Comscore Tracker

5 Mantan Pemain Premier League yang Saat Ini Berstatus Tanpa Klub

Faktor usia menjadi salah satu penyebabnya 

Premier League kerap dianggap sebagai ajang yang paling bergengsi daripada kompetisi-kompetisi lainnya. Banyak yang menilai demikian karena kasta tertinggi di Inggris itu diisi oleh deretan para pemain bintang.

Namun di samping itu, keberadaan sejumlah pemain bintang sebenarnya tak selalu memberikan efek yang positif. Ada kalanya kehadiran mereka justru membuat para pemain veteran semakin minim kesempatan untuk tampil. Karena jarang bermain dan dianggap tak lagi produktif, para pemain senior itu pun dilepas secara gratis. Berikut lima eks pemain Premier League yang berstatus tanpa klub saat ini.

1. Willy Caballero 

5 Mantan Pemain Premier League yang Saat Ini Berstatus Tanpa KlubWilly Caballero ketika membela Chelsea. (skysports.com)

Willy Caballero merupakan penjaga gawang yang sangat familier di kompetisi Inggris. Kiper asal Argentina ini pernah membela dua tim besar, yakni Manchester City dan Chelsea. Sayangnya, ia hanya menjadi kiper pelapis di kedua klub elite itu.

Meski hanya menjadi kiper pelapis, tapi Caballero sempat merasakan sejumlah gelar bergengsi, seperti Premier League dan Liga Champions. Kini pria berusia 40 tahun itu berstatus tanpa klub setelah kontraknya dengan The Blues berakhir pada Juli 2021 lalu. Dengan usia yang sudah tidak lagi muda, Caballero sepertinya bakal pensiun dalam waktu dekat.

2. Branislav Ivanovic 

5 Mantan Pemain Premier League yang Saat Ini Berstatus Tanpa KlubBranislav Ivanovic ketika membela West Bromwich Albion. (footballtransfertavern.com)

Branislav Ivanovic bermain pertama kali di kompetisi Premier League dengan membela Chelsea pada tahun 2008. Di klub tersebut, ia sukses meraih berbagai gelar bergengsi, termasuk trofi Liga Champions dan Liga Europa. Ia bahkan sempat dipercayai menjadi kapten tim selama beberapa musim.

Setelah kontraknya dengan Chelsea berakhir, Ivanovic melanjutkan kariernya bersama klub Rusia, Zenit St. Petersburg. Di tahun 2020, sang pemain kembali lagi ke Premier League dengan membela West Bromwich Albion. Namun, ia hanya bertahan selama satu musim di klub itu. Kini pemain berusia 37 tahun itu tak membela tim manapun.

Baca Juga: 5 Pelatih Top Jerman Ini Berkarier di Liga Inggris Sebelum Rangnick

3. Gaetano Berardi 

5 Mantan Pemain Premier League yang Saat Ini Berstatus Tanpa KlubGaetano Berardi ketika membela Leeds United. (twitter.com/lufc)

Gaetano Berardi merupakan pemain kelahiran Swiss. Namun, ia menghabiskan sebagian besar kariernya justru di kompetisi Italia. Sang pemain tercatat pernah membela Brescia dan Sampdoria. Pada tahun 2014, Berardi direkrut oleh Leeds United.

Ketika itu, Leeds masih bermain di kompetisi Championship. Penantian panjang Berardi dan Leeds untuk tampil di Premier League akhirnya tercapai pada musim 2020/2021. Sayangnya, pria berusia 33 tahun ini hanya bermain di kompetisi tertinggi di Inggris itu selama satu musim. Pasalnya, kontraknya bersama Leeds sudah selesai di akhir musim lalu. Kini ia berstatus free transfer.

4. Hal Robson-Kanu 

5 Mantan Pemain Premier League yang Saat Ini Berstatus Tanpa KlubHal Robson-Kanu ketika membela West Bromwich Albion. (skysports.com)

Hal Robson-Kanu merupakan penyerang andalan tim nasional Wales pada masanya. Ia tercatat pernah membela negaranya itu selama 46 kali dan sukses membukukan 5 gol. Sementara itu di level klub, Kanu menghabiskan seluruh kariernya untuk tim-tim asal Inggris.

Reading, Southend United, Swindon Town, hingga West Bromwich Albion pernah diperkuat oleh pemain berusia 32 tahun itu. Namun di musim panas ini, kontraknya bersama WBA telah berakhir. Sayangnya, ia gagal mendapatkan klub baru hingga bursa transfer ditutup. Alhasil Kanu saat ini berstatus tanpa tim.

5. Ahmed Elmohamady 

5 Mantan Pemain Premier League yang Saat Ini Berstatus Tanpa KlubAhmed Elmohamady ketika membela Aston Villa. (avfc.co.uk)

Ahmed Elmohamady bisa dibilang sebagai salah satu bintang Mesir di eranya. Pesepak bola berusia 34 tahun itu pertama kali berkarier di kompetisi Inggris dengan tampil untuk Sunderland. Setelah itu, ia sempat bermain untuk Hull City dan Aston Villa.

Elmohamady sendiri mengabdi di Aston Villa selama 4 musim dari 2017 hingga 2021. Namun setelah kontraknya berakhir, sang pemain tak mendapatkan perpanjangan kontrak baru oleh pihak manajemen Aston Villa. Kini Elmohamady tak bermain untuk klub manapun.

Faktor usia dan performa yang menurun menjadi salah satu penyebab mereka tidak memiliki klub saat ini. Jika melihat kondisi saat ini, mereka sepertinya cukup kesulitan untuk bisa kembali bermain di kompetisi Premier League.

Baca Juga: 5 Pemain Ternama Premier League yang Pernah Dilatih Ralf Rangnick

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agsa Tian

Berita Terkini Lainnya