saja penjaga gawangnya bukan Sam Johnstone. Kiper berusia 27 tahun ini menjadi salah satu penjaga gawang dengan penyelamatan terbanyak di Premier League sejauh ini.

Tercatat ia telah melakukan penyelamatan lebih dari 50 kali. Bahkan, dalam pertandingan terakhir, Johnstone berhasil membawa timnya bermain imbang melawan tim langganan juara, Manchester City. Meski sejauh ini hanya mencatatkan 2 clean sheet, setidaknya sang kiper mampu memberikan sedikit rasa aman di lini belakang WBA. Ia bisa saja tampil jauh lebih baik jika bermain dengan klub papan tengah atau papan atas. Sayangnya, Johnstone saat ini hanya bermain dengan klub kelas medioker yang merasa cukup dengan capaian lolos dari jurang degradasi.

5. Emiliano Martinez (Aston Villa) 

5 Kiper Premier League Terbaik Musim Ini, Ada Emiliano Martinezgoal.com

Sempat tampil apik dalam beberapa pertandingan Arsenal musim lalu, Emiliano Martinez musim ini memilih untuk melanjutkan kariernya bersama Aston Villa demi mendapatkan menit bermain yang lebih banyak. Bersama Aston Villa, ia berhasil menciptakan lebih dari 30 penyelamatan. Kiper asal Argentina itu juga dikenal memiliki refleks yang sangat baik.

Bisa jadi pilihannya untuk meninggalkan Arsenal merupakan pilihan yang tepat. Selain mendapatkan menit bermain yang layak, ia juga tampil jauh lebih konsisten dan percaya diri. Sejauh ini Martinez sudah membukukan 6 clean sheet dari 11 pertandingan bersama Aston Villa. Tak hanya itu, pria berusia 28 tahun ini juga pernah menggagalkan tendangan penalti pada pertandingan debutnya.

Selain memiliki bek yang tangguh, kelima kiper tersebut mampu tampil apik juga karena permainannya yang konsisten. Kira-kira siapa yang bakal berhasil mencatatkan clean sheet terbanyak di akhir musim?

Baca Juga: 5 Gelandang Terbaik Premier League Musim Ini, Ada Pemain Aston Villa

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya