5 Pencapaian yang Membuat Messi Favorit Juara Ballon d'Or 2021

Momen Copa America 2021 menjadi titik balik sang pemain

Lionel Messi dianggap sebagai favorit untuk memenangi Ballon d'Or 2021. Jika hal tersebut terjadi, pemain asal Argentina itu akan meraih penghargaan Ballon d’Or ketujuh, total paling banyak sepanjang masa. La Pulga sendiri terakhir kali memenangi penghargaan tersebut pada 2019.

Selain Messi, sebenarnya masih ada beberapa nama yang dijagokan tahun ini, seperti Robert Lewandowski, Jorginho, Karim Benzema, dan N'Golo Kante. Namun, Messi dinilai lebih layak memenangi penghargaan itu karena tampil baik di level klub maupun tim nasional pada 2020/2021. Berikut lima pencapaian ciamik yang membuat Messi difavoritkan meraih Ballon d’Or 2021.

1. Mampu meraih top skor dan top assist di Copa America 2021 

5 Pencapaian yang Membuat Messi Favorit Juara Ballon d'Or 2021Lionel Messi ketika meraih penghargaan top skor di Copa America 2021. (copaamerica.com)

Lionel Messi berhasil tampil sangat impresif ketika membela Argentina di turnamen Copa America 2021. Awalnya, banyak yang meragukan Messi tampil apik di ajang tersebut. Pasalnya, La Pulga belum pernah mengantarkan negaranya meraih gelar juara di level internasional.

Namun, Messi berhasil membungkam kritikan tersebut dengan penampilan yang menjanjikan. Pada akhir musim, Messi mampu keluar sebagai top skor bersama Luis Diaz dari Kolombia dengan torehan empat gol. Tidak hanya itu, mantan pemain Barcelona ini juga mampu keluar sebagai top assist dengan menciptakan 5 assist dari 7 laga.

2. Berhasil memenangi trofi Pichichi pada 2020/2021

5 Pencapaian yang Membuat Messi Favorit Juara Ballon d'Or 2021Lionel Messi (fcbarcelona.com)

Lionel Messi memulai 2020/2021 dengan performa yang cukup mengecewakan bersama Barcelona. Hal itu bisa dimengerti karena sang pemain saat itu sempat berselisih dengan para petinggi Barcelona, terutama Josep Maria Bartomeu. Walau begitu, Messi tetap berusaha bermain profesional seiring berjalannya waktu.

Alhasil, sang pemain mampu meraih penghargaan trofi Pichichi pada akhir musim setelah membukukan 30 gol dari 35 pertandingan. Tidak hanya itu, Messi juga mampu menciptakan 11 assist untuk Barcelona di kompetisi La Liga Spanyol. Catatan gol itu unggul sangat jauh dari Karim Benzema dan Gerard Moreno yang masing-masing mencetak 23 dan 24 gol.

Baca Juga: 5 Pemain yang Berpotensi Gagalkan Lionel Messi Meraih Ballon d’Or 2021

3. Pemain terbaik di turnamen Copa America 2021 

5 Pencapaian yang Membuat Messi Favorit Juara Ballon d'Or 2021Lionel Messi ketika meraih penghargaan pemain terbaik Copa America 2021. (copaamerica.com)

Turnamen Copa America 2021 bisa dibilang sebagai ajang yang sangat spesial bagi Lionel Messi di level internasional. Ia mampu mencetak 4 gol dan 5 assist dari 7 pertandingan.

Selain itu, sang pemain juga sukses menciptakan 21 kali umpan kunci sepanjang turnamen. Dengan statistik seperti itu, tidak mengherankan jika Messi berhasil meraih penghargaan pemain terbaik.

4. Meraih Man of the Match terbanyak pada 2020/2021 

5 Pencapaian yang Membuat Messi Favorit Juara Ballon d'Or 2021Lionel Messi (skysports.com)

Penghargaan Man of the Match bisa digunakan untuk melihat seberapa konsisten seorang pemain dalam satu musim. Jika Ballon d’Or dinilai dari hal tersebut, Lionel Messi jelas akan meraihnya tahun ini. Menurut WhoScored, Messi mampu memenangi 22 kali Man of the Match pada 2020/2021 di kompetisi La Liga.

Di posisi kedua, ada penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane, yang meraih 13 kali penghargaan Man of the Match di Premier League musim lalu. Sementara itu, Robert Lewandowski berada di urutan selanjutnya dengan memenangi 11 kali penghargaan Man of the Match di Bundesliga.

5. Menjuarai Copa America 2021 

5 Pencapaian yang Membuat Messi Favorit Juara Ballon d'Or 2021Lionel Messi ketika menjuarai turnamen Copa America 2021. (planetfootball.com)

Menjuarai Copa America 2021 merupakan capaian tertinggi Lionel Messi bersama negaranya. Sebelum turnamen itu dimulai, nama Messi sebenarnya tak pernah diunggulkan untuk bisa meraih penghargaan Ballon d’Or 2021.

Namun, setelah memenangi turnamen tersebut, kesempatan Messi untuk meraih Ballon d’Or terbuka cukup lebar. La Pulga tidak hanya meraih gelar juara Copa America, tetapi juga sukses keluar sebagai pemain terbaik dalam ajang tersebut.

Jika Messi meraih Ballon d’Or tahun ini, torehannya sepertinya bakal sulit dilewati Cristiano Ronaldo dan beberapa pemain lain. Bukan tidak mungkin catatan tersebut bakal bertahan selama puluhan tahun ke depan.

Baca Juga: 2 Jagoan Lionel Messi dalam Persaingan Ballon d'Or

Auliyau Rohman Photo Verified Writer Auliyau Rohman

Orang biasa yang lagi butuh tidur.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya