Sebelum Xavi Hernandez, 5 Legenda Ini Juga Sempat Melatih Barcelona

Sebagian besar mampu mempersembahkan sejumlah trofi 

Xavi Hernandez  resmi dipilih manajemen Barcelona sebagai pelatih baru. Kabar tersebut tentu bukan hal yang mengejutkan karena namanya telah dikaitkan dengan Blaugrana sejak beberapa bulan lalu. Pria berusia 41 tahun itu diikat kontrak oleh Barcelona hingga 2024.

Xavi sendiri bukan menjadi legenda pertama yang ditunjuk Barcelona untuk menjadi pelatih. Sebelumnya, ada juga beberapa nama yang dipercayai untuk mengisi kursi pelatih Barca. Berikut ini lima legenda yang juga sempat menangani Barcelona.

1. Johan Cruyff

Sebelum Xavi Hernandez, 5 Legenda Ini Juga Sempat Melatih BarcelonaJohan Cruyff (skysports.com)

Johan Cruyff merupakan salah satu nama besar dalam dunia sepak bola. Ketika masih aktif bermain, pria kelahiran Amsterdam ini meraih banyak kesuksesan bersama Ajax dan Barcelona. Saat menjadi pelatih, ia mengenalkan ide-ide baru dan membuat namanya makin besar.

Cruyff total melatih Barcelona selama delapan tahun pada 1988—1996. Selama waktunya itu, ia mampu mempersembahkan 11 gelar juara, termasuk satu trofi Liga Champions pada 1991/1992.

2. Pep Guardiola

Sebelum Xavi Hernandez, 5 Legenda Ini Juga Sempat Melatih BarcelonaPep Guardiola (fcbarcelona.com)

Pep Guardiola bisa dibilang sebagai salah satu sosok pelatih yang paling sukses sepanjang sejarah Barcelona. Pasalnya, pria berkepala plontos itu mempersembahkan 15 trofi untuk Barcelona selama 4 tahun. Salah satu faktor yang membuat Guardiola sukses saat itu adalah strategi tiki-taka.

Uniknya, tiki-taka itu dikembangkan Guardiola dari strategi yang diterapkan Johan Cruyff ketika melatih dirinya. Guardiola tercatat hanya menangani Barcelona hingga 2012, sebelum ke Bayern Munchen dan kemudian bergabung dengan Manchester City pada 2016.

Baca Juga: 5 Pemain yang Paling Diandalkan Xavi semasa Menakhodai Al-Sadd

3. Luis Enrique

Sebelum Xavi Hernandez, 5 Legenda Ini Juga Sempat Melatih BarcelonaLuis Enrique (skysports.com)

Luis Enrique adalah salah satu pesepak bola yang pernah bermain untuk Real Madrid dan Barcelona. Ia bermain untuk klub asal Catalunya itu selama 8 musim pada 1996—2004. Kebetulan, Barcelona juga menjadi klub terakhir dalam karier Enrique sebelum memutuskan gantung sepatu.

Enrique memulai kariernya sebagai pelatih dengan menangani Barcelona B. Setelah itu, ia sempat melatih AS Roma dan Celta Vigo sebelum bergabung dengan Barcelona pada 2014. Meski hanya 3 musim di Camp Nou, pria berusia 51 tahun itu sukses mempersembahkan 9 gelar juara, termasuk treble winner pada 2014/2015.

4. Ernesto Valverde

Sebelum Xavi Hernandez, 5 Legenda Ini Juga Sempat Melatih BarcelonaErnesto Valverde (skysports.com)

Ernesto Valverde saat masih aktif bermain tercatat pernah membela Barcelona selama 2 musim pada 1988—1990. Meski cukup singkat, tetapi sang pemain ketika itu sukses mempersembahkan dua gelar juara untuk Blaugrana. Ketika sudah menjadi pelatih, tim profesional pertama yang langsung ditangani Valverde adalah Athletic Bilbao pada 2002.

Baru pada 2017, ia dipercayai untuk menangani Gerard Pique dan kolega. Selama 3 musim di Camp Nou, Valverde saat itu sukses mempersembahkan total 4 gelar juara, yakni 2 trofi La Liga, 1 Piala Super Spanyol, dan 1 Piala Spanyol.

5. Ronald Koeman

Sebelum Xavi Hernandez, 5 Legenda Ini Juga Sempat Melatih BarcelonaRonald Koeman (fcbarcelona.com)

Sebelum menunjuk Xavi Hernandez sebagai pelatih baru, Barcelona sempat dilatih salah satu legenda terbaiknya, Ronald Koeman. Sayangnya, pria asal Belanda ini memiliki masa tugas yang sangat singkat di Camp Nou, yaitu selama satu musim. Ia dipecat manajemen Barcelona karena dianggap gagal membawa tim tampil apik musim ini.

Bahkan, dalam empat laga terakhirnya di La Liga, Barcelona hanya bisa meraih satu kemenangan dan sisanya mengalami kekalahan. Sementara itu, ketika masih aktif menjadi pemain sepak bola, Koeman tercatat bermain untuk Barca selama 6 musim dan sukses mempersembahkan total 10 gelar.

Itulah lima legenda yang sempat melatih Barcelona sebelum Xavi Hernandez. Tercatat hanya Ronald Koeman yang gagal mempersembahkan satu pun trofi untuk Barcelona. Apakah Xavi bisa membawa Barcelona kembali berjaya?

Baca Juga: Xavi Rela Bayar Setengah Kompensasi Demi Kembali ke Barcelona

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya